OrderOnline.id Bagi Tips Tentang Strategi Winning Product dengan Para Seller

Brodi Bandung

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Bandung, 9 Desember 2022 – Sebagai lanjutan BRODI series pertama di wilayah Bandung, OrderOnline.id kembali mengadakan forum diskusi dengan para seller untuk membahas tentang materi produk dan strategi penjualan.

 

Pada acara ini perwakilan OrderOnline.id yang hadir memaparkan materi yaitu Dhanu Dewantara (Customer Succes Supervisor) membahas tentang Fitur OrderOnline.id, Muhammad Syarif Hidayat (Insight Manager) membahas tentang Winning Product 2022 dan Destiyan Putra (Digital Marketing Specialist) membahas tentang Ads yang meliputi materi digital marketing serta scale-up. Acara ini bertempat di Hafa Warehouse dengan dihadiri 38 peserta.

 

Acara series BRODI kali ini lebih membahas segi materi dan insight yang dapat dimanfaatkan oleh para seller untuk meningkatkan profit bisnis mereka kedepannya. Mulai dari membahas tentang pemanfaat fitur-fitur yang ada di layanan OrderOnline.id, hingga strategi Ads. Salah satu bahasan yang menarik dan banyak ditunggu pada diskusi ini yaitu materi Winning Product.

 

 

Winning Product 2022

 

Berbicara tentang Winning Product maka akan berkaitan dengan jenis produk, sehingga business owners perlu riset untuk tahu jenis produk yang paling dibutuhkan oleh konsumen agar strategi winning product yang ditawarkan ke pembeli lebih efektif.

 

Dayat selaku Insight Manager di OrderOnline.id memamparkan ada 3 jenis produk yang bisa jadi referensi para seller untuk dijual, seperti Fashion, Kesehatan, dan Kecantikan. Berdasarkan riset populix, ketiga jenis produk tersebut saat ini dapat dibilang cukup laris dan banyak dijual lewat platform marketplace atau bahkan OrderOnline.id.

 

Menurut Dayat, jika para seller ingin fokus pada bidang Fashion, jenis product yang memiliki keuntungan besar adalah Baju, Celana dan Sneakers. Salah satu use case nya bisa di cek pada library Facebook, saat ini mayoritas mulai beralih ke produk sepatu sejenis yang nyaman untuk dipakai.

 

“Kalo temen-temen mau ngejar fashion, saya ngajuinnya kalau mau bikin mending bikin brand sendiri dengan asumsi barangnya itu baju, celana, dan buat sepatunya itu sneakers, maka dari itu saat saya cek library nya facebook sekarang mulai banyak produk-produk sepatu yang nyaman dipakai”, ungkap Dayat.

 

Selain menjelaskan tentang winning product, Dayat juga memberi tips agar para seller untuk menerapkan strategi dengan metode pembayaran COD. Metode pembayaran COD yang berasal dari fitur Logistik di OrderOnline.id mencapai persentase sebesar 90,4%, sisanya Non-COD dengan persentase 9,6%. Sehingga dengan persentase tersebut bisa jadi acuan para seller untuk meningkatkan penjualannya.

 

Edukasi fitur-fitur OrderOnline.id

 

Selain membahas tentang Iklan dan Insight, diskusi dengan para seller kali ini juga turut mengulas tentang fitur-fitur OrderOnline.id. Edukasi tentang fitur OrderOnline.id menjadi salah satu fokus dari Tim OrderOnline untuk membantu para seller dapat mengoptimalkan fasilitas yang ada di platform OrderOnline.id.

 

Dhanu Dewantara selaku Customer Success Supervisor OrderOnline.id mengungkapkan rasa para seller kali ini antusias untuk berdiskusi. Menurutnya fitur OrderOnline.id tidak cukup dibahas dengan waktu yang singkat.

 

Menurutnya, edukasi fitur OrderOnline.id sangat penting untuk menunjang kebutuhan para seller yang merupakan pengguna platform OrderOnline.id, termasuk mendukung goals dari para seller untuk melakukan penjualan online.

 

“Edukasi terkait fitur-fitur OO ini bisa menunjang penuh terkait penggunaan platform user dari orderonlinenya sendiri jauh lebih dari sekedar user, tapi dia bener bisa goals untuk meraih cita-citanya dia atau jualannya dia jauh lebih melonjak. Tidak hanya sekedar iklannya saja, tapi fiturnya dulu deh, terkait kontennya dan apa jadi harapannya sampai goals lah”, jelas Dhanu.

 

Strategi Mengiklankan Produk

 

Algoritma pemasaran digital memang sukar untuk ditentukan, namun salah satu solusi yang bisa dipakai oleh para seller dengan melakukan A/B testing. Dengan A/B testing, seller bisa menentukan budget yg ideal atau yang cocok agar dapat keuntungan dengan pengeluaran yang minim namun mendapatkan banyak leads atau conversion.

 

Budget, menjadi indikator yang penting namun Destiyan Putra selaku Digital Marketing Specialist di OrderOnline.id menyarankan agar para seller bahwa budget ideal hitungannya ada 50rb atau 100rb per ads set.

 

“Terus budget ideal untuk startingnya berapa sih, untuk berapa ads set hitungan idealnya ada 50rb – 100rb per ads set. Jadi ketika tadi udah dapat 3 result, spent budgeting dari 300rb 20% dari budget awal”, pungkas Destiyan. (Robi)

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram