5 Kesalahan Besar Dalam Merekrut Tim!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Ingin memiliki tim hebat yang diisi dengan orang-orang yang proaktif, rajin, berkpribadian baik, jujur, loyal, dan hal positif lainnya? Untuk mendapatkan tim yang seperti itu, maka setiap pebisnis haruslah menghindari 5 kesalahan besar yang sadar atau tidak sadar biasa dilakukan dalam merekrut tim.

Bayangkan saja, jikan Anda memiliki tim hebat maka juga akan berdampak pada perusahaan atau bisnis Anda. Baik itu peningkatan omzet maupun peningkatan kualitas seumbar daya manusia.

Sudah saatnya memiliki tim hebat, dan hindari 5 kesalahan besar dalam merekrut tim sebagai berikut;

1. Karakter Dulu, Skill Kemudian

5 kesalahan

Kasus yang sering ditemukan bahwa banyak perusahaan yang merekrut timnya hanya dengan menilai skill calon tim yang mendaftar. Padahal skill bukanlah hal yang utama. Jangan pernah merekrut seseorang hanya karena faktor skill dan tidak mempertimbangkan karakternya.

Karakter adalah faktor utama karena akan berdampak pada perjalanan tim di kemudian hari. Jika karakter tidak diutamakan, maka pastilah akan muncul masalah-masalah emosional yang tidak membangun lingkungan positif.

Ingat! Skill bisa dilatih, namun karakter sudah bawaan lahir.

2. Hindari Merekrut Berdasarkan Rekomendasi Tim

Sebaik apapun kinerja tim Anda, jangan coba-coba merekrut yang mereka rekomendasikan. Kinerja tim yang merekomendasikan tidak akan pernah sama dengan orang yang direkomendasikan. Ini adalah hukum wajib yang perlu diketahui.

Ingat! A hanya akan sama dengan A.

3. Tidak Mengiklankan Lowongan Kerja

Bagaimana bisa memancing ikan terbaik jika Anda hanya memancing di sebuah danau kecil? Sebarkan umpan di danau yang lebih besar! Jika tidak mengiklankan lowongan kerja, maka potensi-potensi luar biasa tidak akan terjangkau.

Jadi sedikit atau banyaknya tim yang Anda butuhkan, iklankanlah lowongan kerja Anda.

4. Tidak Melakukan Test DISC dan IQ

Test DISC untuk mengetahui kecenderungan karakter dan Test IQ untuk melihat potensi kualitas. Hal ini baiknya dilakukan pada awal perekrutan untuk menilai setiap individu yang kelak akan menjadi tim Anda.

5. Interview Group Dulu Sebelum Interview 1 ON 1

5 kesalahan

Hal ini untuk melihat siapa saja yang reaktif dan proaktif dalam diskusi. Anda bisa melakukan filter mana individu yang aktif ketika pembahasan peningkatan perusahaan. Anda juga bisa melihat pandangan-pandangan atau gagasan-gagasan mereka terkait kemajuan perusahaan.

Jadi sudah mengerti kan? Sebelum Anda memulai merekrut tim, hindarilah 5 kesalahan di atas. Niscaya Anda akan mendapatkan tim yang super hebat. Selama mencoba yah.

Semoga artikel yang selalu kami sediakan bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Terima kasih.

Isi Form Di Bawah ini Untuk Berlangganan Informasi dari OrderOnline.id, Sekarang!

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar bisnis dan jualan online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram