5 Prinsip Etika Bisnis yang Harus Diterapkan Dalam Membangun Usaha

5 Prinsip Etika bisnis

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Dalam membangun sebuah usaha atau bisnis memang diperlukan kemampuan baik dalam aspek hardskill maupun softskill. Namun, kemampuan itu akan percuma jika tidak dibarengi dengan prinsip etika bisnis dalam menjalankan usaha. 

Banyak orang terutama para pengusaha pemula yang sangat berambisi dan bersemangat melakukan dan membangun sebuah bisnis. Namun, lupa atau tidak memahami dengan benar mengenai etika dalam berbisnis

5 Prinsip Etika Bisnis yang Penting 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kemampuan dan ambisi untuk membangun sebuah usaha akan percuma. Jika tidak dibarengi dengan pengertian etika bisnis dan penerapannya dengan benar dan sesuai.  

Walaupun masih seorang pengusaha pemula, namun pengusaha tetap harus memahami dan menerapkan prinsip ini dalam berbisnis. Karena itu, berikut akan dijelaskan dengan lengkap mengenai prinsip dan etika dalam berbisnis. 

Memahami serta menerapkan prinsip merupakan hal yang penting dalam menjalankan usaha. Dengan pemahaman dan penerapannya, bisa menunjang dan memaksimalkan bisnis dan usaha yang dikembangkan. 

Baca juga: Promosi Bisnis? Content Creator Jawabannya!

1. Serius Bekerja dalam Prinsip Loyalitas 

Prinsip berbisnis yang pertama adalah prinsip loyalitas, seperti namanya hal ini berhubungan dengan kesetiaan dan keseriusan dalam menjalankan usaha. Dalam penerapan prinsip ini, itu berarti seorang pengusaha akan serius dan bekerja keras dalam menjalan sebuah usaha. 

Tentu saja, semua itu disesuaikan dengan visi dan misi bisnis yang sudah ditentukan sejak awal. Dalam prinsip ini, para pengusaha dituntut agar dapat memisahkan urusan yang berhubungan dengan usaha dan juga urusan pribadi. Jadi, aktivitas bisnis menjadi lebih profesional. 

2. Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat dengan Integritas Moral 

Prinsip etika bisnis berikutnya yang perlu diterapkan adalah integritas moral dalam menjalankan usaha. Dalam penerapan prinsip ini, berarti setiap orang yang terlibat dalam aktivitas usaha memiliki kewajiban untuk menjaga nama baik dari perusahaan yang dibangun. 

Sembari memberikan performa dan profesional dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Penerapan prinsip integritas moral ini sangatlah penting, karena dengan penerapannya yang baik, akan diiringi dengan peningkatan kepercayaan masyarakat. 

3. Adil dan Bertanggung Jawab dalam Prinsip Otonomi 

Setiap perusahaan pastinya memiliki cara dan strategi yang berbeda dalam pengembangan usaha dan bisnisnya. Situasi inilah yang merupakan bagian dalam prinsip otonomi, prinsip ini memang memberikan kebebasan tertentu pada para pengusaha. 

Terutama, dalam upaya pengembangan bisnisnya agar semakin maksimal. Namun, setiap keputusan yang diambil dalam prinsip ini. Harus disertai dengan pemikiran yang dalam, adil untuk setiap aspek perusahaan, dan bertanggung jawab. 

4. Menyeratakan Hak dalam Prinsip Keadilan 

Prinsip keadilan dalam etika bisnis berarti setiap elemen atau tenaga kerja yang terlibat dalam perusahaan. Memiliki hak yang dapat diklaim sesuai dengan porsinya dalam perusahaan. Tentu saja, dengan kontribusi baik yang diberikan. Perusahaan harus memberikan imbalan. 

Kontribusi ini bisa berupa kontribusi yang langsung maupun bersifat tidak langsung. Perusahaan tentu saja tidak bisa bergerak dan maju dengan maksimal. Jika tidak ada berbagai pihak yang terlibat di dalamnya. 

5. Selalu Dapat Dipercaya dengan Prinsip Kejujuran 

Prinsip kejujuran adalah prinsip paling dasar dalam berbisnis. Bisnis tidak bisa terjalin, jika tidak ada rasa percaya antara partner yang menjalankannya. Rasa percaya tersebut tentu saja, tidak bisa muncul atau tidak bisa bertahan tanpa adanya kejujuran. 

Pada klien, konsumen, atau rekan, prinsip ini harus senantiasa diterapkan. Sehingga tercipta hubungan bisnis yang sehat. 

Itulah 5 prinsip etika bisnis yang perlu dipahami dan diterapkan dalam mengembangkan usaha. Terutama, untuk para pengusaha pemula yang baru mengembangkan bisnisnya.

Baca juga: Inbound Marketing Adalah Kunci Utama Dalam Berbisnis

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram