Sosialisasi Pemanfaat Landing Page bagi Kebutuhan Pelaku Bisnis Online

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Di era digital seperti saat ini, tren jualan online semakin berkembang dan meningkat. Platform pemasaran digital menjadi penting untuk diterapkan guna menjangkau audience atau target pembeli yang lebih luas. Sebagai salah satu strategi penjualan online, platform digital memiliki keunggulan yang efektif, salah satunya menggunakan Landing Page.

 

Melihat latar belakang tersebut sangat penting untuk disosialisasikan kepada pelaku bisnis online atau pelaku usaha yang belum go-digital, OrderOnline.id berinisiatif menyelenggarakan Webinar bekerja sama dengan Spatula pada Rabu (29/3). Salah satu topik dalam webinar tersebut adalah membahas tentang “Membuat Landing Page untuk Jualan Online menggunakan Orderonline.id”.

 

Webinar tersebut menghadirkan pemateri Abah Ajay sebagai profesional dibidang Meta Ads, serta Maulana Rizky Fadillah selaku Customer Support Technical Manager di OrderOnline.id.

 

Landing Page adalah halaman promosi berisi penawaran atau informasi lengkap suatu produk. Secara umum Landing page merupakan halaman dalam website yang didesain khusus sebagai salah satu bentuk strategi pemasaran melalui platform digital. Halaman ini akan muncul jika pengunjung mengakses sebuah tautan atau laman tertentu yang telah disediakan melalui berbagai platform yang dimiliki pelaku bisnis online.

 

Menurut di Maul, Landing Page berisi tentang informasi suatu produk, sehingga terdapat empat hal yang perlu diperhatikan saat membuat Landing Page.

 

“Pertama jelas, siapkan penawaran yang menarik buat produknya sendiri. Kedua buat copywriting yang jelas dan mengundang, jadi kata-kata harus berupa ajakan biar konsumen atau audience ini tertarik atau kepo tentang produk yang dijual oleh temen-temen. Ketiga buat layout dan tampilan visual yang rapih dan enak untuk dibaca, jadi tidak terlalu banyak dalam LP nya. Terakhir sertakan CTA yang akurat.” pungkas Maul.

 

Maulana Rizky Fadillah sedang menjelaskan tentang Landing Page

Selain menjelaskan tentang Landing Page, Webinar ini juga memaparkan beberapa insight dari OrderOnline.id kepada para pelaku bisnis online agar dapat mempersiapkan strategi pemasarannya, mulai dari pemilihan jenis produk yang akan ditawarkan, tipe pembayaran yang akan digunakan, serta rentan waktu aktivitas pemesanan (order) dari konsumen.

 

Sebagai salah satu strategi pemasaran, Landing Page cukup efektif untuk meningkatkan penjualan bagi para pemula pelaku bisnis online. Salah satu faktor utamanya adalah Landing page biasanya lebih efisien biaya dibandingkan dengan membangun situs web yang lebih besar. Halaman ini hanya berfokus pada satu tujuan dan tidak memerlukan banyak halaman atau fitur. Selain itu, biaya iklan di platform digital seperti Google Ads atau Facebook Ads juga lebih efisien, karena kampanye dapat diarahkan langsung ke landing page yang relevan dengan iklan.

 

Bahkan, dengan menggunakan platform digital sebagai strategi pemasaran akan lebih memudahkan untuk menjangkau target audience atau calon customer. Landing page memungkinkan bisnis online untuk menargetkan pengunjung dengan tepat, misalnya melalui kampanye iklan yang ditargetkan pada kata kunci tertentu atau demografi tertentu. Dengan menargetkan pengunjung yang tepat, bisnis online dapat meningkatkan konversi dan menghemat biaya iklan. (Rb)

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram