6 Cara Kreatif Menaikkan Conversion Rate Website Anda

Meningkatkan conversion rate

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Apakah Anda tahu apa itu conversion rate dan bagaimana cara kreatif menaikkan conversion rate pada website? Nah, pada artikel kali ini Anda akan mempelajarinya secara lengkap. Bukan hanya pengertian, tapi juga langkah melakukan optimasi conversion rating. 

Conversion rate adalah persentase pengunjung situs website dari keseluruhan pengunjung yang melakukan tindakan menguntungkan dan penyelesaian tujuan yang diinginkan atau konversi dari total jumlah pengunjung yang ada, seperti misalnya melakukan pembelian. 

Berikut Cara Kreatif Menaikkan Rating

Biasanya, penyebab rendahnya ada dua. Pertama, desain situs web Anda dan halaman landing page mempersulit atau tidak efisien. Kedua, penawaran Anda tidak masuk akal. Contohnya, terlalu mahal atau mungkin tidak cukup berharga bagi audiens. 

Lantas, bagaimana cara meningkatkan conversion rate? Berikut ini beberapa panduan dan tips-tips yang dapat Anda terapkan. 

1.Membuat CTA Berupa Teks di Blog

Call To Action (CTA) adalah seluruh instruksi yang dibuat agar pengunjung melakukan aktivitas pada konten Anda. Dengan menguji CTA pada halaman web, Anda dapat melihat seberapa besar pengaruh perubahan yang dapat dilakukan. 

Adapun menurut penelitian yang dilakukan Hubspot, 93 leads mereka ternyata berasal dari CTA yang ada dalam bentuk teks. Sementara CTA dalam bentuk banner yang ada di akhir blog hanya mempunyai menyumbang 6% leads saja. 

Baca juga: Penempatan CTA yang Baik? Berikut Tipsnya!

2. Manfaatkan Pop Up

Cara kreatif menaikkan conversion rate selanjutnya adalah menggunakan pop up. Dalam hal ini, Anda dapat mengatur tampilan pop up pada halaman situs web yang memiliki potensi dalam memberikan tingkat rating yang cukup tinggi. 

3. Membuat Konten yang Relevan dan Menarik

Salah satu hal yang mempengaruhi conversion rate adalah membuat konten yang menarik. Ketika seseorang mengklik situs Anda setelah melihat iklan atau membaca meta description Anda di Google, ini berarti pengunjung tersebut tertarik dengan situs Anda. 

Maka dari itu, Anda harus memenuhi harapan audiens sesuai dengan apa telah dijanjikan di dalam meta description atau iklan yang telah Anda buat sebelumnya. 

Baca juga: Konten? Kenapa Harus Bikin Setiap Hari?

4. Melakukan Uji Coba Landing Page

Landing page merupakan halaman pada situs web yang dibuat untuk meningkatkan tingkat konversi pada bisnis. Dengan kata lain, landing page merupakan elemen penting menentukan tingkat conversi yang akan Anda peroleh. 

Cara kreatif menaikkan conversion rate yang bisa Anda lakukan ialah dengan membuat dua versi landing page, lalu lakukan uji coba pada keduanya. Setelah itu, perhatikan mana yang dapat meningkatkan rating website Anda. 

5. Melakukan A/B Testing

Tips meningkatkan conversion rate yang bisa Anda coba berikutnya adalah melakukan A/B testing, yaitu salah satu teknik pengetesan dua versi dari salah satu komponen website untuk menaikkan conversion rate. 

Cara ini bisa Anda terapkan jika memiliki dua opsi headline untuk halaman utama web dan ingin memilih dengan tepat, cobalah terapkan teknik A/B testing. Maka Anda akan mengetahui headline mana yang lebih cocok. 

6. Menambahkan Live Chat

Strategi conversion rate yang terakhir adalah dengan menambahkan fitur live chat. Kenapa menambahkan fitur ini penting? Dengan fitur live chat, Anda bisa meningkatkan layanan pelanggan dan customer journey, serta mengurangi kekhawatiran calon pelanggan. 

 

Nah, itu dia beberapa cara kreatif menaikkan conversion rate yang dapat dilakukan guna mengoptimalkan website Anda. Ingat, jika semakin banyak orang yang mau melakukan conversion, maka akan semakin tinggi juga keuntungan yang akan diperoleh. 

Kunjungi juga: OrderOnline – Tingkatkan Bisnismu

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram