Cari Tahu Pengertian Scale Up Adalah dan Strateginya

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Dalam dunia bisnis startup, banyak orang yang mencari tahu arti dari scale up adalah apa. Istilah ini memang seringkali muncul dalam dunia bisnis yang menandakan suatu pertumbuhan pada perusahaan.

Bagi orang yang terjun di dunia startup dan bisnis. Pastinya harus mema

Pengertian Scale Up Adalah

Scale Up secara sederhana diartikan sebagai pertumbuhan nilai pada suatu perusahaan startup. Istilah ini untuk menunjukkan bahwa sebuah perusahaan sudah memiliki banyak pencapaian.

Dengan pencapaian yang dimiliki, perusahaan ini siap untuk melanjutkan dan mengembangkan usahanya ke tingkatan yang selanjutnya atau tingkat yang lebih tinggi lagi.

Bisa diartikan Scale Up merupakan istilah yang menunjukkan value perusahaan. Perusahaan startup yang dilabeli sebagai scale up. Pastinya memiliki pertumbuhan yang sangat tinggi.

hami istilah-istilah ini terlebih dahulu. Karena itu, berikut akan dibahas pengertian dari Scale Up.

Baca juga: Alternatif TokoTalk dengan Orderonline.id Untuk Usaha Kamu

Strategi Scale Up dalam Start Up

Setelah mengetahui pengertian scale up adalah apa. Berikutnya akan dibahas Strategi apa saja yang perlu dilakukan oleh suatu perusahaan agar bisa mencapai tingkatan ini.

Tentu saja, untuk mendapatkan title sebagai perusahaan scale up tidaklah mudah. Namun, bukanlah hal yang tidak mungkin apalagi jika beberapa strategi di bawah ini diterapkan.

1. Mulai dengan Membuat Rencana dan Terus Evaluasi

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat rencana usaha. Pikirkan kembali dan lakukan riset, kira-kira langkah apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan agar dapat berkembang.

Tentu saja, jangan hanya direncanakan saja. Namun lakukan eksekusi secara bertahap. Pada setiap tingkatan, pastikan untuk melakukan evaluasi kerja secara menyeluruh. Jadi, pada tingkat selanjutnya perusahaan bisa tampil lebih baik dan lebih berkembang lagi.

2. Siapkan Dana yang Kuat Untuk Pengembangan

Modal finansial berupa uang memang sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha. Apalagi, jika ingin perusahaan yang dikelola mencapai tahap scale up perusahaan. Untuk itu, dibutuhkan dukungan dana yang kuat dari berbagai pihak yang terlibat.

Para pengelola perusahaan bisa mendapatkan dana ini dari berbagai cara. Mulai dari hasil keuntungan, sampai mencari investor. Mencari investor memang bisa menjadi cara yang tempat untuk mencari modal finansial bagi perusahaan startup 

Dengan perencanaan yang matang dan visi misi yang tepat dan inovatif. Maka, perusahaan startup sangat dimungkinkan akan mendatangkan banyak sekali investor.

3. Pelajari Perusahaan yang Sudah Scale Up

Strategi lain untuk mencapai level scale up company adalah dengan belajar pada perusahaan yang sudah mencapai level scale up lebih dulu. Belajar dari orang atau pihak yang pernah mengalaminya atau berhasil melewati proses tertentu adalah jalan yang terbaik.

Melalui proses perusahaan lain, pihak perusahaan bisa merencanakan rencana yang lebih matang dan lebih tahu mengenai tantangan yang akan dihadapi kedepannya.

4. Buat Tim yang Solid

Modal dalam usaha tidak selalu berupa uang saja. Sumber daya manusia dan orang-orang yang bekerja di dalamnya juga merupakan sebuah modal yang harus dimaksimalkan.

Karena itu, sangat penting untuk membangun tim yang solid. Tim yang sama-sama memiliki keinginan dan komitmen untuk memajukan perusahaan ke level selanjutnya.

Itulah pengertian dari scale up adalah apa dan juga strategi untuk mencapai level ini. Memang mengembangkan sebuah startup bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan usaha yang keras dan konsisten sebuah kemajuan pasti bisa diraih.

Baca juga: Jualan Online Terlaris Menggunakan OrderOnline.id, Ini Tipsnya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram