Franchise Itu Apa Sih? Berikut Penjelasannya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Franchise diambil dari bahasa perancis yang artinya hak atau kebebasan. Di indonesia sendiri disebut dengan waralaba, Istilah waralaba berasal dari gabungan kata wara yang artinya lebih, dan laba artinya keuntungan. Waralaba adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.

Berdasarkan perundang-undungan di Indonesia, waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia waralaba atau franchise adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pewaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu (wikipedia).

Di indonesia sendiri, sistem franchise telah dinaungi oleh hukum indonesia sehingga memberikan keamanan dan perlindungan untuk menjalankannya.

Berikut beberapa aturan yang bisa anda pelajari sebelum mencoba memulai menjalankan bisnis franchise;

  • PP no 42 tahun 2007 tentang Waralaba;
  • Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No. 259/MPP/KEP/7/1997 Tanggal 30 Juli 1997 tentang Ketentuan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralaba;
  • Peraturan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No. 31/M-DAG/PER/8/2008 tentang Penyelenggaraan Waralaba;
  • Undang-undang No. 14 Tahun 2001 tentang Paten;
  • Undang-undang No. 15 Tahun 2001 tentang Merek;
  • Undang-undang No. 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang;

Nah, dengan adanya payung hukum ini, diharapkan para pebisnis untuk tidak skeptis.

Jika anda tertarik untuk menggeluti bisnis franchise, berikut 3 referensi franchise minuman terlaris yang telah kami rangkum untuk kalian;

1. Franchise Haus

HAUS! adalah gerai minuman yang menyediakan segala jenis minuman kekinian yang sedang hits dengan harga yang affordable, cocok untuk pelajar dan mahasiswa yang pengen hemat. Dari mulai thai tea, green tea, taro, ovomaltine, cheese tea dan lain-lain, semua di bandrol dengan harga murah, mulai dari 5 ribu sampai 15 ribu saja.

franchise

Saat ini baru mempunyai 80 cabang yang tersebar di daerah Jabodetabek dan Bandung, dengan antusiasme masyarakat terhadap minuman HAUS! ini, dengan jumlah pengunjung harian per outlet adalah 500 orang.

2. Dum Thai Tea

Berdiri dari sebuah garasi keci pada 2015 di surakarta, dan sekarang sudah banyak mempunyai cabang di beberapa wilayah indonesia. Kalian bisa lancung cek selengkapnya di Dum Thai Tea untuk mempelajari sistem franchise mereka.

franchise

3. Kamsia Boba

Akhir-akhir ini minuman boba sangat digemari di Indonesia, perpaduan rasa yang cocok di lidah masyarakat indonesia.

Kamsia Boba bisa jadi referensi bagi kalian yang ingin memulai bisnis franchise minuman boba. Sama seperti bisnis minuman yang lagi naik daun, cabang mereka juga sudah tersebar di beberapa wilayah indonesia.

franchise

Sekian informasi dari kami, semoga bisa jadi referensi yang berguna bagi kalian.

Featured Image by Background vector created by vectorpouch – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram