5 Komponen Bisnis Online Yang Harus Dipahami

5 Komponen bisnis yang perlu di perhatikan oleh pebisnis online

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Dalam pengertian secara harfiah, hal-hal terpenting yang melengkapi usaha anda disebut komponen bisnis. Selain itu, ada juga yang menyebut sebagai elemen untuk memperlancar bisnis/usaha online anda. Lalu, Apa saja komponen bisnis online?

Dengan anda mengetahui komponen dalam berbisnis maka anda dapat mengelola bisnis anda kedepannya. Terbukti bahwa orang yang gagal mengelola bisnis dikarenakan tidak memahami komponen penting dalam berbisnis, khususnya online.

Sehingga, bisa disimpulkan bahwa komponen bisnis online adalah hal yang harus anda perhatikan dalam mengelola bisnis online. Karena, mendirikan toko online saat ini sangatlah mudah. Tetapi, masih ada yang melupakan beberapa komponen penting dalam bisnis online.

5 komponen bisnis online yang harus diperhatikan

Untuk mengetahui apa saja komponen di dalamnya, simak penjelasannya berikut ini!

1. Channel/Platform Toko 

Illustrasi Platform

Komponen pertama adalah dengan memperhatikan tempat anda akan berjualan. Untuk memperlancar bisnis online, anda harus memiliki channel atau platform untuk mempromosikan usaha anda. Saat ini sudah tersedia banyak platform seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, orderonline.id dll.

Selain itu channel yang tersedia saat ini sudah banyak yang gratis dan mudah diakses oleh masyarakat. Entah itu melalui website, media sosial ataupun siaran langsung (streaming video). Jadi, pilihlah channel yang mudah diakses masyarakat untuk melihat bisnis anda.

2. Kerjasama atau Kemitraan

Illustrasi kerjasama dan Kemitraan

Bisnis online saat ini tidak menutup kemungkinan untuk menjual barang yang diproduksi orang lain. Jadi, banyak pemilih bisnis yang melakukan Kerjasama untuk meningkatkan profit maupun brand awareness. Dengan begitu, bisnis online akan berjalan dengan lancar.

Kerjasama atau kemitraan saat ini sudah beragam jenisnya, seperti agen pemasok, distributor hingga influencer. Jadi, tidak heran jika para pelaku bisnis online memiliki Kerjasama yang baik yang dapat mengembangkan usahanya.

     Baca Juga: Cara Mendapatkan Baju Murah Untuk Reseller Tangan Pertama

3. Konsumen/Customer Relationship

Illustrasi Consumer Relationship Management/CRM

Komponen bisnis online selanjutnya adalah dengan memperhatikan konsumennya. Menjaga, menjalin hubungan dan mengayomi konsumen adalah bentuk dari customer relationship. Semakin dekat dan kuat hubungan anda dan konsumen, maka mereka menjadi pelanggan tetap.

Dengan begitu, mereka akan betah untuk belanja di tempat anda dan menjadi pelanggan tetap. Banyaknya bisnis online yang ditinggal konsumen dikarenakan mereka tidak menjalin dan menjaga komunikasinya. Jadi, jangan sepelekan hubungan baik anda dengan konsumen yah!

4. Jasa Ekspedisi

Illustrasi Jasa ekspedisi atau jasa kirim paket

Komponen penting berikutnya dalam menjalankan bisnis online adalah ekspedisi. Ekspedisi merupakan bagian terpenting, karena mereka menjadi pihak yang mengirim produk anda. Mereka akan mengirim barang yang anda jual secara online sampai ke tangan para customer.

Jasa ekspedisi tidak hanya tersedia antar daerah saja, melainkan harus bisa antar provinsi maupun negara. Hal ini menjadi komponen penting ketika anda memiliki usaha online. Karena, jika tanpa mereka maka usaha online anda tidak bisa berjalan dengan lancar.

         Baca Juga: STP Adalah: Definisi dan Langkah Penerapannya

5. Evaluasi Usaha

Illustrasi Evaluasi Usaha

Komponen yang terakhir adalah evaluasi usaha yang dilakukan secara rutin. Evaluasi usaha dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi bisnis anda apakah Sudah mencapai tujuan atau belum. Dengan begitu, anda dapat mengetahui apa yang perlu diperbaiki.

Evaluasi usaha dilakukan paling tidak dua kali dalam satu tahun, jangan dilakukan setiap bulan. Komponen-komponen di atas harus anda terapkan ketika menjalankan usaha/bisnis. Tujuannya adalah untuk meningkatkan dan memperlancar bisnis anda untuk waktu yang lama.

Illustrasi Kesimpulan Artikel

Itulah kelima komponen yang harus anda utamakan ketika memiliki usaha/bisnis, khususnya di bidang online. Dari sekian banyaknya komponen ada yang bukan termasuk komponen bisnis online adalah produk. Karena, produk setiap usaha dapat berbeda dan tidak bisa disamakan.

Kelima komponen bisnis online antara satu dengan yang lain akan berkesinambungan. Karena memiliki peran yang penting setiap komponennya, sehingga jangan anggap remeh yah! Semoga bermanfaat!       Baca Juga: Brand awareness adalah: Pentingnya dan Cara Meningkatkannya

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram