Cara Cek Resi dan Ongkir Paket Online, Ini Dia Alur Tahapannya

Cara mudah untuk menghasilkan penjualan di platform digital

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Pembelian sebuah produk lewat marketplace atau via online tentu akan dikirim melalui jasa pengiriman. Nah, kamu bisa cek posisi paket dan ongkos kirimnya via online. Ini dia cara cek resi dan ongkir paket online.

Membeli Barang Via Online

Sekarang ini banyak sekali masyarakat yang membeli berbagai produk via online. Mereka bisa mendapatkan barang yang mereka inginkan dan butuhkan cukup dengan berbekal smartphone saja. Jadi, sudah tidak perlu keluar rumah lagi untuk berbelanja.

Ini sangat cocok, terutama bagi kamu yang suka mager di rumah. Ketika barang yang kamu beli sedang dikirim, kamu pun bisa melacak paket kamu. Fasilitas ini bisa kamu nikmati dengan gratis.

Biasanya di marketplace sudah dilengkapi dengan resi dan posisi paket yang sedang dikirim. Jadi, kamu bisa mengetahuinya. Namun, bila kamu beli produk lewat sosial media, kamu perlu mengecek sendiri resi dan ongkirnya melalui sebuah situs.

Cara Cek Resi dan Ongkir Paket Online

Ini dia beberapa cara cek resi dan ongkir paket online. Keduanya memiliki langkah-langkah yang berbeda. Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Sukses Bisnis Online di Sosial Media Mulai dari Nol

Cara Cek Resi

berikut ini ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk melakukan cek resi via online untuk paket kamu.

1. Pilih Situs untuk Cek Resi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih situs cek resi paket. Ketika kamu membuka Google, kamu akan menemukan berbagai situs untuk cek resi dan ongkir. Dari beberapa situs tersebut, kamu bisa memilih salah satunya.

Fungsi semua situs tersebut sama, yaitu untuk mengecek posisi paket kamu yang harus kamu bayarkan dalam jarak tertentu. Dengan begitu, kamu tidak bingung lagi.

2. Bukalah Situs Cek Resi

Setelah memilih situs, bukalah situs yang telah kamu pilih tadi. Kemudian pahami informasi yang ada di dalamnya. Kamu juga harus mengikuti panduan yang diarahkan untuk diikuti.

3. Pilih Kurir

Biasanya, kolom untuk “Pilih Kurir” tidak semua ada di situs. Beberapa situs menyediakan menu tersebut dan sebagian lagi tidak ada.

Bila kamu memilih situs yang ada kolom untuk “Pilih Kurir”, maka kamu hanya perlu memilih kurir yang kamu gunakan. Namun, bila tidak ada kolom tersebut maka kamu bisa langsung ke tahap berikutnya.

3. Masukkan Nomor Resi Pengiriman

Langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor resi. Nomor resi ini sangat penting dan tidak boleh salah. Fungsinya yaitu untuk mengecek posisi paket kamu yang sedang dalam perjalanan/ sedang dikirim.

Bila kamu salah memasukkan nomor resi, maka tidak ada hasil yang muncul. Jadi, berhati-hatilah ketika memasukkan nomor resinya.

4. Klik Lacak / Cek Resi

Setelah memasukkan nomor resi, kamu tinggal klik “Lacak” atau “Cek Resi”. Ketika kamu sudah menekannya, maka hasilnya pun akan muncul. Posisi paket kamu akan terpampang secara rinci di bawah kolom cek resi. 

Itulah beberapa langkah cek resi yang bisa kamu coba. Selanjutnya, adalah cara cek ongkir untuk mengetahui jumlah nominal yang harus dibayarkan untuk paket kamu.

Cara Cek Ongkir

Untuk bisa mengetahui jumlah ongkir yang harus dibayarkan, kamu bisa mengeceknya di situs online yang tersedia secara gratis. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung lagi mematok ongkir untuk mengirimkan sebuah paket.

1. Pilih Situs Cek Ongkir

Langkah awal yaitu memilih situs untuk mengecek ongkir. Ada banyak sekali situs yang menyediakan cek ongkir gratis yang tersedia di Google. kamu bisa memilih yang mana saja.

2. Masuk ke Situs yang Telah Dipilih

Setelah selesai memilih situs, klik dan masuk ke situs tersebut untuk mulai melakukan pengecekan ongkos kirim. Akan ditampilkan prosedur untuk melakukan pengecekan ongkos kirim.

3. Isilah kolom “Asal Pengiriman”

Kamu perlu mengisi kolom “Asal Pengiriman”. Isilah alamat dengan jelas supaya ongkos kirim yang tertera juga akurat.

4. Isilah kolom “Tujuan Pengiriman”

Setelah itu, isi juga kolom “Tujuan Pengiriman”. Masukkan alamat yang akan kamu tuju atau alamat yang akan menerima paket kamu. Alamat tersebut juga harus lengkap dan jelas supaya kurir yang mengirim nanti tidak bingung.

5. Isilah kolom Berat Paket

Kamu juga perlu mengisi berat paket yang akan dikirim. Ongkos kirim akan disesuaikan dengan berat paket yang akan dikirim.

6. Pilih Jenis Kurir yang Digunakan

Setiap kurir menetapkan tarif yang berbeda-beda. Jadi, penting untuk memilih kurir yang akan kamu gunakan untuk mengirim paket. Dengan begitu, tarif yang tertera akan disesuaikan dengan kebijakan dari pihak kurir.

Itulah beberapa langkah cara cek resi dan ongkir paket online yang bisa kamu ikuti. Alurnya cukup mudah dan tidak membingungkan. Jadi, kamu tidak akan kesulitan untuk mencobanya.

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram