Mitos Tentang Memulai Bisnis Online

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Tidak bisa dipungkiri bahwa sampai saat ini sudah terlalu banyak mitos yang bertebaran tentang memulai bisnis online. Mitos ini bagi sebagian orang dapat menjadi motivasi, dan bagi sebagian orang juga dapat menjadi sebuah kekecewaan.

Apa saja mitos tentang memulai bisnis online yang dimaksud? Berikut penjelasan lengkapnya >>>

1. Tidak Butuh Modal Uang

mitos

Sebagian orang beranggapan bahwa memulai bisnis online tidak membutuhkan uang untuk memulainya. Namun kita akan sedikit berbicara realitas, mungkin akan sedikit sulit berkembang jika tidak punya modal uang yang cukup.

Namun realita yang paling menyakitkan adalah bukan berarti jika kamu punya uang, kamu akan sukses berbisnis online. Jadi, untuk memulai bisnis, selain butuh modal uang yang cukup di awal, kamu juga harus punya mindset yang mumpuni di awal memulai bisnis online.

2. Tidak Butuh Banyak Waktu

Bisnis tuh cuma sampingan saya kalau ada waktu luang, soalnya saya masih ada kegiatan lain. Kalimat ini kadang keluar dari sebagian orang yang ingin bisnisnya berkembang tapi hanya meluangkan sisa waktunya pada bisnis.

Jika benar-benar ingin fokus dan mengembangkan bisnis, siap-siaplah untuk meluangkan waktu utama kamu hanya pada bisnis.

Jika belum sukses, dan baru mau memulai, kalimat awal di atas buang jauh-jauh dulu.

3. Tidak Butuh Rencana Bisnis

mitos

Banyak orang yang gagal di bisnis online karena mereka tidak punya business plan untuk memulai. Business plan merupakan sesuatu yang harus diperhitungkan, tidak perlu menulisnya secara rumit, cukup mengetahui poin-poin pentingnya terlebih dahulu seperti :

  • Proses, prosedur, dan jangka waktu yang perlu dilakukan
  • Berapa target omset yang diinginkan.
  • Berapa biaya pengeluaran yang dibutuhkan
  • Cara pemasaran produk
  • List kelebihan dan kekurangan kompetitor
  • Strategi customer support, quality control dan kepuasan pelanggan

4. Tidak Butuh Strategi Marketing

Jika kamu hanya menjual saja dan terus menjual tanpa tahu strategi marketing sedikitpun, mungkin akan menjadi kendala kedepannya. Apalagi untuk bisnis online, mengetahui strategi marketing adalah mindset yang harus ditanamkan.

Apa dasar yang harus dipelajari? Kamu bisa belajar copywriting, social media marketing, branding, paid advertisement, SEO, e-mail marketing, influencer marketing dan lainnya agar bisnis bisa berkembang dengan baik.

5. Memulai Bisnis Online Sendirian Itu Sangat Sulit

Sekarang sudah banyak tools yang bisa membantu kamu untuk menjalankan bisnis online yang ingin kamu kembangkan. Yah, sekarang kita sudah sangat beruntung karena sudah banyak tools yang bisa menopang kerja jadi jika memulai sendiri dulu, maka tidak akan terlalu sulit.

Salah satunya OrderOnline.id, mulai dari proses awal sampai akhir, end to end bisnis bisa sangat membantu. Mulai dari menampilkan produk, menerima pesanan, mengelola produk, sampai dengan mengirim pesanan. Semua proses bisnis ada pada satu aplikasi, keren bukan?

Tunggu apalagi? Jalankan bisnismu sekarang juga!

Featured image by People photo created by wayhomestudio – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram