Webinar? Yuk Ketahui Penjelasan Lengkapnya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Webinar adalah singkatan dari web seminar, yaitu seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet. Kegiatan ini seringkali disebut sebagai strategi marketing yang efektif dan fresh. Kenapa? Karena kamu bisa membuat audiens merasa lebih dekat dengan menciptakan tipe komunikasi yang lebih personal dan interaktif.

Dan di saat yang sama, kamu juga bisa melakukannya dengan begitu banyak orang. Jadi, strategi marketing ini bisa mencakup kualitas dan kuantitas sekaligus. Keren, bukan?

Apa Saja Keuntungan Jika Melakukan Webinar?

  • Meningkatkan brand awareness
  • Mengumpulkan saran dan feedback
  • Mengumpulkan leads
  • Menghemat waktu dan biaya promosi
  • Menyajikan nilai lebih di mata calon pelanggan
  • Menunjukkan image lebih ahli dibanding kompetitor

3 Jenis Webinar untuk Memajukan Bisnis Online

webinar
  • Webinar untuk Mengumpulkan Lead (The Lead-Generation), Contohnya adalah dengan caranya membuat sebuah konten yang tersedia secara gratis. Audiens yang ingin mengaksesnya hanya perlu memberikan nama dan alamat email saja;
  • Webinar Berbayar (Kursus Singkat), Jenis ini tidak dipakai untuk mempromosikan produk. Tapi justru, webinar itulah yang jadi produk untuk dijual. Karena itulah bisa dapat menghasilkan uang yang lebih cepat karena siapapun yang ingin menontonnya harus mendaftar dan membayar sejumlah uang;
  • Serial Webinar, kamu membuat beberapa episode dari topik-topik yang saling berhubungan. 2 Hal di atas bisa dilakukan dengan metode serial;

Langkah Apa Saja yang Harus Dilakukan Dalam Membuat Webinar?

webinar
  • Tentukan topik dan tujuan, dengan menentukan hal ini maka kamu juga pasti akan tahu goal penyampaian yang akan kamu berikan pada audiensmu;
  • Buat tim untuk mempersiapkan kegiatan, tim yang dimaksud seperti koordinator acara selama berlangsung, pembicara, moderator jika perlu, dan asisten yang bisa banyak membantu seperti membuat notulen dan sebagainya;
  • Tentukan format acara, bentuk yang dimaksud seperti talkshow atau wawancara, pembicara tunggal, diskusi panel, atau interaktif;
  • Adakan rapat dengan tim dan pembicara, untuk membahas segala hal teknis sebelum, saat, dan sesudah kegiatan berlangsung;
  • Persiapkan materi pendukung, seperti slide-slide yang berisi materi inti, cv atau portofolio, dan materi pendukung lainnyua;
  • Pilih media untuk webinar, (hal ini akan dibahas di paragraf berikutnya)
  • Persiapkan semua peralatan pendukung, seperti kondisi ruangan yang tertutup dan kondusif, headphone, mic, dan koneksi internet yang stabil.
  • Lakukan gladi resik, kamu bisa membuat simulasinya dulu bersama tim agar kedepannya bisa berjalan efektif dan efisien;
  • Buat halaman pendaftaran, Setelah segala persiapan teknis dan konten sudah siap, lanjutkan membuat halaman pendaftaran untuk para audiens;
  • Promosikan webinar, lakukan semua promosi yang kamu ketahui agar mencapai target audiens;

Media Webinar

Untuk melengkapi strategi marketing di atas, ada baiknya kalau kamu juga membuat website toko online. Agar kamu bisa lebih leluasa dalam mempromosikan Webinar. Kamu juga bisa menyimpan file Webinar dan menampilkannya di website toko onlinemu. Dengan begitu, potensi pelanggan baru dan leads akan terus didapatkan.

Kamu bisa dengan mudahnya memiliki website toko onlinemu sendiri, cukup gunakan OrderOnline Storefront.

Pelajari selengkapnya di sini >>> https://orderonline.id/storefront/

Featured Image by Technology photo created by pressfoto – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram