,

Jualan Online: Ide Sumber Produk Menarik

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

July 6, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Seiring berkembangnya teknologi, segala urusan terasa lebih mudah. Mencari pekerjaan, bersosialisasi, dan bahkan memesan makanan pun dapat kita lakukan dengan bantuan teknologi dalam bentuk aplikasi. Salah satu hal yang terasa lebih mudah pun tentunya adalah berniaga secara online. Zaman sekarang kita bisa jualan online ataupun belanja online baik itu dalam bentuk barang maupun jasa yang kita butuhkan. Jualan online pun sudah menjadi hal yang lumrah dan semakin banyak orang yang memulainya sampai detik ini.

Ketika memulai berjualan online, tentunya kamu akan memikirkan kiranya produk seperti apa yang memiliki potensi sales yang besar untuk dijual. Kalaupun sudah kamu dapatkan jenis produk seperti apa yang ingin kamu jual, seringkali kamu akan bingung untuk mendapatkan supply produk tersebut.

Tenang! Dalam artikel kali ini, OrderOnline akan membahas 4 sumber supply barang untuk nantinya bisa kamu jual di toko online kamu. Stay tune ya!

 

  1. Produksi Pribadi

Sumber produk pertama yang mungkin terbersit di benak kamu pastinya dengan memproduksi produk kamu sendiri. Dengan memproduksi sendiri, kamu bisa mengendalikan segala aspek produk kamu yang diantaranya adalah :

  • Kamu bebas menentukan produk jualan online kamu sesuai niche alias segmen pasar yang sudah kamu pilih
  • Kamu dapat menentukan kualitas produk jualan online kamu sesuai budget kamu
  • Untuk pricing alias penentuan harga, kamu juga dapat menentukan harganya sesuai keinginan kamu
  • Karena kamu sendiri yang memproduksi produk tersebut, kekurangan dan kelebihannya pun bisa kamu pahami lebih baik

Namun, sebelum kamu yakin untuk memulai produksi barang jualan online kamu sendiri, kamu harus memiliki dana yang cukup karena tentunya memproduksi barang sendiri akan mengeluarkan uang yang tak terbilang sedikit.

 

  1. Dropshipping

Opsi kedua dalam memilih sumber produk kamu adalah dropship dari beberapa marketplace kenamaan seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lainnya. Dengan memilih opsi sumber produk jualan online ini, keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah :

  • Kamu bebas memilih produk jualan online apapun dari berbagai marketplace tanpa keluar biaya sepeserpun
  • Kamu tidak perlu pusing mengemas dan mengirim produk jualan online kamu karena dengan dropship, semuanya diurus oleh supplier produk kamu

Setelah mempertimbangkan semuanya, karena baik dari pengemasan dan pengiriman diurus oleh pihak lain, tentunya kamu tidak bisa mengambil keuntungan yang terlalu besar per tiap orderan kecuali kalau kamu bisa menambah value lebih dari produk jualan online kamu ini. Kamu juga tentunya tidak memiliki hak penuh atas stok produk yang tersedia.

 

  1. Menjadi Reseller

Pilihan ketiga yang bisa kamu ambil adalah dengan menjadi reseller. Beberapa kekurangan dari menjadi reseller dalam berjualan online beberapanya adalah :

  • Kamu membutuhkan dana yang cukup besar di awal untuk membeli produk yang akan kamu jual
  • Kamu harus menangani pengemasan serta pengiriman produk jualan online kamu
  • Karena kamu berperan sebagai reseller, kamu juga tentunya tidak punya kendali atas kualitas produk

Walaupun dibarengi dengan beberapa kekurangan, kelebihan dari reselling sendiri tentunya kamu punya kendali penuh terhadap stok barang kamu. Sebagai hasilnya, kamu pun bisa langsung jualan online tanpa perlu menunggu waktu produksi yang lama.

 

  1. Bergabung Sebagai Affiliate

Opsi terakhir dalam memperoleh produk untuk jualan online kamu adalah affiliate. Sebagai affiliate, kamu hanya perlu membawa traffic alias massa sebanyak mungkin ke halaman referral yang nantinya akan terhubung ke halaman penjualan milik supplier kamu.

Dengan peran kamu sebagai affiliate yang perannya hanya membawa traffic, kamu juga tidak perlu pusing memikirkan produk untuk jualan online kamu. Kamu juga tidak perlu memikirkan masalah komplain pelanggan dari barang yang dijual oleh supplier kamu.

Keuntungan dari menjadi affiliate ini sendiri bisa kamu dapatkan jika referral kamu membawa hasil closing transaksi dalam bentuk komisi.

 

 

 

Artikel ini OrderOnline buat untuk kamu yang sedang ataupun baru ingin mulai berjualan online. Setiap sumber produk yang sudah dijelaskan diatas tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Singkatnya, kamu bisa memilih satu ataupun beberapa sumber produk yang sudah OrderOnline jelaskan dan bisa langsung mulai untuk berjualan online.

Untuk lebih merpermudah jualan online kamu juga, OrderOnline bisa bantu kamu kenalan dengan Ostock. Dengan bantuan Ostock ini, kamu jadi bisa menemukan supply barang langsung dari supplier dengan harga yang juga terbilang murah. Daripada kamu repot cari kesana kemari mending langsung ke Ostock aja dengan klik di sini ya!

Pengingat terakhir dari OrderOnline juga, hal yang paling penting dalam berjualan online tentunya adalah kamu harus bisa commit dan melakukannya dengan konsisten. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya!

Untuk lebih mempermudah jualan online kamu, kamu juga bisa klik di sini ya! OrderOnline siap untuk membantu kamu. See you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

July 6, 2023

Diperbarui