Inbound Marketing Adalah Kunci Utama Dalam Berbisnis

Inbound marketing sebagai salah satu kunci utama dalam berbisnis

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Inbound marketing adalah teknik pemasaran produk dengan media konten agar tercipta interaksi yang intens antara kamu dengan konsumen. Teknik ini bisa disebut sebagai teknik pemasaran digital dengan modal internet, sehingga bisa menjangkau siapa saja, kapan pun dan dimana pun.

Pemasaran dengan teknik satu ini merupakan bentuk penyesuaian pelaku bisnis kepada konsumen yang hampir 24 jam berkutat dengan dunia online. Artinya dalam 24 jam, konsumen tentu juga tidak jauh dari jangkauan internet dan platform sosial media dalam keseharian mereka.

Pengaruh Positif Inbound Marketing

Memasarkan suatu produk tidak melulu harus secara offline dengan menyebar brosur, misalnya. Di dunia yang serba canggih dengan teknologi yang memadai, nyatanya pemasaran online bisa diwujudkan, yang tak lain dan tak bukan merupakan inbound marketing atau pemasaran digital.

Keuntungan melakukan teknik pemasaran online ini ialah biaya yang jauh lebih terjangkau. Selain itu, dengan iklan yang menarik dan juga kemampuan menarik konsumen yang bagus, kamu dapat dengan leluasa membangun relasi. Cukup menarik bukan metode pemasaran ini?

Baca juga: Trik Marketing Ala Russel Brunson

Tahapan Dalam Penerapan Inbound Marketing

Inbound marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang cukup membuahkan hasil yang maksimal. Terdapat tiga tahap penting yang perlu kamu kuasai dalam menerapkan pemasaran satu ini. Berikut tiga tahapan penting tersebut.

1. Attract

Attract merupakan tahap awal ketika menjajaki marketing imbound. Dalam fase ini, kamu dituntut untuk membuat konten yang tentunya relevan dengan target pasarmu. Untuk membuat konten tersebut, kamu bisa memanfaatkan berbagai platform yang sudah ada, seperti web blog.

Mulailah dengan sesuatu yang sekiranya menjadi kesukaan konsumen yang kamu targetkan. Selanjutnya kamu bisa arahkan mereka dengan sedikit menyelipkan soft selling pada produk yang hendak kamu tawarkan. Dengan begitu hubungan awal dengan konsumen akan terjalin.

2. Engage

Tahap selanjutnya dalam inbound marketing adalah engage. Tahap ini bisa dikatakan sebagai tahap meyakinkan konsumen dengan cara menjalin hubungan yang baik dalam jangka waktu tertentu. Skill customer service sangat berpengaruh untuk keberhasilan menggaet konsumen.

Penggunaan bahasa perlu menjadi perhatianmu selama kamu sedang meyakinkan konsumen. Tempatkan diri pula bahwa kamu tidak hanya ingin menjadikan mereka sebagai target pasar, tetapi ciptakan suasana yang nyaman, serta jalin hubungan yang baik terlebih dulu di awal.

3. Delight

Tahap terakhir dalam pemasaran digital ini adalah delight. Berhasil membuat konsumen membeli produkmu, bukan berarti proses pemasaran selesai begitu saja. Perlu adanya follow up konsumen mengenai rasa puas mereka, serta agar hubungan antara penjual dan pembeli tetap terjalin baik.

Peranmu bukan lagi sebagai penjual ketika closing sudah kamu raih, akan tetapi kamu harus memposisikan diri sebagai teman atau pun ahli yang akan menangani permasalahan mereka ke depannya. Itu artinya teknik atau metode pemasaran yang kamu terapkan bisa dikatakan sukses.

Baca juga: Prinsip Pemasaran Modern Yang Harus Diperhatikan

Itu tadi tiga tahapan pemasaran digital yang cukup menjanjikan jika dilakukan dengan benar. Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan pula bahwa inbound marketing adalah strategi pemasaran yang bisa menggaet siapa saja, asal direalisasikan dengan cara baik dan semestinya.

Tidak hanya itu, kita juga harus sadar bahwa kepuasan konsumen merupakan kunci utama dalam berbisnis. Membangun hubungan yang baik juga akan memberikan dampak positif jangka panjang untuk bisnismu. Itulah sebabnya menciptakan kepercayaan konsumen sangatlah penting.

Baca juga: 7 Strategi Marketing Anti Gagal? Simak!

 

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram