Kriteria Content Creator yang Wajib Diperhatikan!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Di era digital ini, salah satu pekerjaan terbaik bagi banyak orang adalah content creator. Namun, masih banyak orang yang tidak memperhatikan beberapa kriteria content creator sebelum terjun di dunia tersebut. Sehingga hasil maksimal pun tidak didapatkan.

Kenapa harus mengetahui kriteria content creator sebelum benar-benar terjun dan konsisten menjadi kreator? Karena jika tanpa mengetahui beberapa kriteria dasar tersebut, tidak dipungkiri tujuan yang akan diraih terasa lebih susah.

Langsung saja, berikut kami uraikan beberapa kriteria content creator yang wajib kamu ketahui sebelum terjun dan konsisten di dunia kreator >>>

1. Memiliki Ide-Ide yang Kreatif dan Variatif

Bayangkan saja jika Anda terjun menjadi content creator yang hanya stagnan pada satu konsep, tidak ada improvisasi ide sama sekali. Jadinya akan kaku dan tidak ada perkembangan yang signifikan.

Jika Anda ide yang kreatif dan variatif maka konten yang dihasilkan akan lebih segar dan sesuai target market. Konten penuh dengan warna yang diinginkan pasar. Dan akan lebih mudah untuk diterima.

Untuk mendapatkan ide kreatif dan variatif mulailah membaca buku sesuai dengan apa yang ingin didalami dan perbanyaklah menonton video dan film yang menginspirasi.

2. Mempunyai Kemampuan Riset yang Baik 

kriteria content

Riset sebenarnya adalah hal yang wajib dalam dunia marketing. Sebelum menghasilkan konten, ada baiknya riset terlebih dahulu mengenai apa yang ingin disampaikan dan bagaimana cara menyampaikannya pada audience.

Seorang kreator wajib memiliki kemampuan riset yang baik. Tanpa riset, konten seperti tanpa pondasi dalam sebuah bangunan. Banyak kok tools riset yang bisa digunakan. Dan tentunya akan lebih membantu.

3. Menguasai Tools Pendukung

Mindset dan kemampuan yang mumpuni perlu didukung oleh tools pendukung agar hasil karya lebih maksimal. Misalnya saja dalam pembuatan video marketing, maka tentu dibutuhkan penguasaan tools editing video untuk menghasilkan video yang baik untuk ditonton oleh audience. 

Seorang kreator setidaknya juga harus mampu menguasai beberapa tools analytics seperti Google Analytics untuk memantau, mengevaluasi, dan memaksimalkan kinerja konten yang telah diproduksi. 

4. Kemampuan Komunikasi yang Baik 

kriteria content

Kemampuan komunikasi juga harus diperhatikan agar tidak ada penyampaian konten yang miskomunikasi untuk, juga dalam dunia kerjasama dengan pihak lain agar apa yang disampaikan tepat dan tidak bertele-tele.

Konten tanpa komunikasi yang baik hanya akan membuat audience jenuh dan bingung karena pesan yang tidak tersampaikan atau pesan yang diterima tidak jelas maksud dan tujuannya.

5. Memahami SEO 

Kriteria content creator yang terakhir adalah memahami teknik SEO dengan baik. Memahami SEO supaya strategi marketing berjalan dengan maksimal. Dan juga dapat membantu konten lebih mudah dijangkau oleh banyak audience.

Anda bisa memplejari tekhnik SEO dengan membaca beberapa artikel terkait SEO, menonton video di Youtube ataupun dengan mengikuti kelas yang membahas secara detail mengenai teknhik SEO.

Featured image by Woman photo created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram