8 Tips Facebook Marketplace Agar Nggak Boncos

Tips Facebook Marketplace Agar Nggak Boncos

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Memiliki bisnis yang besar dan sukses tentunya dambaan semua orang. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan agar bisnis anda sukses, seperti memasarkannya melalui Facebook dan memahami tips Facebook marketplace dilihat banyak orang.

Seiring berkembangnya zaman, terdapat Facebook bisnis yang kini telah menyediakan tempat untuk jual beli secara online. Bahkan, cara jualan di Facebook marketplace lebih mudah dibanding dengan cara lain.

Cara Jitu Facebook Marketplace Sukses dengan Mudah

Tips Facebook Marketplace

Facebook adalah salah satu media sosial yang sudah sangat terkenal. Aplikasi yang didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004 tentunya terus berkebang hingga sekarang.

Saat ini Facabook tidak hanya digunakan sebagai tempat mengabadikan momen, namun Facebook juga dapat digunakan sebagai sarana jual beli barang secara online

Pada tahun 2022, data yang diungkapkan oleh Hootsuite berisi data media sosial terpopuler. Dalam data tersebut Facebook berada di urutan teratas dengan pengguna 2,9 miliar orang. 

Tidak hanya itu saja, Hootsuite juga mengeluarkan data bahwa sebanyak 4,62 miliar orang menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dalam setahun terakhir terdapat pengguna baru media sosial dengan jumlah 424 juta orang.

Seperti penjelasan sebelumnya tentang bisnis online, terdapat cara bisnis online pemula dengan menggunakan media Facebook untuk jualan online. Banyak metode yang bisa anda pilih untuk membuat bisnis anda sukses melalui Facebook marketplace.

Baca juga: Strategi Bisnis Berdasarkan Kebutuhannya? Simak!

Namun, ada beberapa cara bisnis online sukses dengan mudah dan cepat yang perlu anda ketahui. Untuk lebih lanjut, anda dapat menyimak artikel ini agar produk anda bisa menjadi usaha online terlaris. 

1. Gunakan Foto Produk yang Orisinal dan Menarik

Tips Facebook marketplace sukses yang pertama yaitu dengan cara menggunakan foto produk yang asli dan menarik perhatian konsumen. 

Foto poto produk merupakan salah satu kunci kesan pertama para konsumen dalam memilih suatu produk. Foto produk yang menurutnya bagus tentunya akan menjadi pilihannya untuk membeli produk tersebut.

Oleh karena itu, usahakan memotret semenarik mungkin produk yang ingin anda jual. Setelah itu anda dapat mengunggahnya melalui Facebook marketplace. Penerapan metode tersebut dapat dibilang sangat ampuh untuk menjadikan usaha anda semakin sukses.

Baca juga: Bisnis Strategi Produk? Simak Penjelasannya!

2. Gunakan Facebook Ads

Salah satu fitur Fasbook yakni Facebook ads kini tengah populer di kalangan pebisnis pemula maupun pebisnis lama. Pengelola Facebook bisnis akan memudahkan iklan produk anda tersebar luas.

Secara luas Facebook ads merupakan layanan iklan berbayar yang ditujukan untuk para pebisnis agar produknya memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan.

Layanan Facebook ads juga berguna buat para audiens untuk mencari kebutuhan hanya dengan satu kali klik. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa mengevaluasi dari kinerja iklan tersebut.

Baca juga: Facebook Ads; Solusi Untuk Melejitkan Bisnis Anda!

3. Upayakan Merespon Pesan Dari Pembeli Lebih Cepat

Tips Facebook marketplace sukses selanjutnya adalah dengan cara merespon secepat mungkin pesan-pesan dari pembeli. 

Hal yang perlu anda ingat, pebisnis professional tentunya tidak akan memilih-milih dalam menanggapi pesan yang masuk kedalam inbox Facebook anda. Maka dari itu, tak jarang mereka mendapatkan lencana “Sangat Responsif” dalam marketplace facebook mereka.

Selain mendapatkan lencana, anda juga akan mendapatkan banyak konsumen baru yang nantinya akan berpotensi sebagai konsumen tetap anda.

Baca juga: Bisnis Interaksi Dengan Konsumen? Yuk Simak!

4. Gunakan Sebaik Mungkin Fitur Grup Jualan

Saat ini Facebook menyediakan banyak fitur, salah satunya grup jualan yang dikhususkan untuk para pebisnis. Biasanya, dalam grup tersebut ada banyak para pebisnis dari berbagai daerah, bahkan mancanegara.

Dengan memanfaatkan fitur tersebut pastinya anda akan diberikan kemudahan untuk membuat produk anda lebih cepat terjual. Terlebih, fitur tersebut dibuatkan semata-mata untuk tempat jual beli online.

Anda dapat mengirim katalog produk yang ingin dijual, dengan menerapkan cara itu anda memiliki peluang yang besar menjadi pebisnis yang sukses.

5. Tawarkan Promo Pada Produk Anda

Salah satu tips Facebook marketplace yang sukses dan banyak dilihat orang adalah dengan menawarkan promo. Ada berbagai macam promo yang bisa anda terapkan, seperti buy 1 get 1, potongan harga, gratis ongkir, dan sebagainya.

Penerapan cara tersebut sangat ampuh untuk meningkatkan omset bisnis anda, pasalnya ketika konsumen melihat produk anda yang sedang menawarkan promo, tentunya mereka akan semakin tertarik untuk membeli produk yang anda jual.

Perlu diingatkan, anda juga harus memperhatikan besaran keuntungan ketika ingin melakukan penawaran promo. Jangan sampai total keuntungan yang anda dapatkan lebih kecil dibanding total kerugian.

6. Segera Lakukan Riset Pasar

Mengimplementasi strategi dari hasil riset pasar perlu anda lakukan untuk mencari tahu banyaknya produk serupa yang dijual di marketplace.

Untuk melakukan riset anda dapat menggunakan fitur paling laris pada produk yang serupa. Setelah itu, anda juga dapat melihat produk populer pada situs yang berbeda.

Baca juga: Pasar Online Bagi Pencinta Barang Bekas

Jika ingin produk anda mendapatkan pembeli yang banyak, anda dapat menjual produk serupa melalui item terpopuler. Pastikan juga produk anda memiliki keunggulan yang jauh lebih baik dari pesaing bisnis yang lain.

7. Gunakan Fitur CTA pada Postingan Produk Anda

Tips Facebook marketplace selanjutnya adalah menggunakan fitur CTA.Fitur CTA atau tombol “Click-To-Action” erat kaitannya dengan menawarkan produk menggunakan iklan,. 

Hal tersebut dikarenakan banyak para pebisnis menggunakan tombol ini untuk menambahkan alamat website jualan anda.

Menggunakan fitur CTA juga memudahkan konsumen mengenal dan memesan produk anda dengan lebih efisien.

Baca juga: Penempatan CTA yang Baik? Berikut Tipsnya!

Adapun contoh yang biasanya terdapat Click-To-Action pada layanan iklan Facebook, seperti “Mau beli baju branded dengan harga yang murah? Klik di sini”. 

Baca juga: Jenis CTA yang Umum Digunakan Seller

8. Gunakan Halaman Facebook Sebagai Tempat Berjualan

Tips Facebook marketplace terakhir yakni jika anda ingin membuat postingan produk anda jauh lebih spesifik anda bisa memanfaatkan halaman Facebook sebagai tempat berjualan. 

Ada banyak keunggulan yang bisa anda dapatkan, contohnya memudahkan pembeli berinteraksi dan dapat mengukur peluang produk anda untuk menjangkau pembeli.

Tidak hanya itu saja, anda juga akan lebih mudah memasang iklan produk anda dengan menggunakan halaman Facebook. Akun bisnis anda pun akan semakin popular dijumpai banyak konsumen .

Facebook

Nah, itulah tips Facebook marketplace yang perlu anda ketahui dan pahami untuk menjadikan bisnis anda semakin sukses. Mulai tertarik menggunakan Facebook sebagai tempat jualan online, bukan?

Tentunya jika anda menerapkan semua tips yang terdapat di artikel ini anda akan merasakan banyak keuntungan. Keuntungan tersebut dapat berupa banyaknya konsumen baru, bisnis anda lebih dikenal masyarakat luas, dan memiliki omset yang lebih.Facebook juga kini banyak digemari oleh para pebisnis, tak jarang mereka menjualkan produknya melalui Facebook. Selain hemat biaya, Facebook pun aman untuk tempat jual beli online. Yuk, segera ubah metode bisnis anda menggunakan Facebook secara online, pastinya lebih untung, lho.

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram