Iklan Komersial Adalah Strategi Marketing, Ini Penjelasannya

Iklan Komersial

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Semua orang tentunya tidak asing lagi mendengar kata iklan. iklan sendiri tentunya sering ditemukan di berbagai media. Iklan terbagi menjadi dua jenis yakni iklan komersial dan non komersial. Namun, iklan komersial adalah jenis iklan yang paling banyak beredar.

Iklan komersial banyak beredar di berbagai media, seperti media cetak, media elektronik, bahkan media sosial. Oleh karena itu, tak heran jika iklan komersial dijadikan salah satu wadah mempromosikan barang atau jasa dalam sebuah bisnis. 

Baca juga: Cara Bisnis Online Tanpa Modal Besar dan Contohnya

Mengenal Apa Itu Iklan Komersial

Iklan komersial biasanya mempromosikan berbagai produk yang bersifat komersial. Produk komersial adalah suatu barang yang umumnya diperjual belikan. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan pebisnis jika menggunakan iklan komersial pada produknya.

Banyak produk komersial terkenal baik dalam negeri maupun luar negeri yang menggunakan jenis iklan ini, contoh produk komersial adalah produk minuman Yakult, Indomie, The botol, dll. 

Baca juga: Jasa Pergudangan Untuk Bisnis? Ini Manfaatnya!

Dalam iklan produk komersial, pastinya terselipkan slogan yang dapat mempengaruhi audiens. Contoh iklan komersial adalah Yakult yang memiliki slogan berbunyi “Cintai ususmu minum Yakult tiap hari”.

Nah, dengan adanya slogan tersebut tentunya para audiens akan menghafal slogan produk dengan sendirinya. Tak hanya itu saja, para audiens pun akan tertarik untuk membeli produk tersebut.

1. Definisi Lengkap Iklan Komersial

Menurut Agus S. Madjadikara yang tertuang dalam buku Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan, iklan komersial adalah iklan yang memiliki tujuan memasarkan suatu produk berupa barang maupun jasa.

Jadi, iklan komersial adalah salah satu jenis iklan yang bermaksud untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan produk. Tujuan iklan komersial adalah agar para audiens tertarik membeli suatu produk barang atau jasa yang diiklankan.

Baca juga: Cara Memasarkan Produk Dengan Tepat

Iklan jenis ini banyak diburu oleh para pebisnis. Khususnya dalam hal bisnis online tanpa modal. Seperti yang banyak orang ketahui, contoh bisnis online yang sedang populer saat ini adalah dropshipper, jasa titip barang, jual foto, kursus online, dll.

Baca jugt: Aplikasi Dropship Tanpa Modal

2. Ciri-Ciri Iklan Komersial

Meskipun kita sering melihat adanya iklan komersial di sekeliling kita, tetapi tak jarang orang masih bingung membedakan iklan komersial dengan iklan lainnya. berikut merupakan ciri-ciri iklan komersial yang perlu anda ketahui.

Baca juga: Headline Ampuh Untuk Copywriting Ngiklan!

a. Bersifat Persuasive

Ciri-ciri dari iklan komersial umumnya bersifat persuasif, dalam arti iklan tersebut memiliki unsur mengajak secara halus kepada audiens untuk memakai produk yang diiklankan.

Iklan komersial tentunya memiliki banyak metode untuk mempengaruhi audiensnya, seperti memperoleh emosi dari audiens dan memenangkan kepercayaan dari audiens.

b. Bersifat Non Personal

Iklan komersial biasanya menyuguhkan pesannya kepada banyak khalayak dan tidak akan dikonsumsi secara pribadi saja.

Namun, ada beberapa iklan komersial yang memiliki pola komunikasi seakan-akan iklan tersebut disuguhkan untuk kepentingan pribadi saja, hal tersebut merupakan salah satu metode yang dipakai dalam iklan komersial untuk mengikat konsumennya.

c. Berbayar

Ciri yang paling khusus dari iklan komersial adalah berbayar. Biasanya iklan yang dipublish dianggap menarik seluruh khalayak, produk tersebut juga dapat dikenal oleh semua khalayak dari berbagai kalangan.

Harga iklan komersial untuk saat ini sangat bervariatif, anda bisa memilihnya sesuai jam penayangan.

3. Struktur yang Terdapat dalam Iklan Komersial

Untuk mendapatkan banyak respon dari audiens tentunya anda harus memahami struktur penyajian iklan komersial yang menayangkan produk anda. Hal tersebut bertujuan agar rencana yang telah dipersiapkan berjalan sukses.

Umumnya proses pembuatan iklan komersial memerlukan naskah yang baik dan alur cerita yang bisa menarik perhatian audiens. Dalam pembuatan iklan komersial anda bisa menambahkan gambaran agar terlihat lebih menarik.

Tidak hanya itu saja, dalam pembuatan iklan komersial juga anda diharapkan mencantumkan nama judul, nama produk, serta penjelasan agar dapat dipahami oleh audiens.

4. Jenis-Jenis Iklan Komersial

Meski iklan komersial telah beredar di berbagai media. Namun, tiap iklan komersial memiliki jenis yang berbeda, lho. Perbedaan tersebut terletak pada manfaat dan fungsinya. Iklan komersial terbagi menjadi dua jenis, penjelasan lebih lengkapnya ada di bawah ini.

a. Iklan Komersial Taktis

Jenis iklan ini bertujuan untuk memberikan dorongan kepada audiens agar melakukan kontak kepada produk yang diiklankan.

Maka dari itu tak heran jenis iklan komersial yang satu ini  berdurasi cukup singkat. Hal tersebut bertujuan agar para audiens cepat merespon produk yang diiklankan tersebut.

b. Iklan Komersial Strategis

Iklan komersial strategis sangat identik dengan fungsinya. Fungsi dari iklan ini adalah untuk mendirikan nama produk yang diiklankan. 

Metode yang digunakan ikan ini biasanya memberitahu kepada audiens manfaat dan keunggulan yang dimiliki produk tersebut, dengan begitu para audiens dapat percaya bahwa produk tersebut akan sangat bermanfaat bagi mereka.

5. Manfaat Menggunakan Iklan Komersial

Banyak manfaat yang diperoleh pebisnis jika menggunakan jenis iklan komersial, khususnya para pebisnis yang menerapkan sistem online. Bahkan bisnis online modal kecil juga sering kali ditemukan dalam iklan komersial. 

Baca juga: Strategi Promosi Terbaik Mengembangkan Bisnis

Nah, untuk lebih lanjut apa saja manfaat iklan komersial yang bisa anda dapatkan, anda dapat menyimak penjelasannya di bawah ini.

a. Menambah Konsumen Baru

Dengan anda menggunakan iklan komersial tentunya produk anda akan lebih dikenal banyak kalangan, sehingga anda dapat memperoleh banyak konsumen baru baik dalam negeri maupun luar negeri.

Baca juga: Bisnis Interaksi Dengan Konsumen? Yuk Simak! 

b. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Setiap konsumen umumnya akan lebih mempercayai produk yang sudah dikenal publik. Maka dari itu, banyak para pebisnis yang gencar menggunakan berbagai iklan untuk memperkenalkan produknya. 

Jika produk anda sudah dikenal public maka para konsumen akan terus berdatangan untuk membeli produk-produk anda. Selain itu, produk anda juga akan lebih mudah teridentifikasi oleh para konsumen.

Baca juga: 8 Cara Ampuh Mempengaruhi Konsumen Agar Closing

c. Produk Lebih Dikenal Masyarakat Luas

Manfaat yang lebih besar dengan menggunakan jenis iklan ini adalah produk anda dapat dikenal masyarakat luas. Dengan begitu penilaian produk anda di mata masyarakat akan semakin meningkat tajam.

Baca juga: Jualan Online Terlaris Menggunakan OrderOnline.id, Ini Tipsnya!

Mengenal Iklan Komersial

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai iklan komersial yang harus anda pahami, khususnya bagi para pebisnis lama maupun pebisnis yang baru merintis. Mulai tertarik menggunakan iklan komersial, bukan?

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa iklan komersial adalah iklan yang membantu para pebisnis untuk memasarkan produknya dengan cara memperkenalkan sekaligus mempromosikan produk tersebut.

Jenis iklan ini dapat dibilang sangat ampuh untuk bagi para pebisnis, pasalnya melalui iklan ini pebisnis dapat memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar. Bukan hanya itu saja, anda juga bisa mendapatkan banyak konsumen baru dan rating yang bagus dari para audiens.

Maka dari itu, anda tak perlu ragu dan bingung lagi untuk mempromosikan produk menggunakan jenis iklan ini. Yuk, mulai saat ini anda bisa memulai menggunakan jenis iklan ini. Segerah raih keuntungan anda dengan menggunakan iklan komersial sekarang juga.

Baca juga: Cara Bisnis Online Tanpa Modal Besar dan Contohnya

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram