7 Aplikasi Manajemen Terbaik Untuk Bisnis Online

Aplikasi manajemen bisnis untuk pebisnis online

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Ada yang mau memulai bisnis tapi bingung bagaimana caranya? Sebagai pebisnis pemula biasanya membutuhkan bantuan aplikasi manajemen terbaik untuk bisnis online agar lebih mudah. Aplikasi tersebut memiliki fitur lengkap yang akan memudahkan aktivitas bisnis.

Beberapa contoh fitur yang terdapat pada aplikasi adalah membuat jadwal, mengatur keuangan, membuat to do list, dan sebagainya. Tentu pekerjaan Anda akan terbantu jika menggunakan aplikasi manajemen bisnis di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Manajemen Bisnis

Sekarang di zaman yang serba digital ini tentu mengelola bisnis akan menjadi lebih mudah dengan bantuan aplikasi. Selain karena kelengkapan fiturnya, setiap aplikasi juga memiliki spesifikasi canggih yang dapat meningkatkan kinerja.

1. OneNote

Microsoft one note yang bisa dipakai untuk mengatur bisnis online

Aplikasi manajemen bisnis pertama adalah OneNote yang merupakan produk dari Microsoft. OneNote adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mencatat secara gratis. Tidak hanya bisa membuat catatan berupa teks saja melainkan juga gambar, checklist, dan to do list.

Salah satu keunggulan dari aplikasi manajemen terbaik untuk bisnis online ini adalah menyediakan ruang penyimpanan yang besar yaitu 5 GB dan ada opsi education sebesar 1 TB. Contoh fiturnya adalah organize yang akan membantu Anda untuk membuat catatan keuangan secara digital.

2. Microsoft Planner

Microsoft Planner pun bisa digunakan untuk pengaturan project management pada bisnis

Masih produk dari Microsoft yaitu Microsoft Planner yang merupakan sebuah aplikasi berupa papan tulis online. Menggunakan aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk mengatur dan memantau kinerja dari karyawan.

Keunggulan dari Microsoft Planner ini adalah setiap ada pembaruan akan muncul pemberitahuannya lewat email. Anda juga bisa mengatur jadwal menggunakan Microsoft Planner yang dibuat dalam metode mingguan dan bulanan.

Aplikasi bisnis online gratis ini juga memiliki fitur pemberitahuan tanggal jatuh tempo, artinya jika ada tugas yang harus selesai minggu depan maka aplikasi akan mengirim pengingat.

3. Mekari Jurnal

Rekomendasi aplikasi untuk menunjang bisnis online lainnya adalah Mekari Jurnal. Mekari Jurnal merupakan software yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti laporan bisnis dan keuangan yang bisa Anda pantau langsung melalui dashboardnya.

Pengguna bisa mencatat, membuat pembukuan uang masuk dan keluar serta laporan untung rugi. Tentu saja aplikasi manajemen terbaik untuk bisnis online ini akan mendukung bisnis Anda dengan fitur-fitur lainnya.

4. Aplikasi Mobile Banking

Aplikasi Mobile Banking untuk membantu proses pencatatan keuangan

Aplikasi mobile banking penting untuk meningkatkan performa bisnis Anda karena bisa digunakan untuk proses transaksi. Penjualan secara online bisa membayar lewat aplikasi mobile banking sehingga tidak perlu bolak-balik mengecek kiriman dari pelanggan.

Ada banyak fitur yang tersedia di dalam aplikasi bisnis online shop ini yaitu layanan informasi mengenai saldo, mutasi rekening, lokasi atau bank cabang, layanan untuk transfer dan fitur-fitur lainnya.

5. Whatsapp Business

Whatsapp business sebagai aplikasi CRM pada bisnis online

Aplikasi berikutnya adalah Whatsapp Business yang juga banyak digunakan oleh pebisnis. Biasanya orang yang menggunakan bisnis ini adalah pengusaha kecil, namun apabila usahanya sudah besar maka bisa menggunakan Whatsapp Business Platform atau API.

Ada beberapa fitur dalam aplikasi WA Business yaitu rotator, asisten virtual chat, integrasi omnichannel, laporan analitik, Whatsapp Blast, serta otomatisasi Whatsapp.

6. Slack

SLack untuk meninjau dan mengatur task dari anggota tim

Contoh aplikasi bisnis yang berikutnya adalah Slack. Slack merupakan aplikasi yang cocok untuk penunjang komunikasi dengan pelanggan. Ada beberapa fitur dalam aplikasi Slack yaitu fast respon dengan agen, fitur komunikasi dengan pelanggan, dan sebagainya.

7. Trello

Trello untuk management project pada bisnis online

Terakhir adalah Trello yang akan membantu usaha semakin berkembang. Anda bisa memantau bagaimana kinerja tim melalui aplikasi ini untuk berkolaborasi dan mengelola proyek. Contoh fiturnya adalah up to 10 boards per Workspace, unlimited power Ups per board dan sebagainya.

Penutup

Manajemen terbaik untuk bisnis online sebaiknya menggunakan bantuan aplikasi di atas. Aplikasi tersebut akan menunjang produktivitas sekaligus memantau kinerja pegawai, apalagi beberapa aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis, namun ada satu platform yang menyediakan semua fitur diatas dalam satu dashboard yaitu orderonline.id

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram