Social Media Marketing; Besarkah Manfaatnya?

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Social Media Marketing adalah salah satu bagian dari strategi digital marketing, seperti yang dipahami bahwa digital marketing adalah segala upaya untuk melakukan pemasaran suatu produk dan jasa melalui media internet.

Tujuannya sudah jelas, yaitu meningkatkan penjualan, melakukan promosi pada produk dan jasa, branding, dan menjalin ikatan yang kuat dengan semua pelanggan.

Pertanyaan yang akan muncul adalah, apa manfaat yang didapatkan dalam melakukan social media marketing?

Kita ketahui sendiri sosial media sekarang telah memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Berbagai informasi bisa kita dapatkan dan juga bisa sekaligus membagikannya, termasuk berbagi informasi kepada pengunjung atau followers.

Melihat pentingnya peran sosial media dalam bisnis, tim OrderOnline telah merangkum 5 manfaat penting sosial media bagi bisnis anda, agar kiranya bisa memberikan gambaran kepada anda yang belum memiliki media sosial untuk bisnis anda.

5 Manfaat Social Media Marketing;

1. Mengetahui Dengan Mudah Ciri Konsumen

Sekarang, dengan fitur sosial media, anda bisa mengetahui dengan detail mengenai ciri konsumen anda, seperti bahasa yang mereka gunakan, rentang usia, jenis kelamin dan lainnya.

Informasi ini dapat membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat. Dengan target konsumen yang tepat diharapkan memberikan keuntungan lebih dari bisnis yang dijalankan.

2. Mengetahui Perspektif Konsumen

Social Media Marketing

Saat anda meluncurkan produk baru dan di bagikan melalui sosial media, maka secara instan anda bisa langsung mengetahui pendapat konsumen, entah itu positif atau negatif, kesemuanya bisa memberikan masukan bagi bisnis anda.

Akan lebih memudahkan untuk merevisi, mengevaluasi kekurangan produk dan menambahkan atau memperbanyak produk yang bernilai positif. Keren, bukan?

3. Mempelajari Kompetitor Pendahulu

Anda bisa menggunakan sosial media untuk melihat kelebihan & kekurangan kompetitor. Caranya, cari kompetitor pendahulu di bisnis yang sama dengan anda, lalu perhatikan teknik apa saja yang mereka gunakan.

Pelajari dan riset apa yang mereka posting.

Dengan begitu, Anda bisa memulai untuk mengembangkan konten yang sesuai dengan target, agar bisa mendapatkan konsumen.

4. Share Informasi Dengan Kecepatan Kilat

Klik tombol ‘share’, informasi apapun yang anda bagikan akan menjalar ke semua followers yang sudah anda targetkan. Secepat kilat, bukan?

Apapun yang Anda posting di sosial media maka akan langsung muncul di timeline follower, sehingga bisa langsung menghasilkan traffic ke penjualan. Hal ini tentunya akan lebih berdampak, jika akun sosial media bisnis anda memiliki follower yang cukup banyak.

5. Membangun Brand Value (social media marketing)

Jika anda konsisten menampilkan produk anda sesuai dengan nilai yang telah anda tanamkan di sosial media, maka brand value anda akan tercipta sendiri. Tidak perlu biaya mahal, hanya konsisten dengan postingan produk yang menampilkan nilai dari brand anda.

Perlu disadari bahwa Anda membutuhkan konten yang menarik, berkualitas, dan mempunyai pembeda dari brand lainnya. Jadi, jika Anda memposting gambar ataupun video, harus dengan kualitas terbaik untuk bisa menarik perhatian banyak calon konsumen.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

Featured Image by Background vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram