Mengurangi Churn Rate; Tips Part II

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Pembahasan kali ini masih mengikuti pembahasan artikel sebelumnya mengenai tips mengurangi churn rate. Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas 4 (empat) cara mengurangi churn rate, kali ini kita juga akan menambahkan 4 (empat) cara mengurangi churn rate.

Langsung saja, berikut kami uraikan 4 (empat) tips mengurangi churn rate >>>

1. Peningkatan Kualitas Produk dan Layanan

mengurangi churn

Berikut contoh sederhana dari peningkatan kualitas produk dan layanan. Misal kompetitor menawarkan satu produk yang sama dengan produk Anda, maka Anda harus menyediakan variasi produk yang lebih banyak. Agar memberi kesempatan bagi konsumen untuk memilih produk dengan leluasa.

Sedangkan contoh sederhana dari sisi layanan adalah ketika kompetitor hanya menjual produk saja tanpa pernah menawarkan after-sales service, maka peran Anda untuk menyediakan fasilitas after-sales service agar bisa lebih memberikan value. 

2. Strategi Penentuan Harga

Hindari memasang harga jauh dibawah pasaran, dan hindari juga menaikkan harga tanpa diimbangi kualitas produk dan layanan. Tanpa riset dan strategi penentuan harga yang tepat, bisa jadi kedepannya konsumen tidak akan membeli lagi produk Anda karena sudah tidak sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jadi, ingat selalu untuk meriset atau menerapkan strategi agar harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas produk atau layanan Anda. Agar apa yang ditawarkan sepadan dengan manfaat yang mereka terima, dan juga harganya masih dapat dijangkau oleh mereka.

3. Sediakan Konten Edukasi

mengurangi churn

Contoh sederhananya aja nih, user baru atau user lama OrderOnline.id ingin mempelajari lebih dalam mengenai tips jualan online di Instagram, atau cara membuat toko online dengan mudah.

Nah, untuk membantu hal tersebut, maka OrderOnline.id menyediakan media blog yang berisi artikel seputar tips jualan online di Instagram, atau cara membuat toko online dengan mudah.

Langkah seperti ini akan memberikan customer experience yang cukup positif bagi semua user OrderOnline.id yang membutuhkan informasi yang sama. Maka ujungnya, tingkat engagement pun akan meningkat. 

4. Bangun Strategi Community Marketing

Akhirnya sampailah kita pada cara terakhir mengurangi churn rate yaitu membangun strategi community marketing agar hubungan baik dengan konsumen tercipta.

Masuk dan aktiflah ke komunitas konsumen dan berinteraksilah dengan mereka, maka dengan waktu yang cukup singkat, bisnis pun akan lebih terpercaya dan brand awareness tentu akan meningkat.

Menjadi lebih dekat dengan konsumen maka akan membangun hubungan jangka panjang. Jika hal ini sudah berjalan, konsumen pun tidak akan mudah berpaling ke kompetitor dan yang kabar gembiranya adalah churn rate pun tentu akan berkurang.

Featured image by Christmas photo created by diana.grytsku – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram