Pengertian Testimoni, Manfaat, Dan Jenis-Jenisnya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Secara sederhana pengertian testimoni adalah sebuah komentar positif terhadap suatu produk atau brand setelah menggunakan produk dari brand tersebut. Testimoni biasanya berisi pengungkapan perasaan ketika menggunakan produk sebuah bisnis. 

Tak heran kenapa testimoni menggambarkan kepuasan terhadap sebuah bisnis.

Sudah ada gambaran mengenai pengertian testimoni kan? Sekarang kita ketahui manfaat dari testimoni;

  • Media pemasaran gratis dan efektif 
  • Sarana meningkatkan rasa kepercayaan dari calon konsumen 
  • Sarana membuat brand lebih kredibel 
  • Bentuk apresiasi kepada konsumen 
  • Social proof atas kualitas suatu produk atau layanan

Nah, setelah mengetahui pengertian testimoni dan manfaatnya, waktunya untuk mengetahui jenis-jenisnya.

Berikut kami uraikan beberapa jenis testimoni yang harus Anda ketahui >>>

1. Quote Testimonial

pengertian testimoni

Pasti pernah dengar eksperi “Ih, bagus banget ya!” atau “Wah keren banget sih!”. Meski singkat, ucapan tersebut mampu menjelaskan bagaimana produk atau sebuah bisnis di mata konsumen. 

Ucapan tersebutlah yang digunakan sebagai quote testimonial.

Untuk membuat quote testimonial, hanya perlu menuliskan testimoni dengan apa adanya, tanpa mengubah kalimatnya.

Berikut beberapa tips  membuat quote testimonial yang baik:

  • Gunakan kutipan langsung
  • Beri keterangan pemberi testimoni
  • Pajang logo perusahaan atau foto pemberi testimoni
  • Pilih kutipan yang relevan dengan kebutuhan konsumen
  • Tempatkan di halaman strategis di website bisnis

2. Success Story Testimonial

Success story testimoni berbentuk cerita lengkap yang memperlihatkan kesuksesan konsumen setelah menggunakan produk sebuah bisnis.

Berikut penjelasan detail dari konsumen yang bisa digunakan sebagai succes story testimonial:

  • Menjelaskan bagaimana produk atau layanan bekerja dengan baik atau maksimal
  • Bagaimana kesan konsumen secara menyeluruh, baik before dan after menggunakan produk atau layanan
  • Bagaimana peran produk atau layanan dalam sebuah keberhasilan konsumen

Selain pendekatan before-after, Anda juga bisa menggunakan pendekatan problem-solution.

3. Interview Testimonial 

pengertian testimoni

Merupakan hasil wawancara dengan konsumen loyal atau yang puas dengan sebuah produk atau brand. Dengan interview testimonial, maka informasi tentang sebuah keunggulan produk jadi lebih natural karena pesan yang disampaikan menggunakan sudut pandang konsumen.

Beberapa tips agar interview testimonial lebih berkesan natural;

  • Pastikan narasumber merupakan klien potensial
  • Tetapkan satu hingga tiga topik pembahasan
  • Gunakan metode soft selling
  • Usahakan interview dilakukan dalam tatap muka atau video call

Sebenarnya ada 10 (sepuluh) jenis testimoni yang wajib diketahui. Namun, pada postingan ini kita hanya menguraikan 3 (tiga) jenis testimoni. Untuk 7 jenis testimoni lainnya, penjelasannya akan kami uraikan pada postingan berikutnya. Terima kasih.

Featured image by Social media photo created by master1305 – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram