Apa Itu Packing Barang dalam Pengiriman? Berikut Penjelasannya

Packing barang kiriman

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Apa itu packing barang? Anda pasti sering mendengar istilah packing. Pada umumnya, arti packing dalam bahasa Inggris sebenarnya lazim digunakan dalam bahasa sehari-hari. Namun, ternyata istilah packing juga identik di aktivitas jual beli dan logistik. 

Nah, itulah yang akan artikel ini jelaskan. Pengiriman barang lewat unit logistik adalah hal yang penting guna memenuhi berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat Indonesia. Lantas, apa pengertian dan bagaimana cara kerja packing barang? 

Apa Itu Packing Barang? 

Arti packing  adalah suatu kegiatan pengemasan produk yang siap untuk dikirim atau didistribusikan ke tempat lainnya. Biasanya istilah packing juga disebut dengan pengepakan. 

Pekerjaan packing sendiri diperlukan guna memastikan setiap barang yang akan dikirim maupun dipasarkan tetap memiliki kualitas yang baik dan mumpuni saat sampai ke tangan konsumen. Packing yang baik mencegah produk atau barang dari pecah, hilang, dll. 

Beberapa bahan-bahan yang digunakan untuk packing adalah plastik, karton, bubble wrap, dan busa pengemasan. Singkatnya, packing atau pengemasan adalah bahan yang dipakai untuk menutupi suatu produk dan mencegah dari bergerak atau rusak. 

Baca juga: Tips Memilih Layanan Pengiriman Agar Succes Rate

Apa Tujuannya? 

Setelah Anda mengetahui apa itu packing barang, setidaknya ada dua alasan mengapa pengepakan barang itu penting dalam jual beli dan logistik. Berikut tujuan packing secara umum. 

1.Menjaga Barang Supaya Tidak Rusak

Tujuan utama adanya proses packing adalah membuat barang agar tetap aman dan tidak rusak sampai ke tujuan. Barang yang rusak akan sangat mengganggu kestabilan bisnis dan cukup merepotkan.

Seandainya barang atau muatan yang dikirim rusak, itu berarti pengirim barang harus mengembalikan produk dan kemudian menunggu lagi untuk mengganti barang yang tentang saja bisa memakan waktu panjang untuk sampai. 

Dengan kata lain, penjual maupun pembeli sama-sama rugi secara materiil dan waktu. 

2. Menghemat Biaya Pengiriman Barang

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa arti dari hal tersebut adalah tentang pengepakan barang supaya ringkas. Misalnya, jika Anda membeli lima barang di marketplace online dan harus dikirim dengan lima bungkus berbeda pula. Pasti akan mahal, bukan? 

Dengan pengemasan, kelima produk tersebut bisa masuk ke dalam satu wadah saja. Jadi, akan menjadi lebih praktis dan menghemat biaya pengiriman barang. 

Tips Packing Barang Agar Aman

Nah, setelah membahas apa itu packing barang dan tujuannya. Ada juga beberapa tips membungkus produk  yang aman. Kurangnya pengetahuan tentang hal ini membuat costumer kerap kecewa karena paket yang mereka beli rusak dijalan. 

Dibawa ini beberapa cara packing barang online yang mudah namun tetap aman dan anti rusak, yaitu:

  • Pilah berdasarkan jenis barang. Anda harus paham barang apa yang hendak dikirim. Apakah jenis barang tersebut tergolong barang elektronik, pecah belah, dan sebagainya. 
  • Pastikan pembungkus cocok. Gunakan kardus jika paket berisi buku atau mainan, jika perlu tambahan bubble wrap untuk jenis barang yang mudah rusak. Kemudian, untuk packing pakaian Anda bisa menggunakan plastik saja. 
  • Gunakan packing berlapis. Karena semakin tebal dan berlapis paket yang Hendak Anda kirim, maka akan semakin aman dan kuat barang yang dikirimkan. 
  • Perhatikan kerapihan kemasan. Sebab, celah yang terdapat pada paket bisa membuat barang mudah goyang, terguncang, bahkan rusak. 

Kesimpulannya, apa itu packing barang dalam pengiriman adalah tentang mengemas barang agar aman, rapi serta harus memenuhi standar keamanan tertentu. Sekian dan semoga ulasan kali ini bermanfaat.

Baca juga: Mudahkan Pengiriman Barang, OrderOnline Luncurkan Fitur “Logistik” Bagi Pengguna

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram