Meningkatkan Brand Awareness? Berikut 5 Caranya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Setelah di postingan sebelumnya kita membahas tentang betapa pentingnya brand awareness, kali ini kita akan membahas beberapa cara mengenai meningkatkan brand awarenss.

Langsung saja, berikut 5 cara meningkatkan brand awareness yang telah kami rangkum untuk Anda >>>

1. Gunakan Model Promosi Freemium

meningkatkan brand

Freemium (free dan premium) adalah promosi yang memberikan kesempatan bagi pengguna atau user untuk menjajal layanan yang Anda sediakan secara gratis. Namun, jika pengguna merasa perlu upgrade atau ingin menggunakan fitur tambahan, mereka harus membayar lebih.

Model promosi ini biasanya sering dipakai oleh perusahaan software, lihat saja Spotify. Spotify menyediakan banyak lagu gratis untuk pengguanya, namun pengguna baru bisa memilih lagu ketika mereka sudah menjadi pengguna premium. Jika tidak, mereka hanya akan mendengarkan lagu secara random.

2. Bertukar Market Dengan Model Partnering

Salah satu brand besar yang sering menggunakan metode ini adalah Uniqlo. Setiap musimnya, Uniqlo selalu merilis desain t-shirt baru yang terinspirasi dari serial anime, kartun, seniman, atau desainer kenamaan. Misalnya baru-baru ini Uniqlo bekerjasama dengan anime yang lagi naik daun seperti One Piece dan Jujutsu Kaisen merilis tshirt yang keren.

Tshirt yang seperti ini biasanya banyak dikoleksi oleh para market yang mengincarnya.

3. Referral Programs

meningkatkan brand

Salah satu brand besar yang berhasil dengan metode ini adalah Dropbox. Dropbox menggunakan metode referral dengan menawarkan tambahan memori 500 MB untuk setiap pengguna baru yang berhasil diajak.

Insentif ini berlaku hingga referral ke-32 atau jika diakumulasi sampai dengan 16 GB. Dan hebatnya, dengan menggunakan metode ini, Dropbox berhasil mencapai satu juta pengguna hanya dalam kurung waktu 10 bulan saja.

4. Free content

Salah satu cara untuk membuat target market Anda selalu membicarakan brand Anda adalah dengan menyediakan mereka konten gratis yang dapat mengedukasi mereka atau sekedar menghibur mereka.

Ada begitu banyak bentuk konten yang bisa dieksplor dan dibagikan ke target market. Misalnya saja ebook, podcast, video, dan lain sebagainya.

Misalnya saja Anda membagikan tips jualan online yang deep di suatu ebook dan membagikannya secara gratis kepada target market Anda. Selain sangat membantu, tentu ini akan meningkatkan brand awareness.

5. Influencer Marketing

Bekerja samalah dengan para influencer untuk mempromosikan produk Anda. Dengan jangkauan luas influencers, brand awareness dari sebuah bisnis bisa meningkat dengan seketika.

Yang perlu dipastikan sebelum menjalankan metode ini adalah dengan membuat konten yang cukup banyak, branding internal diperkuat seperti media sosial, logo, dan penyampaian nilai brand yang konsisten. Kenapa hal ini harus dilakukan?

Agar influencer bisa berjalan lebih efektif dan jumlah reach dan engagement yang tinggi tidak akan sia-sia. Lebih spesifik lagi, Anda akan lebih mudah untuk mengubah target market potensial menjadi konsumen.

Featured image by Label photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram