Landing Page Itu Apa Ya? Berikut Penjelasannya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Apa itu landing page? Bila dialih bahasakan mempunyai arti; landing yaitu mendarat, dan page adalah halaman. Jadi, secara umum merupakan halaman dalam website yang didesain khusus dengan strategi marketing. Halaman ini bisa muncul jika pengunjung mengklik sebuah tautan atau link tertentu yang telah disediakan.

Landing page adalah halaman dalam website yang didesain khusus dengan pengetahuan marketing. Halaman inilah yang ditampilkan ketika pengunjung mengakses suatu website dari hasil pencarian.

Landing page biasanya berorientasi pada action yang akan dilakukan user dan pencapaian konversi. Tujuannya agar customer berakhir pada pembelian produk yang telah disediakan.

landing page

Setelah memahami pengertiannya. Sekarang kita beralih pada tujuannya. Terdapat dua jenis Landing Page yaitu:

1. Click Through

Click Through memiliki tujuan merayu pengunjung untuk mengklik halaman lain. Biasanya digunakan dalam bisnis e-Commerce. Kalian bisa menggunakannya untuk menggambarkan produk atau penawaran secara detail agar bisa membuat konsumen melihat produk kalian sebelum berujung pada pembelian.

Biasanya Click Trough akan muncul pada iklan yang masuk, yang langsung diarahkan pada keranjang belanja. Hal ini menyebabkan sedikitnya konversi yang terjadi seperti iklan yang tidak memberikan informasi yang cukup bagi seseorang untuk membuat keputusan. Tampilan yang bagus  akan menarik pengunjung untuk melakukan apa yang telah kita harapkan.

2. Lead Generation

Lead Generation juga memiliki tombol Call To Action. Namun, Perbedaannya user bisa langsung melakukan konversi di halaman ini tanpa berpindah ke halaman lainnya. Fungsinya dirancang untuk mengumpulkan lead secara langsung.

Jenis halaman ini cocok bagi kalian yang akan melakukan penawaran yang tidak menimbulkan banyak risiko. Artinya, user tidak akan segan melakukan tindakan tertentu sesuai konversi yang kalian inginkan.

Lalu, apa manfaatnya?

Landing Page bisa digunakan dan banyak digunakan untuk tujuan marketing khususnya untuk mengetahui informasi pengunjung website. Atau sekedar mendapatkan informasi penting, bermanfaat, atau sebuah pengetahuan baru.

Semua mempunyai fungsi dan tujuan yang hampir sama yaitu men-generate leads bisnis. Menentukan prospek ke dalam beberapa cara dan memberikan lebih dari satu konten agar semua pihak bisa mendapatkan manfaat.

Kedua hal diatas juga mempunyai fungsi untuk melakukan percepatan transaksi. Biasanya halaman dibuat itu sesederhana mungkin dan minim dari menu-menu dan juga tombol navigasi.

Sederhanya, landing page dibuat untuk membangun pengunjung agar bisa segera mungkin untuk mengakses produk yang ingin dibelinya.

Sekian pembahasan yang telah kami sajikan, semoga bermanfaat.

Featured Image by Business vector created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram