Facebook dan Facebook Lite? Apa Perbedaannya?

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Sudah pada tahu belum perbedaan Facebook reguler dengan Facebook lite? Kan, kalau persamaannya sudah pada tahu bahwa sama-sama diciptakan oleh Mark Zuckerberg hehehe. Namun untuk perbedaannya yang cukup banyak masih banyak yang belum tahu. Nah, Jika masih belum terlalu paham, langsung saja disimak baik-baik penjelasan di bawah yah.

facebook

Berikut beberapa perbedaan Facebook reguler vs Facebook lite;

1. Ukuran aplikasi

Facebook reguler berukuran sebesar 50 MB sedangkan Facebook Lite berukuran sebesar 2 MB saja. Sangat beda jauh yah. Namun, seiring penggunaannya akan ada penambahan ukuran penggunaan bertambahnya file cache.

Untuk teman-teman yang punya ukuran memori handphone kecil baiknya menggunakan Lite saja.

2. Desain UI

Facebook reguler di desain lebih indah, ada elemen UI, animasi dan grafis yang telah menjadikan tampilannya terlihat lebih baik secara keseluruhan. Sedangkan untuk lite, beberapa elemen yang berat telah dihapus, sehingga aplikasi lebih ringan, dan desainnya pun lebih simpel serta basic.

3. Fitur

Tampilan menu Regular terlihat lebih menarik, terlihat lebih berwarna, lebih besar, sehingga membuat visualnya nyaman dipandang. Sedangkan Lite, desain menu terlihat sederhana sehingga tampilannya tidak terlalu menarik namun kegunaannya tetap sama dengan Regular.

Pada Facebook Regular pesan yang masuk tidak dapat dibuka dan dibalas jika tidak memasang Messenger. Sedangkan pada Lite, messenger sudah ada langsung didalam aplikasi.

4. Kecepatan akses dan kuota

Facebook Lite sengaja didesain akses jaringan berkecepatan rendah, sekaligus ponsel low-end. Ini karena versi lite itu menampilkan laman facebook yang versi strip-down. Sehingga bisa dibilang secara keseluruhan, lite dapat diakses lebih cepat dan juga akan menghemat kuota.

Berbeda dengan regular yang agak berat dan terbilang melahap banyak kuota.

5. Tabel sederhana perbandingan Regular VS Lite

REGULARLITE
Ukuran aplikasi sekitar 50 MB ke atasUkuran aplikasi sekitar 2 MB
Messenger terpisahMessenger ada dalam aplikasi
Mengkonsumsi lebih banyak RAM dan CPU powerMenkonsumsi lebih sedikit RAM dan CPU power
Tidak cocok diakses pada internet berkecepatan rendahDapat diakses dengan baik pada internet berkecepatan rendah
Didukung berbagai elemen UI dan grafis yang menarik dan berkualitas tinggiMenanggalkan dukungan elemen UI dan grafis sehingga kurang menarik dan berkualitas rendah
Mengkonsumsi lebih banyak bateraiMengkonsumsi lebih sedikit baterai

Sebenarnya masih banyak perbedaan secara tekhnis dan tampilan, namun secara garis besar sudah tersampaikan pada penjelasan di atas. Jadi, kesimpulan bisa dipetik sendiri, pemakaian mana yang cocok buat teman-teman. Semoga artikel yang kami sediakan bermanfaat, selamat mencoba. Terima kasih 🙂

Featured Image by Logo photo created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram