Fitur Instagram Shopping dan Manfaatnya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Instagram Shopping adalah salah satu fitur Instagram yang digunakan untuk membuat katalog produk bisnis. Keunggulan paling utamanya adalah memungkinkan customer membeli produk secara langsung melalui postingan feed, stories, atau katalog di profil Anda. 

Berikut beberapa fitur Instagram Shopping beserta manfaatnya yang mungkin bisa anda gunakan dan maksimalkan >>>

fitur instagram

1. Instagram Shopping Tag 

Fitur instagram shopping tag ini berfungsi untuk memberikan label produk disertai harga dan detail produk yang akan muncul pada postingan Anda dan tersedia dalam katalog produk.

Mungkin Instagram menghadirkan kesan instant agar deskripsi produk dapat diakses dengan cepat oleh customer.

2. Katalog Produk 

Produk Anda akan ditampilkan pada katalog produk yang bisa dilihat oleh pelanggan. Di tampilan katalog akan menampilkan foto, nama, dan harga produk.

Tampilkannlah foto produk yang punya visual yang menarik, yang telah disesuaikan dengan background. Hal ini bisa menjadi magnet tersendiri bagi sebagian customer.

3. Halaman Detail Produk

Jika customer Anda mengklik salah satu produk pada katalog, maka mereka akan melihat halaman detail produk. 

Nah, dalam detail informasi inilah akan ditampilkan foto, harga, nama, deskripsi lengkap produk, ukuran dan warna yang tersedia, serta link ke website toko online.

4. Instagram Shopping Ads 

Jangkau target market atau audiens Anda lebih luas lagi dengan menggunakan fitur instagram shopping ads ini. Apalagi jika produk Anda punya value dan manfaat yang dibutuhkan pasar, maka tidak ada alasan untuk tidak mengiklankannya.

Ingat, tidak ada bisnis besar di dunia ini yang berkembang pesat tanpa iklan.

5. Shopping Tag di Akun Tertentu 

Anggaplah Anda sedang bekerjasama dengan influencer, maka fitur ini akan memudahkan produk Anda ditag oleh influencer di postingan mereka.

Wah seru juga yah kalau influencer yang Anda ajak kerjasama memiliki target market yang sama dengan bisnis Anda.

6. Product Launches 

Fitur instagram shopping yang satu ini memungkinkan Anda untuk membuat pengumuman launching produk terbaru. Anda dengan mudahnya dapat mengatur waktu hitung mundur sehingga customer Anda merasakan excited dan dapat bersiap untuk membeli produk Anda.

Begitupun sebaliknya, customer Anda juga dapat mengaturnya sebagai pengingat agar mendapatkan notifikasi ketika produk telah dirilis.

7. Live Shopping

fitur instagram

Live shopping dapat digunakan untuk menjual produk melalui Instagram Live. Jadi, Anda bisa mengajak orang untuk membeli produk secara langsung. Begitupun sebaliknya, customer Anda pun dapat langsung membeli produk dari sesi Instagram Live tersebut.

Semoga artikel yang kami sediakan selalu bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Terima kasih banyak telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Featured image by Mockup psd created by jcomp – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram