,

Relationship Manager: Tugasnya apa saja?

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

July 13, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Halo sahabat OrderOnline! Semoga kamu dan keluarga sehat-sehat saja ya di rumah! Untuk artikel kali ini, OrderOnline ingin membahas tentang kiranya apa saja tugas dari Relationship Manager. Karena sahabat OrderOnline seringkali menanyakan tentang hal ini, langsung OrderOnline bahas saja ya di artikel kali ini.

Dari namanya, Relationship Manager tentu memiliki tugas yaitu mengatur dan mengelola hubungan dengan konsumen. Nah, dari tugas mengatur dan mengelola itu dibagi menjadi tiga bagian atau tugas yang saling berkaitan. Penerapan tugas ini tentu berbeda di tiap-tiap konsumen karena tentu juga menyesuaikan karakter dari konsumen tersebut.

Kira-kira tiga tugasnya itu apa saja ya? Yuk, langsung OrderOnline mulai bahas ya!

Baca juga : Entrepreneur dan Berbagai Jenisnya

1. Mengenal Konsumen

Salah satu tugas dari Relationship Manager adalah menjalin hubungan dengan berbagai macam individu yang berbeda. Bukan secara langsung dengan pasar, segmen, ataupun populasi. Karenanya, hal yang harus dilakukan pertama kali oleh seorang Relationship Manager adalah mengidentifikasi pelanggan secara individu dalam hubungannya. Seringkali, perusahaan bahkan yang besar sekalipun tidak mengetahui identitas pelanggan mereka sama sekali. Padahal, hal ini terbilang sangatlah penting. Tugas pengidentifikasian inilah yang juga penting untuk melihat berbagai sudut pandang konsumen terhadap bisnis kamu secara langsung.

Hal ini juga sangat membantu perusahaan dalam membangun mekanisme tertentu untuk menandai pelanggan ataupun konsumen secara perorangan, bukan hanya dengan kode produk yang mereka konsumsi. Relationship Manager dalam hubungannya dengan pelanggan juga dapat memberikan pemahaman lebih kepada pelanggan tentang mereka berbisnis dengan perusahaan seperti apa, ataupun dengan pihak siapa sehingga nantinya akan menghasilkan hubungan yang saling menguntungkan.

Dengan bantuan Relationship Manager, perusahaan akan mengetahui kiranya kapan konsumen akan kembali, berkunjung sendiri, ataupun didatangkan via telepon. Perusahaan juga dapat mengetahui tentang detail setiap pelanggan semisal perilaku, preferensi, dan karakteristik mereka masing-masing.

2. Membedakan Konsumen

Dengan bantuan Relationship Manager dalam membedakan tiap-tiap konsumen, hal ini tentunya juga akan memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk;

  • Fokus pada jenis sumber daya tertentu yang akan membawa value lebih kepada konsumen.
  • Merancang serta menerapkan beberapa strategi khusus untuk konsumen tertentu yang kemudian dapat di formulasi untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan tiap-tiap konsumen.

Konsumen seringkali merepresentasikan nilai tingkatan yang berbeda dari perusahaan. Pengelompokan konsumen ke dalam kategori berbeda yang didasari variabel tertentu adalah sebuah langkah yang penting untuk memahami dan melayani tiap konsumen yang berbeda.

Dalam membedakan konsumen ini, Relationship Manager bertugas untuk mengkategorikan konsumen berdasarkan nilai dan apa yang konsumen tersebut butuhkan. Layaknya call center, kebutuhan dari tiap-tiap konsumen yang berbeda dilayani pula oleh tim ataupun karyawan yang berbeda. Hal ini tentu akan membantu dalam meningkatkan efisiensi dari after-sales service karena masalah yang dihadapi langsung diarahkan ke pintu yang tepat di dalam perusahaan.

3. Berinteraksi dengan Konsumen

Selain bertugas dalam mengenal dan mengelompokkan konsumen, Relationship Manager juga harus berkontribusi dalam meningkatkan efektivitas interaksi dengan setiap konsumen. Setiap interaksi juga akan membantu membangun image yang baik di dalam benak pelanggan. Interaksi yang efektif juga akan membantu pelanggan dalam memahami lebih dalam hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan.

Mungkin penjelasan di atas dari OrderOnline sudah cukup untuk menggambarkan kiranya tugas apa saja yang diemban oleh Relationship Manager. Untuk meningkatkan aspek kenyamanan konsumen ataupun pelanggan kamu, kamu juga bisa coba untuk mampir ke halaman OrderOnline dengan klik di sini. Karena OrderOnline tidak hanya dapat mempermudah proses bisnis kamu, tapi pelanggan kamu juga akan terbantu dengan tampilan toko online kamu yang nyaman di mata dengan bantuan OrderOnline.

Mungkin sekian dulu dari OrderOnline pada artikel kali ini. See you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

July 13, 2023

Diperbarui