Manajemen SDM Kurang Efektif? Ini Penanganannya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Tentu saja jika kita membahas manajemen sdm yang kurang efektif maka kelak akan menimbulkan beberapa resiko yang akan merugikan sebuah perusahaan. Sebelum membahasnya secara detail, kita simak dulu beberapa resiko manajemen sdm jika ditangani dengan kurang tepat;

1. Efektivitas menurun

manajemen sdm

Buruknya manajemen SDM akan membuat para karyawan tidak mengalami pengelolaan dengan baik dan akan berpengaruh terhadap kinerja SDM. Kinerja SDM menjadi tidak terarah dan pencapaian tujuan perusahaan tidak dapat dicapai. Kondisi yang demikian tidak akan memberikan kontribusi bagi perusahaan.

2. Struktur organisasi tidak jelas

Bila manajemen SDM tidak berjalan dengan baik maka penempatan setiap posisi pada organisasi perusahaan bisa saja melenceng. Karyawan bisa saja merasa ditempatkan di posisi yang  tidak tepat sehingga kinerjanya semakin menurun dan bahkan merugikan bagi perusahaan.

3. Pengeluaran meningkat

manajemen sdm

Jika manajemen kacau dan tidak dapat berfungsi dengan baik maka tentunya proses perekrutan akan menjadi kacau. Proses perekrutan bahkan bisa saja membutuhkan lebih banyak biaya sehingga perusahaan tidak bisa melakukan penghematan dalam hal biaya pengeluaran perusahaan.

4. Kesejahteraan karyawan terganggu

Manajemen SDM yang buruk berpengaruh pada sistem penggajian atau pengupahan. Bisa saja perhitungan gaji atau upah mengalami kesalahan sehingga merugikan karyawan dengan tidak tercapainya kesejahteraan hidup karyawan.

5. Kacaunya pengelolaan masalah

Permasalahan tidak dikelola dengan baik sehingga tidak ada solusi yang kondusif bagi karyawan. Maka bisa saja pada akhirnya karyawan memberikan tuntutan pada perusahaan hanya karena sistem manajemen yang kacau.

Penanganan Yang Tepat

manajemen sdm

Resiko manajemen SDM sebenarnya bisa ditangani dan bahkan juga bisa dicegah. Namun untuk melakukannya tentu saja diperlukan beberapa langkah yang dimulai dari;

  • Adanya tim manajemen yang kuat pada sebuah perusahaan sehingga pengelolaan SDM nantinya bisa dilakukan dengan baik dan tepat.
  • Pengelolaan SDM sebisa mungkin diusahakan agar tetap berjalan dengan baik.
  • Tidak boleh ada tumpang tindih pada satu jabatan sehingga setiap karyawan bisa bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing.
  • Setiap karyawan harus bekerja dengan semaksimal mungkin agar tujuan perusahaan dapat tercapai.
  • Selain itu komunikasi juga perlu ditingkatkan sehingga terjalin hubungan kerja yang semakin efektif.

Semoga artikel yang kami sediakan selalu bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Featured image by People photo created by cookie_studio – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram