Platform dan Sistem Operasi? Simak Penjelasannya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Sering mendengar kata platform? Sistem operasi? Tapi belum tau mengenai pengertiannya masing-masing?

Platform adalah arsitektur hardware atau fondasi atau standar sebuah sistem dimana aplikasi atau program dapat berjalan; atau bisa juga dikatakan dasar dari teknologi dimana teknologi yang lain atau proses-proses dibuat.

Sebuah Platform terdiri dari sistem operasi yaitu program sistem koordinasi komputer  yang memberikan perintah-perintah kepada prosesor dan hardware untuk melakukan operasi-operasi logis dan mengatur pergerakan data di komputer.

Dalam kaitannya dengan ilmu komputer, arti platform sendiri artinya kombinasi antara perangkat lunak dan perangkat keras untuk menjalankan sebuah program.

Beberapa hal yang membentuk platform adalah arsitektur, bahasa yang digunakan untuk pemrograman, sistem operasi, dan user interface yang berkaitan dengan berjalannya sebuah program.

Fungsi platform sendiri yaitu sebagai cara untuk mempermudah pengguna komputer untuk menjalankan aplikasi dengan lancar. Disamping itu fungsi lainnya memiliki cakupan yang lebih luas seperti keamanan komputer hingga membantu perencanaan dalam mengoperasikan beragam software maupun aplikasi didalamnya.

Mungkin banyak orang beranggapan bahwa Platform dan Sistem Operasi adalah sama, namun pada kenyataanya tidak. Platform merupakan dasar atau tempat dimana sistem operasi bekerja, tanpa hal tersebut, sistem operasi tidak akan bisa berjalan.

Contoh-contoh platform :PC, MAC, PDA/Smartphone, Xbox, PS3, Nintendo Wii, dan banyak lainnya.

platform

Sedangkan Sistem Operasi adalah sistem yang mengkoordinir komputer dengan memberikan perintah-perintah kepada prosesor dan hardware untuk melakukan operasi-operasi logis yang diperintahkan, Sistem Operasi juga bertanggung jawab dalam mengatur pergerakan data di komputer.

Sistem Operasi adalah program yang pertama kali dieksekusi atau dijalankan oleh komputer untuk menjalankan program-program atau aplikasi yang ada didalamnya.

Sistem Operasi umumnya berfungsi sebagai pengelola sumber daya dan extended machine. Selain itu sistem operasi juga berfungsi sebagai jembatan antara software dengan hardware komputer. Dimana perintah-perintah yang dimasukkan melalui software dijalankan atau diproses oleh hardware.

Contoh-contoh Sistem Operasi :Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Mac OS X Leopard, Mac OS X Lion, Android Froyo, WindowsPhone 7, WindowsPhone 8, dan banyak lainnya.

platform

Jadi bagaimana teman-teman? Sudah punya gambaran besar terkait penjelasan di atas? Semoga artikel yang kami sediakan bermanfaat.

Featured Image by Technology photo created by pressfoto – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram