Precision Marketing? Simak Penjelasan Selengkapnya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Precision marketing atau Pemasaran presisi adalah teknik pemasaran yang menunjukkan bahwa pemasaran yang sukses adalah; mempertahankan, menjual-silang , dan meningkatkan penjualan pelanggan yang sudah ada. Sederhananya adalah pemasaran yang berbasis data.

Awal Mula Istilah Precision Marketing

Zabin dan Brebach menggambarkan perkembangan segmentasi pasar. Mereka menggambarkan awal istilah pada tahun 1950-an. Dan menunjukkan bahwa seiring berjalannya waktu. Semakin banyak informasi yang dianggap relevan untuk tujuan pemasaran. 

Segmentasi pasar berkembang dari demografi sederhana pada 1950-an menjadi geodemografi. Dan segmentasi perilaku pada 1960-an (kecenderungan membeli) menjadi data psikografis pada 1970-an (kepribadian dan gaya hidup). Hingga loyalitas dan profitabilitas pelanggan pada 1990-an dan ke data ekonomi di masa kini (wikipedia).

Precision marketing akan mengarahkan pelanggan tetap agar selalu merasa loyalitas dan memacu perilaku pembelian. Melalui Precision marketing, pendapatan suatu bisnis bisa meningkat, juga akan mengurangi biaya, dan tentunya memaksimalkan pengeluaran.

Segmentasi Precision Marketing

precision marketing

Segmentasi pasar biasanya akan tergantung pada kumpulan data tentang perilaku pelanggan. Misalnya, sebuah toko pakaian menawarkan kartu diskon yang akan menawarkan sebuah penghematan kepada konsumen, tetapi di sisi lain, juga akan melacak semua yang konsumen beli dan memberi pemantauan data terhadap demografis mereka.

Anggap saja bisnis Anda harus meminta detail pelanggan, seperti lokasi, usia, jenis kelamin, dan preferensi pribadi konsumen ketika mereka mendaftar untuk suatu akun. Nah, semua data ini kemudian akan disimpan dalam database luas yang akan dianalisis oleh tim pemasaran Anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, lebih tepat, dan lebih efisien tentang siapa saja sih pelanggan Anda dan apa yang mereka inginkan.

Dengan penggunaan data ini lah, kemudian bisnis Anda membuat sebuah program loyalitas untuk menarik konsumen yang sudah ada, mulai dari penawaran produk gratis hingga perlakuan khusus atau eksklusif di setiap akses produk Anda.

Precision Marketing Komprehensif

precision marketing

Dalam perkembangannya, beberapa perusahaan terkenal dengan lini produk yang luas, paling tertarik menggunakan Precision Marketing Komprehensif. Mereka berlomba-lomba menginvestasikan sumber daya yang signifikan dalam mengumpulkan mega data konsumen untuk menganalisis data yang kemudian digunakan untuk memberikan penawaran khusus dan bermacam-macam kepada setiap tipikal konsumen yang berbeda.

Seperti namanya, Precision Marketing sangat memperhatikan akurasi dan fokus. Jadi, satu-satunya cara untuk melaksanakan strategi ini dan menghasilkan hasil adalah dengan menjalankan rencana cermat yang komprehensif dengan menganalisis mega data.

Semoga artikel yang kami sediakan bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Selamat mencoba, selamat berjuang. Terima kasih 🙂

Featured Image by Business photo created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram