Contoh Strategi Pemasaran Yang Wajib Dicoba!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Sebelum membahas apa saja contoh strategi pemasaran yang wajib dicoba. Bagi kalian yang ingin memulai merintis sebuah bisnis, atau yang telah menjalankan sebuah bisnis. Ada baiknya kita pahami dulu pengertiannya.

Mari kita bahas satu per satu. Pertama adalah pengertian strategi. Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu (wikipedia).

Yang kedua adalah pemasaran. Pemasaran adalah aktivitas, serangkaian institusi. Dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

Nah, jika digabungkan dalam pendefinisian keduanya, maka kurang lebih pengertian strategi pemasaran adalah sebuah cara strategis untuk menyampaikan nilai kepada target tujuan.

Untuk lebih meyakinkan lagi, berikut beberapa teori pemasaran dari ahli;

  • Menurut Hermawan Kertajaya dalam bukunya Rethinking Marketing, pemasaran adalah sebuah konsep bisnis strategis yang bertujuan untuk meraihkepuasan berkelanjutan bagi ketiga stakeholder utama yaitu : pelanggan, orang-orang dalam organisasi itu, serta pemegang saham. Marketing adalah jiwanya, bukan sekedar bagian dari tubuh organisasi;
  • Menurut Nitisemito Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan pada usaha untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran;
  • Menurut Hasyim, pemasaran adalah semua kegiatan yang bertujuan untuk memperlancar arus barang atau jasa dari produsen ke konsumen secara paling efisien dengan maksud untuk menciptakan permintaan efektif;
  • Pemasaran adalah proses manajerial yang didalamnya, individu serta kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan saling mempertukarkan produk-produk dan nilai satu sama lain (Koller dan Amstrong);

Dalam penjelasan di atas, kita sudah bisa mendapatkan gambaran besar terhadap apa substansi dari strategi pemasaran.

Nah, Sekarang kami akan membahas beberapa contoh strategi pemasaran yang wajib anda coba;

1. Kenali Dengan Baik Target Market

Lakukanlah sebuah riset target market agar dapat dapat menemukan dan memilih segmentasi pasar yang tepat sehingga produk Anda dapat berkembang pesat pada pasar tersebut.

Jangan melangkah ke cara selanjutnya sebelum memahami benar target anda sendiri, ini adalah satu hal yang sangat penting.

2. Iklan Dengan Cara Yang Tepat

contoh strategi pemasaran
Design vector created by freepik – www.freepik.com

Banyak pebisnis menghabiskan dana yang tidak sedikit dalam melakukan iklan atau promosi, namun hasilnya sama saja, tidak ada perkembangan yang signifikan.

Iklan dengan cara yang tepat adalah iklan yang mengenai market dari produk yang kita jual, dengan cara yang kreatif, dan secara konsisten. Perhatikan dengan baik copywriting, gambar, dan target.

3. Menjalin Ikatan Dengan Pelanggan Adalah Contoh Strategi Pemasaran

Pelanggan adalah raja! Jangan sungkan memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda. Tanggapi saran atau keluhan mereka. Memberikan diskon ataupun award kepada pelanggan setia juga pilihan yang tepat. Jika Anda konsisten melakukan hal tersebut, yakin dan percaya pelanggan akan merekomendasikan sendiri produk Anda kepada orang lain secara sukarela.

Sekian pembahasan kali ini, tetap ikuti perkembangan dari artikel-artikel yang kami share.

Featured Image by People photo created by pch.vector – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram