Cara Bisnis Online Tanpa Modal Besar dan Contohnya

Cara-Bisnis-Online

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Kini bisnis dan usaha online sedang berkembang dengan pesat dan diminati banyak orang. Lalu, apakah Anda juga berminat untuk memulai bisnis online? Jika ingin memulai bisnis online, maka pelajari cara bisnis online agar dapat memulai bisnis atau usaha online tersebut dengan langkah tepat.

Jualan online apa yang paling laris? Bagaimana cara bisnis online? Apa saja contoh bisnis yang dapat dijalankan secara online? Jawaban dan penjelasan dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat diperoleh dengan membaca artikel bisnis online di bawah ini!

Pengertian dan Jenis Bisnis Online

Bisnis Online

Apa yang dimaksud dengan bisnis atau usaha online? Usaha atau bisnis online adalah suatu kegiatan usaha yang dijalankan secara online menggunakan teknologi digital untuk mencapai tujuan tertentu, seperti keuntungan secara finansial.

Peluang bisnis online saat ini cukup tinggi dan menjanjikan terlebih karena dukungan berbagai teknologi digital, seperti internet, berbagai software, media sosial, media digital, dan lain sebagainya. Cara kerja bisnis online yang bisa dikerjakan dari mana saja juga membuat usaha ini banyak diminati.

Apa saja jenis bisnis online? Terdapat berbagai pilihan jenis bisnis online yang dapat dijalankan dengan modal besar, modal terbatas, bahkan tanpa modal sekalipun. Berikut ini jenis-jenis bisnis online yang bisa menjadi pilihan untuk Anda, yaitu:

  • Bisnis online software
  • Bisnis online berbagai jenis jasa
  • Bisnis online berjualan produk kosmetik
  • Bisnis online kosmetik
  • Bisnis online baju
  • Bisnis online makanan atau kuliner
  • Bisnis online jualan aneka produk

Masing-masing jenis bisnis online tersebut tentu saja memiliki karakteristik, modal, cara kerja, kelebihan, dan kekurangan tersendiri.

Baca juga: Mudah Memahami Laporan Bisnis dengan Smart Reporting OrderOnline

Keuntungan Menjalankan Bisnis Online

Banyak orang tertarik menjalani bisnis online karena menghasilkan banyak keuntungan dari segi finansial maupun keuntungan lainnya. Keuntungan tersebut tentunya bisa diperoleh ketika Anda mempelajari cara bisnis online untuk pemula dengan tepat.

Memangnya, apa saja keuntungan dari menjalankan bisnis online? Berikut ini beberapa keuntungan atau manfaat bisnis online, yaitu:

1. Modal yang Diperlukan Tidak Besar

Salah satu kelebihan dari bisnis online adalah membutuhkan modal yang tidak terlalu besar dibandingkan dengan bisnis offline. Anda bisa lebih menghemat tempat, media promosi, dan lain sebagainya.

Bisnis online berupa jualan jasa bahkan memerlukan modal peralatan yang lebih sedikit tergantung jasa yang akan dijual.

Selain itu, beberapa bisnis online bahkan tidak membutuhkan modal uang sama sekali untuk memulainya. Jualan apa yang tanpa modal? Contohnya berjualan aneka produk secara online dengan sistem dropship, menjalani bisnis affiliate, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Bisnis Online Tanpa Modal Besar dan Contohnya

2. Jam Kerja Bisnis Online Lebih Fleksibel

Keuntungan lainnya yang bisa diperoleh dari menjalankan bisnis online adalah Anda bisa mengatur waktu lebih fleksibel. Bisnis online dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, tidak terbatas oleh ruang serta waktu tertentu seperti bisnis offline.

3. Banyak Media Digital yang Dapat Dimanfaatkan

Perkembangan teknologi dunia digital membuat semakin berkembangnya media digital yang dapat digunakan untuk menjalani bisnis online. Misalnya, website, media sosial (YouTube, Instagram, TikTok, WhatsApp), software tertentu, dan berbagai media digital lainnya.

Masing-masing media digital pastinya memiliki fitur yang membuat bisnis online dapat dijalani dengan lebih mudah.

4. Jangkauan Target Pasar Lebih Luas

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh adalah bisnis online dapat menjangkau lebih luas target pasar tanpa terbatas ruang. Hal ini karena semua usaha atau strategi penjualan dilakukan secara online menggunakan media digital.

5. Memiliki Kesempatan Memperoleh Keuntungan Besar

Bisnis online yang dijalani juga dapat memberikan keuntungan secara finansial. Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh untung yang lebih besar dengan berjualan produk atau jasa secara online. Tentunya besar keuntungan sangat tergantung dari strategi bisnis yang dijalankan.

Baca juga: OrderOnline; Solusi Bisnis Online!

Langkah-langkah Cara Bisnis Online Menguntungkan

Setelah mengetahui keuntungan bisnis online, pastinya Anda semakin tertarik untuk membuka bisnis online. Memangnya, bagaimana cara memulai bisnis online? Nah, berikut ini langkah-langkah dalam cara bisnis online tanpa modal yang harus Anda ketahui, yaitu:

1. Melakukan Survei Kebutuhan Pasar

Cara awal memulai usaha adalah mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan konsumen pada saat ini. Langkah ini sangat efektif dan efisien untuk menemukan produk atau jasa yang tepat dan memiliki peluang tinggi diminati banyak orang.

Cara mencari informasi kebutuhan masyarakat atau pasar dapat dilakukan melalui survei atau informasi dari berbagai sumber lainnya. Misalnya, internet, diskusi dengan orang lain, membaca berita, melihat keadaan sekitar, dan lain sebagainya.

Tahapan ini memang membutuhkan perasaan peka dan sensitif untuk menentukan dengan tepat apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh pasar atau masyarakat luas.

2. Melakukan Riset Keyword dan Menentukan Target Pasar

Cara bisnis online selanjutnya adalah melakukan riset keyword untuk mengetahui tren bisnis online. Artinya, mencari tahu keyword seperti apa yang digunakan masyarakat ketika mencari solusi atas produk/ jasa yang menjadi kebutuhan mereka.

Riset keyword ini bukan hanya berupa kata kunci saja, tetapi terkait juga dengan volume pencarian, lokasi pencarian, dan lain sebagainya. Hal ini nantinya akan bermanfaat untuk menentukan target pasar dengan lebih spesifik.

Target pasar secara spesifik memang sangat penting ditentukan agar penjualan produk atau jasa lebih terarah.

Beberapa tools atau alat yang dapat digunakan untuk melakukan riset kata kunci adalah Ubersuggest, Ahrefs, Semrush, Google Trends, dan lain sebagainya.

3. Menentukan Produk atau Jasa yang Akan Dijual

Setelah mengetahui kebutuhan, keyword, dan target pasar, maka Anda bisa menentukan produk atau jasa yang akan dijual secara online. Mencari berbagai inspirasi ide usaha online dapat menjadi salah satu cara menentukan produk atau jasa yang akan dijual sesuai kebutuhan pasar.

Usaha online menguntungkan sangat beragam. Anda bisa memilih produk fisik, produk digital, atau jasa untuk dijual secara online. Contoh produk fisik yang bisa dijual online adalah makanan kering, baju, kosmetik, buku, perlengkapan bayi, furniture, alat elektronik, dan lain sebagainya.

Sementara contoh produk digital yang bisa dijual online dapat berupa berbagai jenis software atau e-book. Anda juga bisa menjual jasa tertentu secara online, seperti jasa digital art, desain grafis, menulis konten, copywriting, admin media sosial, dan lain sebagainya.

Apa pun jenis jasa atau produk yang akan dijual secara online, Anda tetap harus memilihnya berdasarkan kebutuhan masyarakat, riset keyword, dan target pasar yang sudah ditentukan sebelumnya.

4. Analisis Kompetitor Produk atau Jasa Serupa

Anda juga harus melakukan analisis kompetitor dari produk atau jasa yang akan dijual. Cara bisnis online yang satu ini merupakan salah satu strategi melawan kompetitor yang sudah ada sebelumnya. Kompetitor yang dimaksud adalah penjual produk atau jasa serupa dengan milik Anda.

Bagaimana cara melakukan analisis kompetitor dengan tepat? Anda bisa memilih beberapa kompetitor dan mengelompokkannya menjadi beberapa kelompok, yaitu:

  • Kompetitor utama (produknya mirip milik Anda dengan target pasar yang sama)
  • Kompetitor sekunder (produk sama dengan bisnis Anda, tetapi target pasar berbeda)
  • Kompetitor tersier (produk tidak secara langsung berhubungan dengan target pasar Anda)

Setelah mengelompokkannya, Anda bisa mulai mencari tahu segala informasi tentang kompetitor. Misalnya, deskripsi produk atau jasa yang dijual, cara penjualan, strategi penjualan, promosi, dan berbagai informasi lainnya.

Informasi tentang kompetitor tersebut dapat diperoleh dengan membuka website, media sosial, dan media digital lainnya yang digunakan kompetitor untuk berjualan. Anda juga bisa langsung mencoba membeli produk atau jasa dari kompetitor untuk analisis lebih lanjut.

Seluruh informasi yang diperoleh dari analisis kompetitor dapat digunakan untuk menjadi inspirasi dalam membangun bisnis online Anda.

5. Mempersiapkan Identitas Bisnis Online

Cara bisnis online selanjutnya adalah mempersiapkan identitas bisnis online yang akan dijalani. Identitas bisnis online yang dimaksud berupa nama, alamat, jenis-jenis produk, customer service, deskripsi masing-masing produk, logo, desain, dan lain sebagainya.

Bisnis online untuk pemula harus memiliki identitas bisnis yang jelas, unik, menarik, dan pastinya belum dimiliki atau digunakan oleh siapa pun.

6. Menentukan Supplier dan Metode Penjualan

Cara bisnis online shop selanjutnya adalah menentukan supplier dari produk atau jasa yang akan dijual. Anda bisa mencari dan bekerja sama dengan supplier yang sudah memproduksi produk atau jasa dalam skala besar agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Namun, pastikan untuk memilih supplier yang berkualitas dan tanggung jawab atas produknya.

Selain itu, Anda sebenarnya juga bisa menjadi produsen sendiri atas produk atau jasa yang dijual. Namun, pastinya diperlukan pengalaman dan keahlian ketika akan membuat produk atau jasa sendiri. Keuntungan menjadi supplier sekaligus penjual adalah produk yang dijual lebih unik.

Selain itu, Anda juga bisa menjual produk atau jasa dengan harga yang sesuai untuk mendapat lebih banyak keuntungan. Tantangan terbesar ketika menjadi produsen sekaligus penjual adalah memperkenalkan brand produk kepada masyarakat luas.

Cara jualan online atau metode penjualan juga harus ditentukan sejak awal agar tidak salah dalam mengambil langkah. Sebagai pemula bisnis online, Anda bisa langsung menjual produk ke customer. 

Nantinya, metode jualan online dapat dikembangkan dengan membuka kesempatan orang lain untuk menjadi reseller, dropshipper, distributor, dan lain sebagainya.

Baca juga: Dropshipper? Apa Aja Keuntungannya? 

7. Mempersiapkan Berbagai Media Digital

Bisnis online tentu saja dijalani secara online melalui berbagai media digital. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan berbagai media digital yang akan digunakan untuk berjualan.

Misalnya, cara bisnis online di Shopee atau marketplace lainnya, maka Anda harus mendaftarkan diri menjadi penjual di marketplace tersebut.

Setelah itu, bangun toko online di marketplace dengan teknik-teknik tertentu. Buat online shop menjadi lebih menarik perhatian calon konsumen.

Media digital lainnya yang perlu dipersiapkan adalah website untuk bisnis online. Anda bisa membuat website sendiri dengan mengikuti panduan pembuatan website di internet. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan website dengan membayar biaya tertentu.

Selain website, berbagai jenis media sosial untuk jualan online juga harus dibuat. Misalnya, Instagram, TikTok, Facebook, dan berbagai media sosial lainnya.

Semakin banyak media digital yang dibuat, maka jangkauan target penjualan juga akan semakin luas. Namun, pastikan semua media digital tersebut dikelola dengan baik, mulai dari tampilannya hingga konten-konten yang ada di dalam media tersebut.

Usahakan semua konten di dalam media digital dibuat menarik agar pengguna media digital lebih tertarik dengan produk atau jasa yang Anda jual.

Namun, konten sebaiknya tidak hanya berisi informasi produk, tetapi harus berisi informasi bermanfaat lainnya yang dihubungkan dengan produk.

8. Melakukan Strategi Promosi

Cara bisnis online yang paling penting untuk dilakukan adalah membuat dan melakukan strategi penjualan serta promosi. Cara promosi bisnis yang paling awal dapat dilakukan dengan membuat iklan berbayar agar jangkauannya lebih luas sekaligus sebagai perkenalan brand baru.

Strategi marketing atau promosi pastinya memerlukan modal di awal, tetapi nantinya biaya promosi bisa tertutupi oleh penjualan yang meningkat.

Tips bisnis online lainnya adalah coba melakukan berbagai strategi promosi yang menarik. Contohnya adalah melakukan promosi di hari-hari spesial, seperti tanggal-tanggal cantik setiap bulannya, hari raya, hari nasional, dan lain sebagainya.

Contoh promosi yang bisa dilakukan adalah menawarkan produk dengan diskon atau potongan harga, pembelian produk dalam jumlah tertentu dapat produk lainnya gratis, beli lebih dari satu lebih hemat, pengumpulan/ penukaran poin pembelian dengan produk, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mengadakan giveaway dengan cara tertentu melalui media sosial untuk membuat brand bisnis online lebih cepat dikenal masyarakat luas.

Baca juga: Strategi Promosi Terbaik Mengembangkan Bisnis

9. Memberikan Pelayanan Terbaik

Satu bisnis dengan bisnis yang lain mungkin memang bisa menjual jenis produk atau jasa yang sama. Namun, akhirnya yang akan menjadi pembeda adalah pelayanan. Oleh karena itu, Anda harus berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk semua calon konsumen dan pelanggan setia.

Cara bisnis online wajib diterapkan untuk semua bisnis online. Tujuannya untuk mendapat konsumen baru yang lebih banyak dan mempertahankan pelanggan setia agar selalu memberi produk atau jasa kepada Anda.

Pelayanan terbaik yang dimaksud dapat berupa sikap ramah, sopan, responsif, cepat tanggap, dan lain sebagainya atas semua kebutuhan informasi yang diinginkan konsumen.

Pelayanan terbaik meliputi semua alur bisnis online, seperti mulai dari proses pemesanan, pembayaran, packing, pengiriman barang, hingga meminta testimoni.

Baca juga:Solusi Ketika Customer Minta Diskon? Yuk Simak!

10. Melakukan Evaluasi dan Terus Belajar

Bisnis online yang sudah dijalani harus dievaluasi untuk mengetahui seberapa efektif dan efisien strategi bisnis yang sudah dijalani sebelumnya. Evaluasi bisnis online juga dilakukan untuk mencari kekurangan dari strategi bisnis agar dapat diperbaiki.

Evaluasi bisnis online juga salah satu cara belajar bisnis online yang nyata. Proses evaluasi bisnis online dapat dilakukan dalam periode waktu tertentu. Setelah evaluasi, Anda harus terus belajar mencari strategi penjualan dan promosi yang lebih baik.

Belajar bisnis online dilakukan sepanjang waktu Anda menjalani bisnis tersebut. Sumber belajar bisnis online dapat dilakukan melalui internet, buku, webinar, dan lain sebagainya.

Baca juga:

Contoh Bisnis Online yang Dapat Dijalani

Illustrasi Usaha/Bisnis Online

Setelah mempelajari cara bisnis online bagi pemula, Anda mungkin bertanya-tanya contoh usaha bisnis online seperti apa yang sebaiknya dijalani. Tidak usah bingung memilih ide untuk bisnis online. Berikut ini beberapa daftar bisnis online yang dapat dijalani oleh pemula, yaitu:

  • Berjualan makanan ringan
  • Membuka jasa desain grafis
  • Membuka jasa menulis artikel
  • Berjualan berbagai kosmetik dan skincare
  • Berjualan pakaian 
  • Menjual e-book atau video pembelajaran
  • Menjual berbagai jenis software
  • Berjualan makanan beku
  • Menjual berbagai minuman kemasan
  • Menjual buku
  • Menjual mainan dan perlengkapan anak

Cara bisnis online di atas sebaiknya dilakukan secara bertahap. Pada masing-masing langkah atau tahapan, Anda harus menjalankannya dengan usaha yang keras dan teliti, sehingga bisnis online dapat berhasil serta terus berkembang.

Baca juga: Untuk Apa Belajar Bisnis? Ini Alasannya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram