, ,

Digital Marketing: Teknik SEO ala Neil Patel

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

September 22, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Teknik Search Engine Optimization (SEO) merupakan suatu ilmu dalam digital marketing yang bertujuan untuk menargetkan sebuah kata kunci pada mesin pencari. Tujuannya adalah untuk memberikan konten kamu sebuah peringkat ataupun rating organik pada mesin pencari. Tidak hanya itu, SEO juga dapat mengungkap traffic lalu lalang pengunjung dari website kamu serta kiranya hal apa yang sedang mereka cari.

Dengan perkembangan ilmu digital marketing, sebenarnya sudah banyak teknik SEO yang dibagikan oleh banyak orang. Namun, tidak semuanya membuahkan hasil yang tepat sasaran ataupun efektif.

Baca juga: E-Commerce: Jenis Beserta Contohnya

Oleh karenanya, pada artikel kali ini OrderOnline akan membagikan insight dari Neil Patel tentang teknik SEO yang sering beliau ajarkan. Neil Patel sendiri sudah banyak malang melintang di dunia digital marketing dan dikenal baik oleh para penggiat ilmu digital marketing.

Tidak perlu berlama-lama, berikut 5 teknik Search Engine Optimization (SEO) ala Neil Patel:

Optimalkan Kecepatan Muat Halaman

Poin pertama yang selalu diajarkan oleh Neil Patel adalah pentingnya responsifitas dari website kamu. Kamu harus menghilangkan elemen-elemen tidak penting yang membebani proses pemuatan halamannya.

Neil juga mengatakan bahkan penundaan 1 detik dalam pemuatan halaman akan menghilangkan 7% tingkat konversi dari website kamu.

Waktu dalam pemuatan suatu halaman website dapat menghabiskan banyak waktu untuk konsumen. Para pengunjung pun mayoritas akan langsung meninggalkan website jika load terasa terlalu lama. Hal seperti inilah yang kemudian menyebabkan bounce rate meningkat yang berujung pada hilangnya konversi website kamu.

Sematkan Tautan Pada Website Lain

Poin penting kedua adalah pentingnya ketersediaan lalu lintas antar blog ataupun website kamu. Dengan adanya hubungan ini, mesin pencari akan menilai penting konten kamu dan menganggapnya sebagai sumber berharga.

Neil juga menyarankan untuk menyematkan tautan yang juga relevan. Selain itu, konten juga harus memiliki informasi ataupun pengetahuan yang dibutuhkan oleh orang banyak.

Teknik ini juga dikenal sebagai SEO Off Page dimana kamu secara tidak langsung mengoptimasi website diluar dari website kamu ini sendiri.

Neil Patel Pakar Digital Marketing

Ciptakan Konten Untuk Manusia Terlebih Dahulu, Mesin Setelahnya

Mungkin terdengar sedikit aneh, namun Neil pernah memaparkan masalah dimana kebanyakan orang lebih sering membuat konten yang diinginkan oleh mesin pencari. Mungkin ada benarnya, namun kembali lagi bahwa target real kamu adalah seorang manusia.

Neil mengatakan bahwa pola pikir seperti ini adalah hal yang keliru. Menurutnya, sebelum kamu memenuhi unsur SEO yang diminta mesin, kamu harus sajikan dulu konten yang memang dibutuhkan oleh manusia.

Karena utamanya tujuan dari konten adalah penyampaian informasi kepada orang lain, maka kamu harus coba menempatkan diri sebagai pembaca.

Pasang Analytic Pada Website Kamu

Dengan adanya analytic, kamu akan memiliki data sebagai acuan untuk mengambil tindakan selanjutnya. Data ini akan sangat membantu dalam pemenuhan tujuan SEO kamu. Salah satu contoh analytic yang bisa kamu gunakan untuk melihat efektifitas SEO kamu adalah Google Analytics.

Buat Deskripsi Meta yang Unik dan Relevan

Buat meta description yang unik dan tidak memiliki kesamaan dengan konten orang lain. Karena menurut Neil, Google adalah mesin pencari yang sangat tidak suka dengan konten duplikat.

Demikian telah OrderOnline bagikan beberapa tips dari Neil Patel yang merupakan seorang pakar digital marketing terkemuka. Kamu bisa mempelajarinya secara perlahan agar kamu juga tentunya lebih mengerti.

Nantinya, OrderOnline harap kamu juga bisa menerapkan ilmu digital marketing ini pada bisnis kamu.

Mungkin sekian dari OrderOnline pada artikel kali ini. Jangan lupa juga untuk mampir ke OrderOnline dengan klik di sini. See you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

September 22, 2023

Diperbarui