Leadership adalah Kunci Roda Bisnis Tetap Jalan

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Apa itu leadership? leadership berasal dari bahasa inggris yang artinya kepemimpinan. Pimpinan adalah jabatan, sedangkan kepemimpinan atau leadership adalah nilai dari seorang pemimpin.

Leadership adalah sebuah bidang riset dan juga suatu keterampilan praktis yang mencakup kemampuan seseorang atau sebuah organisasi untuk “memimpin” atau membimbing orang lain, tim, atau seluruh organisasi (wikipedia).

Agar bisa memiliki gambaran besar terhadap konsep kepemimpinan, berikut beberapa terminologi kepemimpinan dari beberapa ahli;

Fiedler berpendapat, “leader as the individual in the group given the task of directing and coordinating task relevant group activities.” Dari pengertian tersebut menunjukkan bahwa seseorang pemimpin adalah anggota kelompok yang memiliki kemampuan untuk mengarahkan dan mengkoordinasikan kinerja dalam rangka mencapai tujuan. Fiedler dalam hal ini lebih menekankan pada “directing and coordinating”.

Kotter berpendapat, bahwa leadership adalah seperangkat proses yang terutama ditujukan untuk menciptakan organisasi atau menyesuaikannya terhadap keadaan-keadaan yang jauh berubah. Kepimpinan menentukan seperti apa seharusnya masa depan itu, mengarahkan kepada visi, dan memberikan inspirasi untuk mewujudkannya.

Sedangkan, Locke, melukiskan leadership adalah sebagai suatu proses membujuk (inducing) orang lain menuju sasaran bersama. Definisi ini mencakup tiga hal:

1. Kepemimpinan merupakan suatu konsep relasi (relation concept). Kepemimpinan hanya ada dalam proses relasi dengan dengan orang lain (para pengikut). Apabila tidak ada pengikut maka tidak ada pemimpin.

2. Kepemimpinan merupakan suatu proses. Agar bisa memimpin, pemimpin harus melakukan sesuatu.

3. Kepemimpinan harus  membujuk orang-orang untuk mengambil tindakan. Pemimpin membujuk pengikutnya melalui berbagai cara, seperti menggunakan otoritas yang terlegitimasi, menciptakan model (menjadi teladan), penetapan sasaran, memberi imbalan dan hukuman, dan mengkomunikasikan visi.

Namun apa relasi antara leadership dengan bisnis sukses? bisnis yang terus bertahan dalam sengitnya persaingan dan kemajuan?

Dari sisi internal misalnya, bisnis akan stagnan tanpa arah kepemimpinan yang jelas. Visi misi perusahaan harus selalu diingatkan oleh pemimpin, dan menuntun semua aspek dan bidang untuk menggapai visi misi tersebut.

Leadership adalah
Business photo created by freepik – www.freepik.com

“Hal yang paling penting dari kepemimpinan adalah daya dominasi khas, agar bisa mempengaruhi segala sekitar untuk mencapai tujuan awal dari kelompok”

Dari sisi eksternal misalnya, investor akan menilai karakter kuat seorang pemimpin sebuah perusahaan dalam melakukan sebuah kesepakatan.

Jadi pentingnya kedudukan nilai kepemimpinan untuk sebuah perusahaan adalah hal yang sangat urgent. Anda bisa membangun dengan tim sebuah sistem untuk melahirkan nilai kepemimpinan, bahkan bisa mengembangkannya sendiri.

Sistem yang dirancang dengan matang untuk melahirkan nilai-nilai leadership dalam perusahaan akan menjadikan roda bisnis terus berjalan dalam pusaran kemajuan.

Semoga artikel yang kami sediakan bermanfaat bagi anda.

Featured Image by Business photo created by jcomp – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram