Tips Hashtag Instagram yang Tepat? Yuk Simak!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Sebenarnya ada banyak strategi atau tips hashtag Instagram, namun kali ini kita hanya akan membahas 5 (lima) tips hashtagh Instagram. Diharapkan dengan mengetahui tips berikut, akan ada perkembangan yang signifikan dan maksimal ketika Anda telah mempraktikkannya.

Langsung saja kita bahas yah, berikut ini 5 (lima) tips hashtag Instagram yang tepat:

1. Riset dan Pelajari Media Sosial Kompetitor

Langkah pertama adalah lakukanlah analisis media sosial kompetitor dan influencer yang relevan dengan brand Anda. Apa tujuannya? Agar Anda bisa mengetahui strategi mereka mendapatkan engagement target audiens.

Apa yang harus dianalisis dari media sosial kompetitor?

  • Marketing campaign apa yang mereka sering lakukan?
  • Seberapa sering hashtag digunakan dalam postingan kampanye marketing mereka?
  • Berapa banyak hashtag yang digunakan dalam satu postingan kampanye marketing mereka?

Setelah memilah-milah, lalu pilih beberapa hashtag dari analisis Anda, hashtag yang relevan dengan bisnis Anda, lalu gunakan.

2. Tracking Tingkat Popularitas Hashtag

Tips hashtag Instagram yang kedua adalah mengtracking tingkat popularitas sebuah hashtag. Agar kita bisa mengetahui hashtag mana saja yang populer. Karena yang populer sudah tentu akan banyak dicari oleh audiens.

Anda bisa gunakan tools hashtag analytic seperti Hastagify.me yang bisa menampilkan popularitas suatu hashtag.

tips hashtag

Contohnya jika Anda mencari tingkat kepopuleran hashtag #OrderOnline.id menggunakan Hastagify.me maka Anda akan mendapatkan persentase secara keseluruhan. Seperti tingkat popularitas terbaru, bulanan, hingga mingguan.

3. Tracking Hashtag yang Relevan dengan Brand Anda

Contoh jika Anda menggunakan hashtag #OrderOnline.id di kolom pencarian, maka akan ada kumpulan hashtag yang relevan dengan hashtag pilihan Anda di bawahnya. 

Pilihlah hashtag yang relevan, namun hindari hashtag yang memiliki lebih dari 1 juta post. Sebab, hashtag yang sudah banyak digunakan memungkinkan konten Anda akan muncul di feed audiens semakin kecil.

Pilihlah hashtag relevan yang memiliki 80.000 hingga 300.000 postingan merupakan hashtag dengan kepopuleran yang sedang.

4. Analisis Hashtag yang Sukses Pada Postingan Sebelumnya

Gunakan hashtag dengan performa baik pada postingan Anda sebelumnya. Lihat postingan paling populer dari jumlah likes, comment dan share yang tertinggi dari akun Anda. Lalu, bukalah tab insight dari postingan terpopuler agar bisa melihat jumlah impresi hashtag dalam postingan tersebut.

Dari jumlah impresi tersebut, ketahui hashtag apa saja yang efektif untuk digunakan pada postingan Anda selanjutnya.

– 

5. Hindari Spamming Hashtag 

tips hashtag

Tips hashtag kelima adalah hindari spamming atau penggunaan hashtag secara berlebihan. Salah satunya adalah dengan menggunakan terlalu banyak hashtag populer yang tidak relevan dengan brand Anda.

Spamming hashtag hanya akan mengakibatkan fokus topik konten Anda jadi tidak jelas di mata audiens yang kemudian akan mengakibatkan impresi hashtag tidak akan terekam dengan baik.

Featured image by Logo photo created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram