Email Marketing, Alasan Bisnis Tetap Efektif

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Seperti yang kita ketahui bahwa Email marketing adalah pengiriman pesan komersial melalui email. Contohnya seperti newsletter dan promosi. Salah satu alasan Email menjadi salah satu channel digital marketing yang masih efektif sampai sekarang dikarenakan biaya yang dikeluarkan murah dan mengarah ke konsumen yang tertarget.

Salah satu fakta menyebutkan bahwa penggunaan metode channel marketing ini terus meningkat setiap tahunnya. Hal itu terjadi tentu bukan tanpa alasan kan?

Maka langsung saja kami jelaskan tujuh alasan mengapa email marketing masih sangat efektif untuk peningkatan bisnis Anda:

1. Dana yang Dikeluarkan Kecil Sedangkan Revenue Besar

email marketing

Menurut Direct Marketing Association (DMA) dalam salah satu artikel email monday mengatakan bahwa dari dana bisnis yang diinvestasikan khusus untuk email marketing, pebisnis bisa memperoleh revenue 3800 persen lebih besar dari dana investasi yang telah dikeluarkan. Perbandingan investasi yang dikeluarkan untuk email marketing dengan revenue yang besar menjadi salah satu alasan penting kenapa email marketing masih sangat efektif sampai hari ini.

2. Konsumen Menyukai Email Marketing

Lagi-lagi hasil penelitian dari Direct Marketing Association (DMA) dalam salah satu artikel email monday mengatakan bahwa sebanyak 72 (tujuh puluh dua) persen konsumen menyatakan lebih senang menerima materi promosi melalui email marketing dibanding jika melalui media sosial. Hal ini mungkin disebabkan karena email dapat menampung detail promosi lebih lengkap dengan gambaran yang lebih komprehensif dan jelas dibandingkan media sosial sehingga konsumen dapat memahami penawaran lebih mudah.

3. Lebih Efektif Dibanding Facebook dan Twitter

Sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh McKinsey and Company menunjukkan bahwa email marketing dalam pelaksanaannya 40 (empat puluh) kali lebih efektif dalam memperoleh konsumen dibandingkan Facebook maupun Twitter. Efektivitas ini mungkin juga disebabkan karena email dapat menjangkau konsumen di area personal atau pribadi mereka, yaitu kotak masuk email.

4. Perbandingan Algoritma

Kita ketahui bahwa Google selalu melakukan perubahan terhadap algoritmanya dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Hal ini dapat menyebabkan sebuah bisnis harus selalu mengikuti perubahan tersebut agar tetap dapat menjangkau konsumen melalui organic search.

Begitu juga yang terjadi pada algoritma berbasis interest seperti media sosial contohnya Facebook dan Instagram. Alogaritma ini menyebabkan terkadang unggahan terlambat dilihat oleh konsumen sehingga menyebabkan konsumen melewatkan penawaran dari sebuah bisnis.

Berbeda dengan Google dan media sosial, email dapat mengirimkan seluruh atau kumpulan materi promosi pada waktu yang mudah ditentukan. Jadi bisa diartikan bahwa konsumen tidak akan ketinggalan penawaran berharga apapun dari bisnis Anda.

5. Lebih Personal

email marketing

Berdasarkan sebuah penelitian dari Retention Science, email yang menggunakan sapaan nama dapat memiliki tingkat open rate lebih tinggi 18 persen dibanding yang tidak menggunakannya. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk berkomunikasi lebih dalam atau lebih personal dengan konsumen.

6. Mudah untuk Menjangkau Konsumen Melalui Perangkat Mobile

Berdasarkan sebuah riset dari PEW yang menyebutkan bahwa sebanyak 52 persen orang mengakses ataupun cek email melalui perangkat mobilenya. Lalu sebanyak 42 persen email marketing dibuka melalui smartphone mereka.

7. Mendorong Konsumen Belanja

email marketing

Menurut sebuah penelitian 59 persen konsumen bersedia untuk berlangganan channel marketing ini jika ada penawaran menarik yang diberikan. Penawaran apa yang dimaksud? Banyak, bisa berupa kupon, diskon spesial, dan lainnya.

Dan dari hal tersebut sebanyak 65 persen konsumen mendapatkan kupon diskon dari email marketing. Nah, hal ini jelas menunjukkan bahwa channel marketing ini menjadi salah satu upaya untuk mendorong konsumen berbelanja. Baik itu belanja online maupun offline.

Jadi kesimpulannya, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menginvestasikan dana bisnis Anda pada email marketing. Karena data dan fakta telah banyak mendukung kalau channel marketing ini masih efektif digunakan dalam sebuah bisnis hingga saat ini.

Featured Image by Logo photo created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram