,

Brand: Apa Itu Brand, Branding, dan Brand Awareness?

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

September 1, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Kata Brand memiliki banyak turunan seperti Branding dan Brand Awareness. Walaupun berakar dari satu kata, 3 (tiga) kata ini memiliki artian yang sangat berbeda antara satu dan lainnya loh. Sebagai seorang pebisnis, kamu juga wajib banget mengetahui perbedaannya.

Daripada kamu bingung kira-kira perbedaannya apa, yuk langsung simak saja penjelasan dari OrderOnline pada artikel kali ini tentang perbedaan dari Brand, Branding, serta Brand Awareness.

Brand

OrderOnline Pengertian Brand

Kata Brand dalam terjemahannya memiliki arti yaitu “merek”. Namun, dalam bisnis kata ini bisa juga diartikan sebagai identitas pembeda yang melekat pada entitas usaha kamu. Hal yang tercakup di dalamnya ada pada produk, jasa, tempat, dan banyak aspek lainnya.

Kamu juga tidak boleh meremehkan artian Brand ini karena hal ini adalah satu dari banyak aset terpenting yang dimiliki sebuah personal ataupun perusahaan kamu.

Brand itu menciptakan nilai serta diferensiasi yang akan membuat kamu berbeda ataupun menonjol dari jenis usaha lainnya yang mungkin setipe dengan usaha kamu. Hal ini tentu akan sangat membantu kamu untuk bersaing dalam perjalanan bisnis kamu ke depannya.

Sebuah Brand juga tidak boleh diputuskan dengan sembarangan karena tentu juga harus memiliki hubungan yang mendalam. Brand harus memiliki hal-hal seperti nilai, daya tarik, dan otentisitas atau keaslian. Hal-hal inilah yang akan menanamkan kesan mendalam kepada semua calon customer kamu bahkan bisa sampai ke masyarakat luas pada umumnya.

Branding

OrderOnline Pengertian Branding

Branding sendiri adalah sebuah kegiatan komunikasi untuk menanamkan, memperkuat, serta mempertahankan sebuah brand dalam rangka memberikan perspektif kepada orang lain yang melihatnya. Menurut Landa (2006), Branding bukanlah sekadar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa, atau perusahaan.

Namun, Branding adalah semua yang berkaitan dengan hal-hal kasat mata dari sebuah merek mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di benak konsumen.

Branding jika kamu lakukan secara tepat akan menciptakan:

– Merek terkenal dengan mudah

– Memberikan bisnis kamu posisi yang kuat dalam industri

– Kepercayaan terhadap merek kamu akan meningkat

– Mendukung pemasaran merek kamu sendiri

Baca juga: OrderOnline Itu Apa sih? Kenalan yuk!

Brand Awareness

Brand Awareness sendiri adalah daya ingat (kesadaran) konsumen ataupun calon konsumen terhadap produk kamu. Hal ini akan dikatakan berhasil jika brand atau produk kamulah yang muncul pertama kali di benak konsumen ketika mereka sedang memikirkan industri atau kategori produk maupun jasa tertentu.

Semisal kamu ingin membeli sebuah laptop, kemudian Apple adalah kata ataupun gambar yang pertama kali muncul dalam benak kamu, maka Apple telah berhasil menanamkan brand mereka dalam benak kamu.

Terus, cara membangun Brand Awareness nya gimana dong? Tenang, berikut OrderOnline akan jelaskan beberapa caranya juga.

Cara Membangun Brand Awareness:
  • Social Media. Kamu bisa coba untuk menggunakan media sosial untuk melihat aksi serta reaksi dari para konsumen terhadap bisnis kamu. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk memformulasikan strategi promosi kamu ke depannya.
  • Content Marketing. Atribut ini dapat kamu gunakan untuk membantu perusahaan kamu menyampaikan citra serta value dari bisnis kamu.
  • Video Marketing. Atribut yang satu ini juga menjadi salah satu cara jitu bagi kamu untuk menjangkau cakupan konsumen dengan lebih luas. Kamu bisa membuat video bertipe penjelasan singkat yang berdurasi satu sampai dua menit tentang informasi mengenai bisnis ataupun perusahaan kamu.
  • Influencer Marketing. Kamu juga dapat mempromosikan produk kamu melalui para influencer di media sosial seperti Instagram, YouTube, dan media sosial lainnya.
  • Event Marketing. Kamu juga bisa coba untuk membuat event menarik seperti launching produk eksklusif, atau promosi dan seminar secara langsung.
  • Sponsorship. Selain membuat acara sendiri, kamu juga bisa menghemat dana dengan ikut mensponsori event lain di luar sana. Dengan sponsorship, kamu tetap akan bisa meningkatkan awareness atas produk kamu di masyarakat. Namun, pastikan juga bahwa event yang kamu pilih sudah sesuai dengan target audience kamu ya.
  • Merchandise. Sebagai salah satu tanda terima kasih kepada konsumen kamu, kamu juga bisa memberikan merchandise yang sudah tersisip dengan nama perusahaan kamu. Merchandise ini bisa berupa pulpen, mug, gantungan kunci, dan lain sebagainya.

Setelah OrderOnline jelaskan tentang pengertian dari Brand serta turunannya, OrderOnline harap hal ini akan membantu kamu dalam mengembangkan bisnis kamu ke depannya. Kamu juga harus ingat lagi baik-baik, bahwa Brand ini juga sangat penting bagi perusahaan kamu.

Mungkin sekian dulu dari OrderOnline untuk artikel kali ini. Jangan lupa juga untuk berkunjung ke OrderOnline dengan klik di sini ya. See you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

September 1, 2023

Diperbarui