Google dan Pesaingnya Yang Bisa Kamu Coba

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Siapa yang tidak mengenal Google? Mulai dari pelosok desa sampai dengan kota yang dipenuhi ribuan manusia. Dari anak kecil yang masih minta uang jajan dari orangtua sampai dengan orang dewasa yang sudah bisa menghidupi dirinya sendiri.

Google id adalah mesin pencari yang sangat terkenal dan begitu pesat membuat ketergantungan bagi banyak orang. Di era perkembangan teknologi ini, orang-orang yang ingin mencari atau mengetahui sesuatu, besar kemungkinan akan mencarinya di Google. Meskipun informasi yang disediakan tidak terlalu mendalam, namun setidaknya, orang-orang akan diberi gambaran terhadap apa yang dicarinya melalui Google.

Namun, kita semua tahu bahwa tidak ada satu hal pun yang abadi di dunia ini, termasuk mesin pencari itu sendiri, seperti Google. Mungkin kamu juga sudah mengetahui beberapa layanan Google yang akhirnya dihapus karena kurang peminat.

Jika suatu saat kamu berniat meninggalkan Google, maka 3 (tiga) mesin pencari ini akan menjadi calon pengganti yang mungkin cocok untukmu.

Berikut kami rangkum 3 (tiga) mesin pencari yang bisa kamu andalkan selain Google;

1. DuckDuckGo

google

DuckDuckGo didirikan oleh Gabriel Weinberg pada tahun 2008. Merupakan salah satu mesin pencari paling aman dan sederhana yang bisa kamu gunakan.

DuckDuckGo memiliki tagline, “Privacy, Simplified,” menjamin semua privasi data yang kamu berikan.

Beberapa slogan dari DuckDuckGo;

Kami tidak akan pernah menyimpan informasi pribadi anda. Sampai kapanpun. Kebijakan privasi kami sederhana: Kami tidak mengumpulkan atau menyebarkan informasi personal anda.

Kami tidak akan mengikuti anda dengan Iklan. Kami tidak menyimpan riwayat browsing anda. Jadi kami tidak bisa menjual apapun kepada pemasang iklan yang mengikuti jejak anda lewat internet.

Kami tidak mengikuti jejak anda didalam maupun diluar mode browsing. Mesin pencari lain melacak pencarian anda bahkan saat dalam mode penyamaran. Intinya, kami tidak melacak anda.

Beralih ke DuckDuckGo dan ambil kembali privasi anda! Tanpa pelacakan, tanpa penargetan iklan, cukup pencarian.

2. Yandex

google

Didirikan oleh Arkady Volozh, Arkady Borkovsky, dan Ilya Segalovich pada tahun 1997. Yandex adalah sebuah perusahaan multinasional Rusia yang mengkhususkan dirinya dalam produk dan layanan yang berhubungan dengan Internet, termasuk transportasi, pencarian dan layanan informasi, eCommerce, navigasi, aplikasi mobile, dan iklan online.

Yandex menyediakan lebih dari 70 layanan secara total. Didirikan di Belanda, terutama melayani pelanggan di Rusia dan Persemakmuran Negara- Negara Merdeka.

Pendiri perusahaan dan sebagian besar anggota tim berlokasi di Rusia. Perusahaan ini memiliki 18 kantor komersial di seluruh dunia. Ini adalah perusahaan teknologi terbesar di Rusia dan mesin pencari terbesar di internet di Rusia, dengan pangsa pasar lebih dari 52%.

3. Swisscows

google

Swisscows adalah mesin pencari web yang diluncurkan oleh Andreas Wiebe pada tahun 2014. Mesin pencari ini didasarkan pada pengenalan data semantik yang memberikan “jawaban” lebih cepat untuk pertanyaan. 

Selain itu, Swisscows tidak menyimpan data pengguna. Swisscows juga menganggap dirinya “ramah keluarga”, dengan hasil eksplisit sepenuhnya dihilangkan. Server situs web ini berbasis di pusat data bawah tanah di bawah Pegunungan Alpen Swiss.

Sudah punya referensi, kan? Terkait beberapa mesin pencari selain Google. Semoga bermanfaat.

Featured Images by Coffee photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram