UMKM, Kupas Tuntas dan Contoh di Indonesia Yang Bisa Ditiru

Cara mudah untuk menghasilkan penjualan di platform digital

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

UMKM bisa disebut dengan usaha mikro, kecil, menengah. Sebelum kita mengupas tuntas contoh UMKM yang ada di Indonesia, alangkah baiknya kita mengenal dulu apa pengertian dari UMKM itu sendiri.

Apa itu UMKM ?

UMKM dan contoh yang bisa ditiru

Usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) adalah sebuah bisnis yang dijalani dengan jumlah modal yang kecil bagi siapapun yang ingin memulai nusaha.

Hal ini juga didukung oleh pemerintah melalui berbagai kegiatan, pelatihan, dan lainnya, UMKM bisa dijalani dari rumah sendiri dulu.

Usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) merupakan sebuah aktivitas usaha yang dilakukan perorangan atau badan usaha milik perorangan. Perbedaan UMKM dengan usaha besar dapat dilihat dari jumlah kekayaan bersih pelaku usaha dan hasil penjualan tahunan

Setelah kita mengetahui pengertian dari pada UMKM itu sendiri, mari kita mengupas tuntas contoh UMKM di Indonesia yang bisa ditiru.

Apa Saja Contoh UMKM Bisa Ditiru Di Indonesia?

Setelah mengetahui apa itu UMKM, lalu apa saja contoh bisnis UMKM yang ada di Indonesia? Berikut terdapat beberapa contoh yang bisa ditiru:

A. Bisnis Kuliner

Contoh UMKM kuliner ini mudah sekali ditemui. Hal ini dikarenakan kuliner adalah bisnis yang tak pernah mati karena makanan adalah hal yang dibutuhkan oleh semua orang. Terdapat berbagai macam usaha kuliner yang bisa dikembangkan. 

Anda juga bisa memulai berbisnis di bidang ini dengan modal yang kecil. Untuk kesuksesan, kuncinya terletak pada kualitas rasa makanan, dan strategi dalam pemasarannya.

Baca Juga: Usaha Kecil yang Menguntungkan dan Cocok untuk Pemula     

B. Bisnis Fashion

Bisnis fashion juga berpotensi menghasilkan keuntungan yang sangat besar, terutama saat momen tertentu seperti hari raya. Trend mode yang terus berganti seiring perubahan zaman membuat bisnis ini tidak diam ditempat. 

Anda bisa mengembangkan UMKM di bagian produksi maupun jual beli produk fashion, baik di toko konvensional maupun di online.  Contoh UMKM di bidang fashion ini pun terbilang cukup menjanjikan. 

C. Bisnis Pendidikan

Tempat-tempat kursus dan pelatihan tatap muka juga cukup disenangi, baik oleh pelajar sekolah maupun orang yang ingin menambah keahlian khusus. 

Awal langkah untuk anda yang ingin berbisnis ini adalah anda harus mengenali kemampuan diri anda sendiri. Kemudian, tawarkan keunggulan yang tidak bisa diperoleh oleh pengguna jika hanya belajar secara online.

D. Bisnis Otomotif

Ada banyak peluang bisnis UMKM di bidang otomotif, diantaranya jual beli suku cadang kendaraan, rental mobil atau motor, bengkel otomotif, dan jasa cuci kendaraan. 

Contoh UMKM menengah ini sangat berpotensi karena jumlah kendaraan terus bertambah. Rata-rata pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor per tahunnya adalah 5,3%.

E. Bisnis Agribisnis

Sebagai kebutuhan pokok. Peluang usaha Agribisnis, yaitu di bidang pertanian dan peternakan, sangat terbuka lebar. Tapi, pelaku UMKM masih didominasi oleh orang tua. 

Beberapa contohnya adalah ternak ayam potong maupun ayam petelur, budidaya tanaman rempah, jual sayur organik, dan jual bibit tanaman.

F. Bisnis Tour dan Travel

Bisnis tour dan travel juga sangat potensial, terutama di daerah pariwisata. Anda bisa menawarkan paket tour dengan fasilitas yang memudahkan wisatawan. Bisnis ini juga mencakup layanan akomodasi, seperti guest house, cottage, villa, losmen, dan lainnya.

Ada juga bisnis oleh-oleh yang menggiurkan baik berupa makanan maupun produk khas.

G. Bisnis Produk Kreatif

Macam-macam produk kreatif atau kerajinan tangan juga memiliki nilai jual yang tinggi. Adapun keunggulan dari bisnis ini terletak pada keunikan dan sisi artistiknya. 

Terdapat banyak sekali contoh UMKM kreatif. Sebab banyak peluang usaha kecil dan menengah di bidang ini, mulai produk fesyen hingga ornamen untuk rumah.

H. Bisnis teknologi internet

Berbisnis UMKM berbasis teknologi internet jauh lebih  berkembang. Bisnis ini dibutuhkan oleh masyarakat dimasa sekarang yang akrab dengan dunia maya.

Selain potensial, bisnis teknologi internet juga mempunyai lingkup yang sangat luas sehingga memungkinkan bermacam-macam inovasi dan eksplorasi.

I. Bisnis Kecantikan

Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Anda bisa memulai bisnis kecantikan seperti salon, peluangnya pun juga cukup besar. Kesuksesan dari bisnis ini hal yang harus ditawarkan adalah kualitas layanan dan variasi jasa.

J. Bisnis Event Organizer

Jika modal Anda  tidak seberapa, anda bisa menggeluti bisnis Event Organizer dalam skala kecil hingga menengah. Ada banyak contoh yang bisa dicoba, seperti menyelenggarakan acara ulang tahun, anniversary, pernikahan, dll.

K. Bisnis Jasa Kebersihan

Contohnya adalah laundry, merupakan kebutuhan masyarakat modern. Bisnis ini juga bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu banyak. Contoh lain dari bisnis ini adalah Anda juga bisa membersihkan helm, sepatu dan juga rumah.

L. Bisnis Kebutuhan Anak

Melihat kebutuhan anak bermacam-macam. Seperti halnya pakaian, makanan, bacaan, dan juga mainan maka bisnis ini bisa dibilang bisnis yang menjanjikan karena orang tua biasanya tidak sungkan mengeluarkan uang untuk kebutuhan anak-anak.

M. Bisnis Toko Kelontong

Toko kelontong sebuah toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari. Meskipun pasarnya cukup besar, saingannya juga cukup berat. Tapi toko kelontong tetap saja toko yang masih dibutuhkan banyak orang. 

Apalagi jika harganya kompetitif dengan minimarket. Selain membuka toko kelontong secara fisik kamu juga  bisa membuka toko kelontong dengan cara online

Dari berbagai contoh UMKM di atas yang sudah kami jabarkan, Anda bisa memilih salah satu dari 13 contoh tersebut sesuai yang anda minati atau sesuai dengan bakat yang Anda miliki. semoga bermanfaat dan Selamat mencoba !

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram