Digital Marketing Indonesia; Awal Perkembangannya

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Tidak dipungkiri lagi, digital marketing semakin berkembang, terkhusus digital marketing Indonesia. Hal ini sejalan dengan semakin berkembangnya dunia digital di seluruh dunia.

Arus ini tidak bisa dibendung, dan akhirnya menduduki posisi penting. Pembahasan perkembangan digital marketing Indonesia menarik untuk dibahas, mulai dari awal perkembangannya di dunia sampai kondisi sekarang.

Kenapa menarik untuk dibahas? Sebab Perkembangan digital marketing ini dapat menjadi acuan yang tepat bagi anda, untuk strategi dunia digital marketing.

digital marketing indonesia

1. Tahun 1980-an

Awal perkembangan internet di dunia terjadi sekitaran tahun 1980-an. Kemudian semakin berkembang dari tahun ke tahun. Tepat pada tahun 1986 muncullah standarisasi SQL oleh ANSI dari Amerika Serikat.

Perkembangan komputer saat itu masih sangat terbatas. Produk-produk yang dihasilkan pun masih sangat terbatas. Perusahaan menghadirkan sebatas produk yang mereka bisa buat. Penggunanya pun masih terbatas, hanya di kalangan militer saja.

2. Tahun 1990-an

Di masa inilah istilah digital marketing pertama kali dikenalkan di depan publik, tepatnya pada tahun 1990. Hal ini berawal dari adanya sebuah mesin pencarian yang diberi nama Archie. Dari mesin ini muncul gagasan hadirnya world wide web (WWW).

Setelah lahir Archie dan WWW dunia internet pun semakin nampak. Hanya dalam 2 (dua) tahun muncul berbagai promo banner sebagai iklan online. Banner-banner ini ketika di klik akan menghantarkan anda menuju postingan produk yang dipromosikan.

Pada era yang sama pula, e-commerce juga lahir. Saat itu e-commerce yang pertama kali hadir adalah situs Yahoo!. Berbagai belanja online hadir dan diakomodir oleh  Yahoo!. Saat itu internet di Indonesia mulai berjalan. IndoNet menjadi ISP komersial yang pertama hadir pada tahun 1994.

3. Tahun 2000-an

Masa ini menjadi salah satu masa yang memiliki perkembangan berarti bagi dunia digital marketing. Di masa inilah berbagai layanan online lahir dan mengakomodir kebutuhan para penggunanya. Tak hanya di era software, dunia hardware pun turut mengalami peningkatan.

Yang diketahui kemudian bahwa kondisi ini ternyata berpengaruh pada perilaku masyarakat akan dunia digital. Saat itu pembelian melalui media digital mulai banyak digunakan. Pada masa inilah kalian banyak menjumpai iklan melalui media sosial seperti facebook atau friendster. Pernah dapatkan? Saat asyik bermain facebook di masa ini.

4. Digital Marketing Indonesia; Tahun 2010-an

Tren digital terus mengalami kenaikan hingga tahun 2010-an. Begitu pula perkembangan digital marketing Indonesia. Banyaknya platform digital marketing yang lahir dan digunakan pengguna internet di Indonesia.

Dengan semakin beragamnya platform digital marketing yang lahir maka semakin memudahkan pula promosi digital marketing. Tak bisa dipungkiri bahwa masa ini menjadi masa perkembangan pesat digital marketing.

5. Digital Marketing Indonesia Saat Ini

Banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia telah menjelajahi network marketing. Teknik-teknik digital marketing mulai banyak diriset, dipelajari, dan dikembangkan. Semuanya tentu memiliki tujuan yang sama, membangun branding yang besar dan mendapatkan calon konsumen sebanyak-banyaknya dari digital marketing.

Itulah beberapa gambaran sederhana asal muasal masuknya digital marketing di indonesia, beserta perkembangannya yang telah kami sajikan untuk teman-teman.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Featured Image by Business photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram