Apa Itu Mass Marketing ? Kenali Ciri dan Manfaatnya

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Mass marketing merupakan strategi pemasaran massal pada semua jenis pelanggan tanpa memandang apapun dan hanya terfokus pada hasil penjualan yang tinggi.

Produk yang ditawarkan pun merupakan produk produk yang sangat penting digunakan oleh semua orang atau dibutuhkan semua orang. Sehingga akan menimbulkan penjualan yang tinggi. 

Dengan cara membangun brand awareness, penerapan strategi ini juga akan mengubah pola pikiran pelanggan yang membawa mereka untuk menggunakan maupun membeli produk yang ditawarkan. 

Memproduksi dengan bahan bahan yang berkualitas rendah maka akan memberikan peluang kepada pelanggan untuk membelinya lagi di masa depan. Jadi, menggunakan strategi ini sangat tidak cocok jika pelaku bisnis menyasar ceruk tertentu dari pelanggan.

Baca juga: 6 Cara Memperbaiki Strategi Pemasaran yang Gagal

Ciri Khas Mass Marketing

Target

Ada beberapa aspek yang mempengaruhi strategi marketing ini. mulai dari harga, kualitas, desain, sampai pada produk itu sendiri. Aspek tersebut yang membuat karakteristik pada produk yang dijual muncul dengan sendirinya. Inilah beberapa penjelasannya,

 1. Cara pengembangan produk 

Strategi yang digunakan dalam tipe marketing ini bertujuan untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Berbagai perusahaan mungkin memiliki produk khusus yang sekiranya memberikan impact pelanggan yang banyak. 

2. Desain yang digunakan

Desain  yang diaplikasikan dan dipasarkan secara masal, sifatnya yang mudah diakses juga akan mempermudah para konsumennya dan memperluas pangsa pasar. Fitur yang disajikan dalam desain produk yang dijual belikan secara bersamaan

3. Harga

Karakteristik selanjutnya adalah produk yang ditawarkan dari segi harganya jauh lebih terjangkau untuk pelanggan luas dan dari semua kalangan. 

Namun tidak menutup kemungkinan potensi diskriminasi harga akan terjadi seperti tiket pesawat maupun BBM yang mengalami kenaikan yang drastis sehingga akan mempengaruhi harga barang yang dijual nanti. 

4.  Brand 

Mass marketing digunakan untuk melakukan pemasaran merek maupun brand yang sudah memiliki kualitas dan kepercayaan di masyarakat. Dengan menggunakan brand ini maka pemasaran dilakukan untuk mempertahankan dan membangun brand awareness serta brand identity. 

Baca juga: Iklan Komersial Adalah Strategi Marketing, Ini Penjelasannya

Sehingga penjual akan terbantu karena brand tersebut sudah lebih dulu dikenal oleh pelanggannya. Misalnya meningkatkan pemasaran dengan cara membuat iklan yang melibatkan emosi yang disajikan dengan menunjukkan sisi positif dari brand tersebut. 

Beberapa karakteristik tersebut yang menjadi sebuah ciri khas yang menarik dari tipe marketing ini sehingga banyak orang yang tertarik untuk menggunakan sistem tersebut. Terlebih memunculkan kepercayaan kepada masyarakat bisa dibilang susah susah gampang.

Baca juga: 7 Strategi Marketing Anti Gagal? Simak!

Manfaat Mass Marketing

Meski ciri dari marketing ini adalah menyetarakan seluruh pelanggan. Namun, sistem ini juga memiliki manfaat yang unggul daripada sistem lainnya, yaitu

 1. Banyak pelanggan potensial

Strategi marketing ini menargetkan pelanggan yang lebih besar. Cara ini bisa berjalan dikarenakan para pelakunya lebih memperhatikan pelanggan pelanggan yang potensial walaupun semua pangsa pasar ditawarkan. 

Maka dengan begitu akan terseleksi dengan sendirinya, mana pelanggan yang sesuai dan berkenan membeli produk dan mana pelanggan yang tidak membelinya dikarenakan harga yang tidak sesuai. 

Maka dengan begitu penjual akan mengabaikan mereka yang berbeda dan akan lebih memperhatikan  kebutuhan pelanggan yang potensial. 

2. Tingkat penjualan tinggi

Demikian, karena perusahaan maupun penjual memperlakukan konsumennya dengan cara yang sama. Maka populasi dari pelanggan yang potensial juga akan meningkat. 

Dengan begitu maka penjualan yang terjadi juga semakin meningkat tinggi karena penjual maupun konsumen bisa menikmati volume jual beli yang tinggi. 

3. Hemat biaya pemasaran

Persamaan service dan pendekatan dengan ukuran yang sama akan jauh lebih menghemat biaya. Misalnya sebuah perusahaan melakukan promosi lewat media online untuk membujuk para konsumen. Maka hal tersebut akan sama rata dan fokus pada media online saja. 

Jadi itu adalah penjelasan mengenai pengertian, ciri, dan manfaat dari mass marketing, bagaimana, mudah dipahami bukan? Semoga bermanfaat!

Baca juga: Contoh Strategi Pemasaran Yang Wajib Dicoba!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram