Tips Memulai Usaha Dengan Bijak ala OrderOnline

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Pemula dalam berbisnis harus ngapain dulu sih? Apa memang harus butuh banyak modal untuk membangun sebuah bisnis? Atau ada strategi matang yang perlu dipelajari? Atau bagaimana? Pertanyaan berkembang dalam kepala, lalu berlalu begitu saja. Hanya menjadi konsep belaka. Jadi, bagaimana tips memulai usaha?

Kami merangkum beberapa tips memulai usaha dengan bijak. Bijak adalah kata yang tepat agar tidak terkesan tergesa-gesa dalam memulai sesuatu, memiliki arah dan tujuan yang jelas. Juga tidak banyak mengganggu pikiran dan emosional yang akan terkuras sia-sia.

Berikut 3 rangkuman tips memulai usaha dengan bijak ala OrderOnline;

1. Tips Memulai Usaha; Mindset Anti Gagal

Kenapa membangun mindset menjadi yang utama? Sebab tiap-tiap orang akan bergerak sesuai dengan pemahaman yang ada di isi kepala mereka.

Jika sedari awal sudah punya banyak keraguan, punya banyak pemikiran gagal, ketakutan-ketakutan yang sebenarnya tidak perlu ditakuti, dan batasan-batasan yang sebenarnya diciptakan oleh diri sendiri. Maka, yakin saja. Rumit akan cepat menghampiri, bahkan kegagalan.

tips memulai usaha
Background photo created by jannoon028 – www.freepik.com

Jadi sangat penting menanamkan bahwa segala proses yang akan dilalui adalah jalan menuju keberhasilan. Halangan-halangan yang menanti hanyalah secuil dari proses perkembangan. Bukan kegagalan.

2. Sampaikan Niat Besar Kepada Orang Terdekat

tips memulai usaha
People photo created by freepik – www.freepik.com

Baik itu orangtua, saudara, istri, suami, anak-anak, pacar, sahabat dan siapapun yang masuk dalam list orang-orang terdekat anda. Sampaikan niat besar anda, visi misi besar dalam bisnis yang akan dijalankan.

Hal ini bukan semata-mata untuk mengabarkan niat saja, melainkan salah satu pintu untuk mengabarkan pada diri anda sendiri, bahwa jalan bisnis yang akan ditempuh adalah hal yang sangat penting bagi hidup anda.

Pola ini juga akan mendukung mindset anti gagal anda, mensugesti diri sendiri, atau menyemangati diri sendiri untuk memulai hal-hal yang besar, yang mungkin akan banyak merubah perjalanan hidup anda ke depan.

3. Pilihlah Bisnis Sesuai Dengan Diri Sendiri

tips memulai usaha
Camera photo created by katemangostar – www.freepik.com

Keuntungan adalah satu hal penting dalam pencapaian bisnis, namun, tidak semata-mata membuat kita buta pada pencapaian tersebut. Unsur kebahagian dan diri sendiri adalah dasar untuk menjalankan bisnis yang sesuai dengan jati diri.

Mungkin banyak yang berpikir, jual saja yang paling laku sekarang, nggak usah muluk-muluk, atau pikir panjang.

Bisnis yang mengakar adalah bisnis yang sesuai dengan diri sendiri, sesuai dengan passion. Dengan begitu, semangat dalam diri akan menopang segala aktifitas bisnis yang kelak akan dijalankan.

Ingat! Orang-orang besar itu mencipta, bukan menjiplak.

3 poin di atas membahas pondasi atau kerangka untuk menjadi pebisnis yang bijak. Jadi kami tidak membahas hal-hal tekhnis seperti iklan, pemasaran, modal, dan sebagainya.

3 hal di atas harus tuntas dulu, sebelum melangkah ke hal-hal tekhnis.

Sekian tips memulai usaha dengan bijak ala OrderOnline. Semoga bermanfaat.

Featured Image by Business photo created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram