Bisnis Mahasiswa yang Tidak Ribet

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Dalam dunia mahasiswa, memiliki uang yang lebih menjadi solusi untuk kehidupan yang lebih bisa menopang dunia perkuliahan. Entah itu untuk membiayai keperluan kuliah seperti buku, kegiatan kampus, dan sebagainya. Juga membayar kost atau kontrakan dan biaya bergaul dengan teman-teman. Bisnis mahasiswa lah solusinya.

Di usia yang sudah terbilang dewasa, berharap uang dari keluarga hanya akan menambah beban. Meski hal tersebut tidak berlaku bagi orang-orang yang sangat mapan, namun peningkatan kualitas diri haruslah tetap dijalankan. Dan salah satunya adalah merdeka financial di usia muda. Suatu kebanggaan tersendiri jika lulus dari bangku kuliah dengan hasil biaya sendiri.

Saat ini, ada beberapa bisnis mahasiswa yang tidak ribet dan masih relevan untuk dijalankan. Hanya butuh modal kecil atau bahkan tidak butuh modal sama sekali. Utamanya harus dipraktekkan, bukan hanya untuk diketahui lantas tidak mempraktekkannya sama sekali.

Berikut kami sediakan beberapa referensi bisnis mahasiswa yang mungkin cocok untukmu;

Jasa Pengerjaan Tugas

bisnis mahasiswa

Kamu hanya perlu laptop, relasi yang baik, dan pengiklanan diri yang maksimal. Ketiga amunisi di atas sudah cukup untuk menjalankan bisnis mahasiswa yang satu ini. Kenapa jasa pengerjaan tugas masih relevan? Karena dibalik banyaknya mahasiswa yang rajin mengerjakan tugas, juga terdapat banyak mahasiswa yang tidak punya waktu atau bahkan malas mengerjakan tugas kuliahnya.

Kamu bisa memulainya dari teman dekat, dan meminta bantuan kepada mereka agar mengiklankanmu pada teman-teman yang lain. Jika sudah punya klien, berika service yang baik. Seperti harga yang terjangkau, tapi hasil maksimal dengan waktu yang tidak lama.

Namun untuk menjalankan bisnis ini, kamu harus konsisten dan yang utama adalah buang jauh-jauh rasa gengsi mu. Gengsi adalah salah satu penyakit yang tidak bisa menumbuhkembangkan kualitas diri.

Jasa Pengantar

Bisnis kedua ini juga harus membuang jauh rasa gengsi. Jika masih gengsi, maka lebih baik tidak usah memulainya. Jasa pengantar adalah jasa yang kamu tawarkan kepada teman-temanmu dalam mengantar segala sesuatu ke tempat tujuan. Entah itu barang, ataupun orang-orang.

Meskipun sudah banyak banyak layanan pengantar barang atau orang-orang seperti Gojek, namun dalam kondisi tertentu, orang-orang akan tiba-tiba membutuhkan jasa pengantar yang lebih dekat dan tidak ribet.

Misalnya saja temanmu butuh barang berharganya diantar di suatu tempat, atau temanmu butuh diantar cepat ke suatu tempat. Jika kamu sudah menjalankannya, maka kamu akan menjadi orang pertama yang diingatnya.

Dalam bisnis mahasiswa ini, kamu butuh kendaraan pribadi, handphone, jaket, kaos tangan, dan selalu sediakan parfum jika pelangganmu adalah orang.

Jasa Jual Barang Bekas

Langkah pertama adalah buat akun Instagram, kemudian iklankan di teman-teman terdekat bahwa kamu punya jasa penjualan barang bekas. Tawarkan kepada mereka bahwa kamu bisa menjualkan semua barang bekasnya dengan pembagian hasil yang ditentukan.

Jika kamu punya barang bekas, maka lebih bagus, karena bisa dimulai dari menjual barang bekasmu sendiri. Entah itu pakaian, buku, mainan, aksesoris dan sebagainya. Tawarkan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik.

Semakin banyak orang yang mengenalmu maka semakin banyak pula orang-orang yang akan menitipkan barang bekasnya untuk dijual di akun penjualanmu.

Reseller atau Dropship

bisnis mahasiswa

Kamu bisa menjual apapun, mau pakaian, makanan, alat elektronik dan banyak produk lainnya. Langkah pertama adalah mencari produk yang tepat, lalu buat akun marketplace, bisa juga akun Instagram, atau kalau mau totalitas, buat sekalian website sendiri.

Kamu tidak membutuhkan biaya dalam pengadaan produk, karena posisimu dalam hal ini hanya menjual produk-produk orang lain. Namun di bisnis ini, kamu harus menyisihkan sedikit dana untuk biaya iklan.

Daripada menghabiskan banyak waktu tanpa menghasilkan uang tambahan, mending mulai sekarang agar bisa merdeka financial sejak dini. Hal ini bukan hanya membantu kamu di masa depan, juga membantu orang-orang di sekitarmu. Dengan meningkatnya kualitas diri, maka kamu juga akan menjalani hidup yang berkualitas dan bertemu dengan orang-orang yang berkualitas. Jadi, bagi yang mahasiswa dan masih punya banyak waktu luang, jangan tunda lagi, lakukan sekarang juga.

Featured Image School photo created by diana.grytsku – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram