Perencanaan Bisnis; Elemen dan Manfaatnya

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Secara umum dapat diartikan bahwa Perencanaan Bisnis adalah dokumen tertulis yang menjelaskan dan menggambarkan secara detail bagaimana suatu bisnis bisa mencapai visi misinya.

Dalam perencanaan ini dijabarkan berabagai pandangan seperti dari sudut pandang produksi, pemasaran, keuangan, administrasi, hukum, operasional dan lainnya.

Kenapa setiap perusahaan harus memiliki perencanaan bisnis? Agar kiranya perusahaan berjalan dalam putaran yang sesuai dengan visi misi dan segera bisa menganalisis dan mengevaluasi jika terjadi kendala dalam perjalanannya.

perencanaan bisnis

Mungkin masih ada beberapa perusahaan ataupun bisnis startup yang berjalan tanpa perencanaan bisnis, namun hal itu bukan ide yang baik. Bahkan, sangat jarang sebuah perusahaan ataupun bisnis startup bisa bertahan tanpa adanya perencanaan bisnis.

Elemen Perencanaan Bisnis

Ringkasan eksekutif: Umumnya berisi uraian mengenai profil perusahaan serta visi misi perusahaan. Terdapat pula informasi tentang struktur perusahaan seperti CEO/pemimpin, partner, karyawan, lokasi perusahaan, dan sebagainya

Produk dan layanan: Di bagian ini, perusahaan akan menguraikan produk dan layanan yang akan ditawarkannya. Penentuan harga, masa pakai produk, dan manfaat yang didapat oleh konsumen. Faktor-faktor lain yang bisa dimasukan ke bagian ini adalah proses produksi, hak paten yang dimiliki perusahaan, dan setiap informasi tentang penelitian dan pengembangan.

Hukum: Bagian ini menguraikan bahwa perusahaan atau bisnis Anda sudah legal secara hukum, yang akan banyak menunjang perkembangan bisnis secara administrasi dan hukum.

Analisa pasar: Di bagian ini akan diuraikan bagaimana persaingan sehat akan terjadi dan solusi-solusi yang akan dijalankan. Agar perusahaan dapat mengetahui keunggulan dan kelemahan para pesaingnya di market yang sama.

Strategi pemasaran: Bagian ini lebih ke arah marketing. Bagaimana perusahaan menjelaskan cara menarik minat pelanggan dan mempertahankan agar selalu setia dengan produk atau layanan perusahaan. Selain itu, di bagian ini juga akan menentukan cara untuk menjangkau dan memperluas konsumen.

Perencanaan keuangan: Bagian ini akan membahas laporan keuangan, neraca, dan informasi keuangan lainnya. Agar perusahaan bisa berjalan dengan normal tanpa ada masalah finansial. Keuangan perusahaan, dan pembahasan investor juga bisa diuraikan di bagian ini.

Anggaran: Di bagian ini akan dibahas mengenai biaya yang berkaitan dengan karyawan, pengembangan, produksi, marketing, dan pengeluaran lainnya.

Ada baiknya, jika ingin menunjang pembukuan. Selain menggunakan proses akutansi manual, juga gunakan software yang tepat.

Manfaat Perencanaan Bisnis

1. Membantu Bisnis Mendapatkan Modal

Dengan adanya perencanaan bisnis yang matang, maka memungkinkan investor membantu bisnis Anda dalam penanaman modal. Investor biasanya tidak akan membantu sebuah bisnis yang tidak memiliki perencanaan yang matang dan komprehensif.

2. Meninjau Pertumbuhan Bisnis

Ketika bisnis berkembang, banyak hal dapat berubah secara signifikan. Entah itu anggaran tahunan, jumlah karyawan, target keuangan, dan banyak lainnya. Dengan adanya perencanaan bisnis, maka dapat membantu memahami kondisi perubahan tersebut dan meninjau bagaimana kondisi perusahaan agar bisa terus berkembang.

3. Selalu Mengacu Pada Visi Misi

Memastikan bahwa perjalanan bisnis Anda akan selalu berada pada lingkup visi misi perusahaan, atau awal mula tujuan perusahaan.

4. Menentukan Strategi Pemasaran

Perusahaan bisa menentukan bagaimana cara strategi pemasaran yang akan dilakukan. Sehingga layanan atau produk bisa dengan mudah dijangkau atau dikonsumsi oleh konsumen. Dan tentunya juga untuk memperluas market.

5. Pengelolaan Karyawan

Anda bisa mengetahui siapa saja yang ada di dalam perusahaan dan di bagian mana saja mereka. Sehingga mudah untuk mengatur segala sesuatu hal terkait karyawan.

perencanaan bisnis

Dengan mengetahui secara komprehensif mengenai pentingnya eksistensi perencanaan bisnis, maka ada baiknya Anda segera menerapkannya, jika memang bisnis Anda belum mempunyai perencanaan.

Semoga artikel yang kami sediakan bermanfaat bagi teman-teman.

Featured Image by Business photo created by tirachardz – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram