Bisnis Revenue? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Bisnis produksi, bisnis fisik, sudah kita bahas pada artikel sebelumnya. Sekarang saatnya membahas bisnis revenue atau bisnis berdasarkan sumber revenuenya.

Beberapa jenis model bisnis revenue yang akan kami uraikan memiliki masing-masing pendekatan dengan cara menghasilkan laba yang berbeda. Apa saja? Yuk simak >>>

1. Freemium

bisnis revenue

Sebuah mode bisnis yang menawarkan customernya layanan gratis sekaligus premium dalam satu produk.

Contoh yang memakai bisnis model satu ini adalah layanan penyimpanan berbasis cloud, DropBox dan layanan musik streaming Spotify.

Pengguna Dropbox bisa menggunakan paket Basic dengan kuota penyimpanan 2GB free dan bisa digunakan sampai kapanpun. Jika pengguna ingin mendapatkan storage lebih banyak dan fitur yang lebih lengkap, maka pengguna harus melakukan upgrade paket premium, yang tentunya berbayar.

Pengguna Spotify bisa mendengarkan lagu dengan menggunakan paket basic, namun akan terganggu oleh iklan dan fitur yang tidak lengkap. Jika pengguna ingin terbebas dari iklan dan menikmati fitur lengkap maka harus beralih ke paket premium yang tentunya berbayar. 

2. Subscription

bisnis revenue

Model bisnis seperti ini akan mendapatkan penghasilan dari biaya berlangganan yang dibayarkan oleh customer. Baik itu mingguan, bulanan, maupun tahunan. 

Contoh perusahaan yang menggunakan model bisnis subscription adalah adalah Netflix.

Dalam model bisnis seperti ini, konsumen lebih tertarik karena dapat memilih dengan bebas layanan apa saja yang menyesuaikan dengan harga yang disediakan. Jadi pengguna dapat menyesuaikan kebutuhan dan keinginan ketika ingin menggunakan bisnis subscription ini.

3. Hidden Revenue

bisnis revenue

YouTube ke Google adalah salah satu bisnis yang menggunakan model bisnis hidden revenue ini. YouTube bisa digunakan gratis oleh penggunanya sampai kapanpun. Peran pengguna tidak terlalu utama dalam upaya mendapatkan laba dalam model bisnis yang satu ini. 

Lalu, bagaimana dong cara YouTube mendapatkan penghasilan? 

IKLAN. Jawabannya adalah dari iklan. Penghasilan YouTube utamnya dari iklan. Pengguna pasti akan selalu mendapatkan iklan dari berbagai produk saat menggunakan YouTube. Nah, dari biaya pemasangan iklan inilah yang kemudian menjelma menjadi revenue stream dari YouTube.

Semoga artikel yang kami sediakan selalu bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca dan mempelajari segala artikel yang telah disediakan.

Featured image by Man photo created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram