Berjualan Online? Hadapi 5 Tantangan Berikut

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Berjualan online menjadi marak di Indonesia bahkan di dunia. Mulai dari marketplace terbesar seperti Amazon, hingga bisnis kecil dalam keluarga, teman, bahkan diri sendiri. Hal ini sudah menjadi lumrah dan akan terus bertambah seiring perkembangan waktu.

Namun, tahukah Anda bahwa banyak tantangan yang sudah menanti ketika berjualan online? Tidak hanya masalah dari dalam bisnis Anda sendiri, tapi juga dari pihak luar, bahkan yang sama sekali tidak berhubungan dengan Anda sama sekali.

Jangan sampai tantangan-tantangan tersbut membuat bisnis Anda down. Anda harus mempersiapkan segala kemungkinan untuk menghadapinya.

Nah, Berikut telah kami rangkum 5 (lima) tantangan yang harus dihadapi saat berjualan online:

1. Perkembangan Teknologi
berjualan online

Coba bayangkan, apa jadinya bisnis online Anda tanpa pengaruh teknologi. Mulai dari proses awal sampai produk tiba ke Customer, teknologi selalu punya andil.

Namun, semakin hari, teknologi semakin berkembang, sangat pesat. Anda sebagai pebisnis harus melek akan hal ini, memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya.

Seperti iklan, marketing, dan hal-hal tekhnis yang akan memajukan bisnis online Anda. Jika Anda tidak menganggap penting andil teknologi, maka yakin saja, bisnis akan jauh tertinggal.

2. Masalah Keuangan

Apapun jenis jualan online yang Anda jalankan, keuangan selalu menjadi pondasi yang paling berpengaruh. Jika Anda tidak bisa memanage keuangan, ini akan menjadi masalah yang akan menyebabkan pola bisnis akan terhenti.

Akan memengaruhi produksi barang, promosi, dan lain sebagainya. Belum lagi jika memikirkan pembagian gaji karyawan dan biaya-biaya tekhnis lainnya.

Anda harus benar-benar membuat pembukuan yang detail. Dimana pemasukan, pengeluaran, dan biaya lainnya tercatat tanpa ada yang terlewat satupun.

3. Kompetitor
berjualan online

Kompetitor sebenarnya tidak hanya menjadi pesaing saja, tapi juga bisa menjadi pembelajaran bagi bisnis yang Anda jalankan. Anda bisa melihat bagaimana cara mereka berjualan, cara mereka mempromosikan produk, menarik customer dan banyak lagi lainnya dalam hal penjualan online yang bisa diterapkan ke dalam bisnis sendiri.

Namun sebaliknya, kompetitor juga biasanya menjadi pihak terdepan yang akan menggeser bisnis Anda, apalagi jika punya model bisnis yang sama namun kompetitor jauh lebih banyak punya modal dan ahli dalam marketing.

4. Penipuan

Penipuan sebenarnya tidak hanya menerpa pembeli saja, namun penjual pun seringkali bisa terkena penipuan. Anda dan Tim harus mempunyai prosedural ataupun SOP untuk mencegah hal-hal penipuan terjadi. Selain merugikan bisnis Anda, ini juga akan menjadi bukti bahwa bisnis Anda jauh dari kata perlindungan yang aman.

5. Konsumen Rumit

Apalah artinya berjualan tanpa kehadiran konsumen? Di dalam bisnis, Anda pasti akan selalu menemukan berbagai tipe konsumen yang tidak semuanya bisa diurus dengan mudah.

Namun, disinilah seni berjualan. Menghadapi segala macam konsumen dengan tenang dan sesuai prosedur. Anda harus selalu mampu mengurus mereka semua karena memang beginilah tantangan berjualan online.

Tantangan dalam berjualan online telah Anda ketahui, segera hadapi dan kembangkan bisnis Anda.

Featured Image by People photo created by yanalya – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram