Customer Datang Dengan Headline ini! Part III

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Pada dua pemabahasan sebelumnya kita telah menjelaskan bagaimana sebuah headline bisa menarik minat belanja para customer. Dengan memaksimalkan beberapa tips dan mengerti cara penggunaannya, maka tidak butuh waktu lama untuk mendatangkan customer dengan peningkatan yang lebih pesat dari sebelumnya.

Kali ini kita akan membahas empat jenis headline ampuh yang bisa menarik minat belanja para customer. Apa saja? Berikut kami uraikan penjelasannya satu per satu >>>

1. Gimmick Headline

Menurut KBBI, gimmick adalah sesuatu berupa alat atau trik yang berguna untuk perhatian dengan mengelabui lawan. Selain berupa trik atau tipuan, gimmick headline biasanya juga menggunakan rima kata.

Namun, bagi yang sudah punya brand dengan nama dan reputasi yang baik maka sebaiknya berhati-hatilah jika menggunakan gimmick headline, karena jenis headline ini dapat memengaruhi reputasi dari sebuah brand.

Contoh gimmick headline;

“hanya dalam 7 hari, Anda sudah bisa membeli apapun yang Anda mau dengan menggunakan aplikasi bisnis ini!”

“ikuti kelas ini agar Anda bisa merdeka secara financial dalam waktu 7 hari!”

2. Inspirational Headline

Jenis headline yang kedua ini biasanya menggunakan kutipan sebagai judul. Quote yang menginspirasi bisa diambil dari tokoh ternama, tokoh yang punya track record, ataupun peribahasa yang familiar di kalangan masyarakat. Yang perlu diperhatikan adalah ketika memilih kutipan, pastikan quote tersebut masih relevan dengan konten Anda.

Contoh inspirational headline;

“harga kaki lima rasanya dijamin bintang 5!”

“tak kenal maka tak sayang, ini dia 5 keuntungan aplikasi bisnis berikut”

customer

Selain beberapa contoh di atas, biasanya “success story” atau cerita sukses dari customer juga bisa digunakan. Untuk menarik customer baru, diperlukan iming-iming kesuksesan yang serupa dari customer yang pernah merasakannya.

3. Command Headline

Jenis headline yang ketiga ini mengarahkan audience atau pembaca agar mengambil tindakan. Biasanya jenis headline ini disusun dengan mengggunakan kalimat perintah yang mendefinisikan dengan jelas apa yang harus dilakukan oleh pembaca.

Contoh command headline’

“makin hemat dan praktis dengan aplikasi Mc Donald’s! Download sekarang!”

4. Claim Headline

Jenis headline yang keempat ini memiliki ciri memberikan klaim terhadap brand atau produk yang ditawarkan. Yang perlu diperhatikan dalam membuat copy jenis headline ini adalah meskipun copy dalam judul harus dibuat semenarik mungkin, namun tetap utamakan atau pastikan kalimat yang digunakan tetap realistis atau tidak melebih-lebihkan. Tetap selalu utamakan kelebihan produk atau brand Anda.

customer

Contohnya claim headline;

“yuk belanja di marketplace nomor 1 di dunia”

“pakai OrderOnline.id yang sudah terbukti membantu 10.000 umkm di indonesia”

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram