5 Langkah Memaksimalkan Instagram Bisnis

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Setelah Anda memiliki akun Instagram Bisnis, sekarang saatnya memaksimalkannya dengan 5 langkah yang akan kami uraikan nantinya.

5 langkah ini akan membantu bagi Anda yang masih bingung dengan apa yang harus dilakukan pertama kali saat ingin memaksimalkan Instagram Bisnis.

Berikut 5 langkah yang telah kami rangkum untuk memaksimalkan Instagram Bisnis Anda >>>

1. Target Audiens

Langkah pertama adalah riset terlebih dahulu target audiens dari bisnis Anda. Karena percuma konten-konten Anda enak dipandang namun tidak tertuju pada target yang tepat. Jadi, sebelum produksi konten, baiknya riset dulu.

Sebenarnya ada cara yang juga terbilang mudah yaitu dengan mengecek setiap kompetitor yang memiliki bisnis sejenis dengan Anda. Perhatikan dan analisis secara seksama bagaimana cara mereka menyajikan konten, melakukan engagement, dan konsep-konsep apa saja yang mereka sajikan untuk menguatkan branding dan meningkatkan penjualan.

2. Optimasi Profil dan Jadwal Posting

Instagram bio hanya bisa diisi maksimal 150 karakter, maka manfaatkan agar dapat memberikan deskripsi secara singkat yang membuat audiens ingin mencari tahu lebih dalam tentang value, keunggulan, dan produk bisnis Anda.

5 langkah

Sebagai contoh OrderOnline.id yang menampilkan value utama bisnisnya yaitu “Platform jualan online yang dibuat berdasarkan masalah pebisnis online”.

Dan untuk jadwal posting lakukanlah percobaan berkali-kali dengan waktu yang berbeda di hari yang berbeda. Kemudian, dari hasil percobaan Anda bisa menganalisis hasilnya di fitur Insights. Catat data dari insight untuk menentukan jadwal posting yang tepat.

3. Content is King

Instagram selalu berbicara mengenai visual. Jadi, siapkanlah konten-konten yang semenarik mungkin yang sesuai dengan value bisnis Anda.

Berikut beberapa variasi konten yang bisa jadi referensi Anda;

  • Konten edukasi
  • Repost
  • Giveaway
  • Motivasi
  • Tips dan trik
  • Pengumuman
  • QnA
  • Product Knowledge
  • Viral
  • Hari raya dan hari libur
5 langkah

Postingan di atas adalah jenis konten product knowledge yang menjelaskan tentang sistem COD ketika menggunakan OrderOnline.id.

4. Instagram Ads

Instagram Ads akan membantu Anda untuk memasarkan produk kepada audiens secara spesifik berdasarkan demografi, interest, usia, gender dan behavior. Jenis format konten yang bisa dibuat yaitu single image, carousel, video, slideshow, dan juga stories.

Bagaimana cara menjalankan Instgarm Ads? Pertama bisa dengan menggunakan dashboard Facebook Ads Manager. Dan yang kedua adalah dengan mengakses langsung di Instagram.

5. Lakukan Analisis

Lakukan analisis secara berkala untuk mengetahui kualitas dari masing-masing konten dan campaign. Analisis sederhana bisa menggunakan fitur Insights atau jika ingin yang lebih deep bisa gunakan bantuan tools analytics seperti Hootsuite Analytics dan tools lainnya.

Agar hasil yang diperoleh bisa maksimal dan terus konsisten, maka lakukan A/B testing untuk menguji strategi yang mana saja yang efektif.

Featured image by Background psd created by syifa5610 – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram