Manfaat Hashtag Untuk Sebuah Bisnis

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Apakah memang benar ada manfaat hashtag bagi sebuah bisnis? Tentu ada jika kita memaksimalkan hashtag bisnis kita di sosial media. Jadi, hal ini sudah bukan lagi asumsi namun memang fakta yang manfaatnya sudah dirasakan oleh sebagian pebisnis online.

Lalu, apa saja manfaat hashtag di media yang akan kita dapatkan? Berikut uraiannya>>>

1. Memudahkan Konten Anda Ditemukan Oleh Target Audiens

Hashtag biasanya akan mengelompokkan konten-konten di media sosial berdasar topik tertentu. Pengelompokkan inilah yang kemudian akan memudahkan konten Anda mudah ditemukan oleh target audiens. Inilah manfaat hashtag yang pertama.

Sebagai contoh, OrderOnline.id membuat webinar untuk para calon penjual online yang ingin mendalami bisnis online. Oleh karena itu, dibuatlah konten marketing di Instagram berupa poster webinar dengan hashtag #calonpenjualonline #penjualonline #webinarbisnisonline #penjualonlinelife dan banyak hashtag lainnya

Anggaplah seorang calon penjual online yang ingin belajar bagaimana memulai bisnis online sedang melakukan riset terkait apa yang ingin dipelajarinya. Lalu, dia mencari hashtag #webinarbisnisonline di Instagram. Akhirnya dia menemukan konten OrderOnline.id. Begitulah proses terhubungnya OrderOnline.id dengan market audiensnya.

Misalnya ada hashtag yang lagi trending atau lagi viral atau lagi hangat-hangatnya sedang dibicarakan. Anggap saja misalnya hashtagnya adalah #seninproduktif

Nah, Anda bisa memposting konten dan menggunakan hashtah #seninproduktif tersebut. Apa tujuannya? Agar lebih banyak audiens non-followers yang melihat konten tentang produk, jasa, maupun brand Anda. Dengan begitu, tergapailah manfaat hashtag yang kedua yaitu brand awareness akan meningkat. 

3. Meningkatkan Engagement Konten Anda

manfaat hashtag

Bayangkan saja jika Anda menggunakan hashtag dengan berbagai topik. Maka audiens yang bukan followers Anda pun mungkin akan tertarik berinteraksi di dalamnya dan mereka banyak melakukan interaksi seperti like, comment, atau share. 

Hal tersebut tentu dengan sendirinya akan meningkatkan engagement postingan konten Anda. Faktanya, sebuah data menunjukkan bahwa postingan Instagram dengan hashtag mendapatkan engagement 12% lebih tinggi daripada postingan tanpa hashtag.

4. Memudahkan Promosi Lewat Review Pelanggan

Anggap saja ketika Anda membuat hashtag dengan nama brand, produk, atau slogan bisnis Anda. Lalu Hashtag tersebut digunakan oleh pelanggan atau followers setia Anda saat memposting rekomendasi produk, event, atau layanan Anda. Hal ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap produk Anda. Faktanya, Lagi-lagi sebuah data menunjukkan bahwa 92% pelanggan lebih percaya rekomendasi produk dari pelanggan atau followers setia

Featured image by Woman photo created by cookie_studio – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram