Cara Meningkatkan Brand Awareness

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Pernahkah kamu mengalaminya? Saat kamu ingin membeli sebuah laptop, yang terlintas dipikiranmu paling utama adalah nama sebuah brand? Misalnya saja Apple. Jika kalian pernah mengalaminya dengan mengingat brand tertentu, maka brand tersebut telah berhasil menanamkan brand awarenessnya kepada kamu. Lalu, Bagaimana cara meningkatkan brand awareness?

Berikut kami rangkum langkah apa saja yang wajib kamu lakukan dalam rangka meningkatkan brand awareness;

1. Tentukan Nama dan Desain Logo
cara meningkatkan brand awareness

Meskipun brand tidak hanya berbicara mengenai nama dan logo, namun inilah hal paling utama yang harus kamu kerjakan. Tuangkan pondasi bisnismu dalam sebuah nama dan logo.

Kamu bisa merepresentasikan visi misi bisnis dalam sebuah logo, sebab kadang-kadang visual pada logo lebih efektif dan lebih mudah dipahami oleh customer dibandingkan dengan penjelasan panjang berupa narasi.

Dan berikan sentuhan diferensiasi atau pembeda untuk menanamkan brand kamu di setiap ingatan customer.

2. Value yang Filosofis

Banyak customer biasanya ingin mencari tahu tentang alasan apa sebuah brand didirikan? Visi misinya apa? Ingin membuat terobosan apa dalam dunia bisnis bahkan dunia yang lebih luas lagi?

Jika kamu memberikan value yang filosofis terhadap brand kamu, hal ini akan menjadi peninggalan terbaik atas brand. Banyak orang membuat brand hanya ingin sekedar banyak dikenal publik atau hanya ingin mencari keuntungan saja. Mereka tidak memberikan value pada brandnya.

Kamu bisa mempelajari definisi nilai dari brand perusahaan-perusahaan besar yang sudah mendunia, seperti Apple, Microsoft, Amazon atau brand dalam negeri seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan lainnya.

3. Gunakan Website dan Media Sosial

Di zaman teknologi seperti ini, menjauhkan brand dari website dan media sosial adalah sebuah kerugian besar. Mau usaha yang dijalankan berskala besar maupun kecil, website dan media sosial adalah sebuah keharusan.

Jika ingin maksimal, bentuklah sebuah tim khusus yang mengkampanyekan brand di website dan media sosial. Kamu bisa merekrut desainer dan copywriting untuk hal ini.

4. Partnership

Salah satu partnership yang bisa diandalkan saat ini adalah seorang influencer. Cari influencer yang satu frekuensi dengan brandmu dan tentunya yang mempunyai followers yang banyak.

Selain bisa mempromosikan nilai brandmu, influencer juga bisa menarik banyak customer. Namun, sediakan biaya untuk hal ini dan yang paling utama carilah influencer yang benar-benar sesuai dengan frekuensi brandmu.

5. Konsisten
cara meningkatkan brand awareness

Cara meningkatkan brand awareness yang terakhir adalah konsisten. Bersikap konsisten dalam membangun sebuah brand tidaklah mudah. Banyak yang terjatuh dan tidak ingin bangkit lagi, banyak yang jenuh dan tidak melakukannya lagi, banyak yang telah mengeluarkan biaya namun karena tidak efektif maka semua tidak berjalan lancar.

Tentunya banyak masalah ke depannya namun inilah seninya. Kamu harus membuat grand desain dalam meningkatkan brand, memecahkan semua masalah, membangun sebuah tim hebat dan selalu inovatif.

Jika perlu, tulislah semua perjalanan kamu dalam membangun brandmu agar kelak bisa dibukukan.

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram