Planning Video Marketing Sebelum Produksi

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Sebelum memproduksi video marketing, Anda perlu membuat planning video terlebih dahulu. Sebenarnya konsep ini adalah hal yang sederhana, sebab sama seperti kampanye marketing lainnya, membuat rencana merupakan langkah penting. Agar kenapa? Agar Anda tidak kehilangan arah ketika sedang melakukan produksi.

Berikut kami uraikan beberapa planning video marketing yang perlu diperhatikan sebelum memproduksinya >>>

TARGET AUDIENS ATAU TARGET MARKET

planning video

Sebelum memproduksi video, planning video pertama adalah Anda harus atau wajib memahami audiens atau market mana yang ingin ditargetkan untuk video marketing yang Anda produksi.

Tanpa mengetahui target audiens, maka video yang Anda akan bagikan kemungkinan memiliki sisi general tanpa audiens yang khusus. Sedangkan jika dalam konsep bisnis, tidak mungkin Anda menargetkan semua audience untuk sebuah produk.

Karena selain tidak efektif dan efisien, juga akan mempengaruhi tujuan produksi video.

TUJUAN PRODUKSI

Setelah berhasil menentukan target market atau audiens, maka langkah kedua adalah menentukan tujuan produksi video. Kita ketahui sendiri bahwa setiap segmen audiens memiliki kriterianya masing-masing, maka pastinya tujuan yang dicapai dari video marketing pun berbeda-beda.

Biasanya ada beberapa tujuan yang bisa dicapai, seperti apakah dalam video tersebut Anda menggiring audiens untuk membeli produk, brand awareness, mengunduh ebook, sekedar mendaftar sebagai anggota, dan banyak tujuan lainnya.

MEDIA PUBLIKASI

planning video

Langkah ketiga ini masih saling berkaitan dengan langkah pertama dan langkah kedua. Setelah mengetahui target audiens dan tujuan produksi, maka saatnya menentukan media publikasi mana yang ingin Anda gunakan untuk menerbitkan video marketing.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa setiap platform video memiliki karakteristik dan ketentuan berbeda. Baik itu target audiens dan tujuan, jadi setidaknya Anda harus menyesuaikan video marketing agar bisa optimal dan efektif.

WAKTU RILIS

Langkah keempat adalah Anda harus menentukan kapan video marketing akan dirilis sehingga Anda bisa dengan seksama memperkirakan berapa lama waktu produksi yang dibutuhkan agar video bisa rilis sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Selain itu, Anda bisa mengejar momentum untuk merilis video marketing, terutama jika Anda mengejar promo tertentu.

ANGGARAN

planning video

Langkah terakhir adalah menentukan anggara produksi video. Berapa sih biaya yang diperlukan untuk membuat video marketing dari proses awal persiapan sampai proses akhir video dirilis? Hal ini harus dihitung dengan cermat agar Anda tidak mengeluarkan biaya berlebihan dengan hasil minim.

Featured image by Business photo created by freepic.diller – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram